Kesehatan Seksual

Bercinta Sambil Berdiri Bisa Jadi Variasi, agar Aman Dilakukan Bagaimana Caranya?

December 4, 2020 | Richaldo Hariandja | dr. Debby Deriyanthi
no-image

Mencoba berbagai variasi posisi dalam berhubungan seksual dibutuhkan supaya kamu dan pasangan tidak bosan. Salah satu yang patut kamu jajal adalah posisi bercinta sambil berdiri.

Variasi posisi bercinta ini bisa dilakukan di mana saja di setiap sudut rumah, mulai dari bersandar di tembok, di bawah shower hingga di meja dapur. 

Manfaat berhubungan seksual sambil berdiri

Salah satu manfaat hubungan seksual sambil berdiri adalah posisi ini relatif aman dilakukan di masa kehamilan. Posisi bercinta ini, terutama kalau dilakukan dari belakang, tidak akan menekan perut dan punggung kamu laiknya posisi seks konvensional.

Kamu bisa melakukan posisi ini kapan saja saat tengah mengandung selama kamu nyaman melakukannya.

Posisi ini bisa dilakukan sambil bersandar. Bertopanglah ke tembok, tempat tidur, meja atau apapun yang ada di sekitar kamu.

Laman kesehatan VeryWellFamily menyebut banyak perempuan hamil gemar melakukan seks sambil berdiri karena posisi ini memungkinkan penetrasi dangkal dan tempo yang lambat.

Baca Juga: Yuk, Kenali Apa itu “Sexual Performance Anxiety” dan Cara Mengatasinya

Benarkah seks sambil berdiri mencegah kehamilan?

Laman kesehatan connecticutchildrens.org menyebut kalau hubungan seksual sambil berdiri tidak akan mencegah kehamilan. Selama ada penetrasi penis ke vagina, maka peluang kehamilan selalu terjadi.

Faktanya, sperma pun bisa berenang melawan gravitasi, bahkan gerakan mereka sangat cepat. Karena itu, ketika mereka sudah masuk ke vagina, maka mereka sperma akan mulai berenang mencari sel telur untuk dibuahi.

Bagaimana cara dan posisi seks sambil berdiri yang aman?

Jika melakukan hubungan seksual sambil berdiri merupakan hal baru, maka kamu perlu menyesuaikan diri. Bahkan, kamu harus rajin bereksplorasi untuk menemukan posisi dan sudut yang tepat yang bisa membuat kamu dan pasangan nyaman.

Psikolog berlisensi dari Florida, Dr. Rachel Needle dalam laman romper menyebut posisi ini memang bisa sangat menyenangkan, tapi seringkali sulit dipertahankan apalagi kalau durasinya tidak panjang.

“Hanya karena penis bisa masuk ke vagina, belum tentu kamu sukses melakukannya. Hal itu cuma satu pencapaian kecil saja,” terang Dr. Rachel dalam laman tersebut.

Oleh karena itu, berikut ini adalah beberapa kiat dan posisi yang bisa membuat kamu dan pasangan nyaman bercinta sambil berdiri:

Bersandar ke dinding

Dinding bisa jadi satu penahan tubuh terbaik ketika kamu ingin mencoba bercinta sambil berdiri. Sambil bersandar ke dinding, penetrasi yang dilakukan bisa lebih stabil.

Sex coach Cara Kovacs dalam laman cosmopolitan menyebut, untuk bercinta sambil berdiri, kamu bisa meminta pasangan untuk bersandar ke dinding dalam posisi saling berhadapan. 

“Setelah itu, kalungkan kaki ke pinggang pasangan kamu (atau bisa sebaliknya), posisi ini akan memberikan kamu kemudahan untuk berciuman dan membelai. Kaki yang terangkat juga bisa jadi satu penggerak untuk penetrasi dan membuat kamu nyaman,” kata dia.

Andalkan barang sekitar sebagai dudukan

Tidak hanya berdiri dan bersandar ke tembok, kamu pun bisa mengandalkan barang sekitar untuk melakukan hubungan seksual sambil berdiri. Misalnya dengan menggunakan meja dapur, lemari ataupun bagian atas kloset duduk.

Posisi idealnya adalah pihak perempuan harus duduk di ujung benda-benda tersebut sambil membuka paha mereka ke arah pasangan laki-laki.

“Dengan demikian, pihak laki-laki bisa melakukan penetrasi dengan lebih leluasa sambil berdiri dan bisa dibarengi dengan ciuman ke arah pasangan,” ucap sex therapist, Stefani Goerlich dalam laman cosmopolitan.

Baca Juga: Benarkah Cosplay Sex Bisa Membantu Tingkatkan Gairah Seksual?

Tips aman bercinta sambil berdiri

Untuk melakukan hubungan seksual sambil berdiri yang aman dan nyaman bagi kamu dan pasangan, cobalah untuk bereksplorasi dan temukan sudut yang tepat. Kalau perlu, kamu bisa gunakan atribut dan alat bantuan tertentu.

“Seperti mengunakan bangku atau bantal, karena dua benda ini bisa jadi satu penopang yang baik bagi setiap posisi bercinta,” terang Co-Director Ohio Center for Relationship & Sexual Health, Dr. Ashley Grinonneau-Denton dalam laman romper.

Yang terpenting, kamu dan pasangan harus menikmati proses mencoba gerakan dan posisi bercinta yang baru ini. Jangan sekali-kali memaksa pasangan untuk melakukan posisi bercinta yang tidak nyaman.

Pastikan untuk mengecek kesehatan kamu dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Download di sini untuk berkonsultasi dengan mitra dokter kami.

Reference
  1. Verywellfamily, diakses 04 Desember 2020. Sex Positions to Try During Your Pregnancy
  2. Connecticut Children’s, diakses 04 Desember 2020. Can You Get Pregnant if You Have Sex Standing Up?
  3. Romper, diakses 04 Desember 2020. 7 Tricks To Master Standing Sex, Because It’s Not Eaasy Folks
  4. Cosmopolitan, diakses 04 Desember 2020. 6 Tips That Will Help You *Nail* Standing Sex
    Berita Terkait
    register-docotr