Kesehatan Seksual

6 Fakta Unik Klitoris: Apakah Ukuran Memengaruhi Kepuasan Seksual Wanita?

March 30, 2021 | Dewi Nurfitriyana | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Saat berbicara tentang kepuasan seksual wanita, sepertinya vagina mendapat perhatian paling besar mengenai hal ini. Padahal klitoris justru merupakan organ yang menjadi pusat kenikmatan sesungguhnya.

Ya, sama halnya dengan laki-laki, wanita juga mengalami puncak gairah ketika mengalami orgasme, dan salah satu pemicu utamanya adalah ketika klitoris dirangsang dengan tepat.

Namun, benarkah ukuran klitoris setiap wanita berbeda-beda? Jika iya, apakah hal tersebut berpengaruh pada kepuasan seksualnya?

Baca juga: Para Suami, Ini 4 Tips Merangsang Gairah Istri di Atas Ranjang

1. Apa itu klitoris?

Klitoris adalah sekelompok saraf yang terletak tepat di atas lubang vagina. Ada yang bilang ini terlihat seperti tombol kecil, atau penghapus di ujung pensil.

Klitoris terletak antara pertemuan labium minora pada ujung atas vagina. Ini terdiri dari beberapa bagian, yakni kepala atau glan klirotis, korpus klitoris, dan krura.

Dilansir dari Medicalnewstoday, klitoris termasuk ke dalam organ seksual wanita. Meskipun penampilannya sederhana, bagaimanapun klitoris adalah organ yang penting dan memiliki banyak fakta menarik di dalamnya.

2. Klitoris terdiri dari banyak saraf

Klitoris memiliki banyak saraf dan pembuluh darah. Dilansir dari Health, kelenjarnya berisi sekitar 8.000 ujung saraf yang membuatnya menjadi sangat peka terhadap rangsangan.

Inilah yang menjadikannya pusat kesenangan saat wanita berhubungan seksual.

Zona sensitif seksual kecil ini juga bisa menyebarkan perasaan ke 15.000 saraf lain di panggul. Inilah yang membuat seluruh tubuh terasa diambil alih oleh momen orgasme, saat wanita melakukan hubungan intim.

3. Tidak memiliki fungsi lain selain menciptakan kesenangan seksual

Klitoris tidak memiliki peran sentral dalam reproduksi seperti penis atau pun vagina. Meski begitu, perannya sangat penting jika kamu ingin mencapai klimaks saat berhubungan intim.

Bisa dikatakan klitoris adalah satu-satunya organ di tubuh dengan fungsi memberikan kesenangan. Itulah mengapa klitoris sering disebut sebagai pusat kenikmatan wanita.

4. Ukuran, bentuk dan warna klitoris

Masing-masing wanita memiliki ukuran klitoris yang berbeda. Pada beberapa wanita, glan clitoris, memiliki ukuran dan bentuk yang sama seperti kacang polong, tetapi beberapa lebih kecil dan beberapa lebih besar.

Letaknya mungkin tersembunyi di dalam lipatan labia, hampir tidak menonjol keluar, atau malah menggantung jauh di bawahnya. Klitoris juga mungkin memiliki warna yang bervariasi dari merah muda sampai hitam kecoklatan. Semua variasi ini adalah hal yang terbilang normal.

Sebuah ulasan pada Science direct menyebutkan, bahwa panjang rata-rata klitoris adalah sekitar 1–1,5 cm dengan diameter sekitar 0,5 cm.

Baca juga: 4 Hal yang Perlu Dilakukan Saat Anak Memergoki Orangtua Berhubungan Seksual

5. Sama seperti penis, klitoris juga bisa mengalami ereksi

Sama seperti penis pria, klitoris juga bisa mengalami ereksi selama mengalami gairah seksual. Ini terjadi akibat pembuluh darah membesar yang mengirimkan lebih banyak darah ke area tersebut dan menyebabkannya membengkak.

“Ketika ukuran klitoris meningkat atau mengembang, itu disebut vasokongesti”

kata Elizabeth Newell, MD, seorang OBGYN dengan Swedish Medical Center di Littleton, Colorado.

Setelah orgasme, ereksi biasanya mereda dalam waktu sekitar 10 menit. Jika klitoris wanita membengkak, tetapi dia tidak mencapai klimaks, ereksi dapat berlangsung selama beberapa jam.

6. Apakah ukuran klitoris memengaruhi kepuasan seksual pada wanita?

Studi terbaru berjudul “Clitoral size and location in relation to sexual function using pelvic MRI,” mengiyakan hal ini.

Di situ disebutkan bahwa kelenjar klitoris kecil atau jarak yang lebih jauh antara bagian dalam klitoris dan saluran vagina, bisa menyebabkan kesulitan dalam mendapatkan rangsangan fisik yang dibutuhkan untuk mencapai orgasme.

Hipotesis ini didasarkan pada fakta bahwa klitoris adalah organ kesenangan wanita yang utama, yang sebagian besar strukturnya ada di dalam, dan ukurannya juga bertambah saat terangsang secara eksternal.

Dengan cara ini, para peneliti berpikir bahwa wanita dengan kelenjar klitoris yang lebih kecil, dan mereka yang badan klitoris internalnya lebih jauh dari vagina, dapat mengalami lebih banyak kesulitan dalam mencapai kepuasan seksual yang maksimal.

Ayo konsultasikan masalah kesehatan kamu dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

register-docotr