Kesehatan Seksual

Benarkah Cosplay Sex Bisa Membantu Tingkatkan Gairah Seksual?

December 4, 2020 | Nanda Hadiyanti | dr. Debby Deriyanthi
no-image

Menggunakan kostum tertentu sesuai dengan tema acara memang menyenangkan. Misalkan saja saat kamu harus menyiapkan kostum khusus untuk acara Halloween. Kamu tentunya berusaha untuk tampil maksimal dengan kostum pilihanmu. 

Namun menggunakan pakaian khusus itu ternyata bisa lebih spesifik lagi. Di mana kamu akan berpakaian mirip dengan tokoh atau karakter tertentu. Misalkan memakai kostum persis dengan karakter salah satu manga. Nah, aktivitas meniru kostum ini disebut dengan roleplay. 

Kendati, pernahkah kamu membayangkan jika cosplay atau roleplay ternyata juga berpengaruh dalam kehidupan seksual seseorang? Untuk mengetahui lebih jauh mengenai hubungan keduanya, berikut ulasannya. 

Cosplay Sex

Cosplay dianggap menjadi bagian dari fantasi seks, karena pasangan yang melakukannya sadar jika mereka tengah memainkan peran berbeda. Di mana biasanya ada sebuah kesepakatan bahwa mereka akan memerankan sosok tertentu disertai kostum pendukungnya. 

Melansir Womenshealthmag, seorang terapis seks mengatakan bahwa aktivitas cosplay sex bukan sekedar memakai kostum. Tapi juga benar-benar menjalankan peran sesuai dengan karakter yang mereka pilih dan membawanya dalam kegiatan seksual.

Apakah cosplay sex adalah hal yang wajar? 

Beberapa mungkin bertanya-tanya, apakah normal berpura-pura memerankan tokoh lain dan membawanya dalam hubungan seks? Atau, apakah ini termasuk kinky sex alias pemuasan nafsu dengan cara tertentu? 

Ternyata jawabannya adalah beberapa orang menganggapnya wajar dan bagian dari gaya hidup. Bahkan ada orang yang selalu melakukan seks dengan satu karakter cosplay saja. 

Tapi sayangnya belum ada penelitian lebih lanjut untuk membahas batasan wajar tentang perilaku cosplay sex tersebut. Bagi beberapa orang yang merasa senang melakukannya, ini bisa dilakukan. Tapi jika tidak nyaman, tidak perlu memaksa untuk melakukannya.

Apa manfaat melakukan cosplay sex?

Sebagian orang beranggapan melakukan cosplay sex dapat meningkatkan gairah. Tapi sayangnya belum banyak penelitian yang mengupas tentang manfaatnya bagi kesehatan ataupun bagi keharmonisan pasangan. 

Sementara itu, dikutip dari Businessinsider, jika melakukan cosplay sebagai salah satu fantasi seks, tentu saja ini bermanfaat. Karena kamu dan pasangan bisa lebih terbuka mengutarakan apa yang diinginkan. 

Ketika pembicaraan tersebut bisa disepakati, maka kamu dan pasangan bisa lebih memahami dan mewujudkan keinginan. Dengan begitu cosplay sex bisa membantu menghangatkan kembali hubungan kedua belah pihak.

Tips jika ingin melakukan cosplay sex

Cosplay adalah salah satu pilihan untuk memperkaya pengalaman hubungan seksual suami istri. Anggapan ini didukung oleh pendapat ahli yang meyakini cosplay atau roleplay juga dapat membangkitkan kreativitas pasangan.

“Role-playing atau permainan sejenisnya yang berhubungan dengan fantasi adalah hal yang hebat, di mana ini dapat membangun kreativitas dan imajinasi pasangan,” kata Evelyn Fisboin, seorang ahli terapi pernikahan di  Institut Mind Spectrum, Florida, seperti dikutip dari everydayhealth.com.

Tapi bagaimana untuk melakukannya? Tentu saja diawali dengan membicarakannya dengan pasangan serta beberapa langkah berikut:

  • Bicarakan peran yang ingin kalian pilih. 
  • Gunakan kostum yang mendukung.
  • Mulai dengan percakapan santai dan percakapan tersebut sesuai dengan peran masing-masing.
  • Jika sama-sama lebih nyaman, bisa berlanjut dengan permainan yang mendukung dengan fantasi seksual masing-masing. 
  • Tapi perlu diingat bahwa bermain peran harus disepakati dan kedua belah pihak harus sama-sama nyaman dan merasa senang. 
  • Jika ternyata ada hal yang membuatmu tidak nyaman, sebaiknya segera ungkapkan kepada pasangan dan bicarakan bersama.

Tips lain untuk meningkatkan gairah seksual

Jika kamu merasa cosplay sex tidak membantu memperbaiki kehidupan seksualmu, mungkin kamu perlu melakukan cara alami berikut:

  • Konsumsi buah tertentu. Misalnya pisang dan alpukat yang dipercaya dapat meningkatkan libido. 
  • Makan cokelat. Karena cokelat mendorong pelepasan phenylethylamine dan serotonin ke dalam tubuh yang dapat meningkatkan libido.
  • Ramuan herbal. Untuk yang mengalami gangguan disfungsi ereksi bisa mengatasi dengan ramuan herbal salah satunya ekstrak daun ginkgo biloba.
  • Kurangi stres. Karena stres dapat memengaruhi gairah seks seseorang
  • Cukup tidur. Cukup tidur ditambah dengan makanan sehat dapat meningkatkan energi dan dorongan seks.
  • Jaga keharmonisan dengan pasangan. Terbuka pada pasangan, misalnya tidak memaksakan berhubungan seks saat tidak mood dapat membantu memperbaiki kedekatan emosional dan membangun kembali hubungan yang hangat.

Punya pertanyaan lebih lanjut seputar info sehat lainnya? Silakan chat langsung dengan dokter kami untuk konsultasi. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Healthline, diakses 3 November 2020
Boost Your Libido with These 10 Natural Tips
Everydayhealth, diakses 3 November 2020
Your Healthy Guide to Role Playing
Womenshealthmag, diakses 3 November 2020
What Is Cosplay Sex And Should You Try It?

    Berita Terkait
    register-docotr