Puasa

Tips Menjaga Kesehatan Mulut saat Puasa, Yuk Catat!

April 12, 2021 | Nik Nik Fadlah | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Menjaga kesehatan mulut atau bahkan gigi penting untuk dilakukan, tak terkecuali ketika sedang berpuasa. Tujuannya adalah agar kita terhindar dari masalah kesehatan mulut tertentu. Menjaga kesehatan mulut dan gigi pada saat berpuasa tentunya harus dilakukan dengan saksama.

Lalu, bagaimana cara menjaga kesehatan mulut dan gigi pada saat berpuasa? Yuk, simak ulasannya di bawah ini.

Baca juga: Daftar Makanan Tinggi Serat untuk Puasa yang Baik Dikonsumsi

Kondisi yang rentan dialami saat puasa

Pada saat berpuasa ada beberapa kondisi yang memengaruhi kesehatan mulut dan gigi yang seringkali dikeluhkan. Sebab, perubahan pada pola makan selama berpuasa juga dapat memengaruhi kesehatan mulut dan gigi.

Berikut ini adalah beberapa kondisi yang tak jarang dikeluhkan pada saat puasa.

1. Mulut kering

Mulut kering dapat terjadi karena produksi air liur yang menurun akibat asupan cairan yang berkurang saat berpuasa. Tak hanya itu, konsumsi obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan mulut kering.

Mulut kering dapat menyebabkan kondisi tertentu, seperti bibir pecah-pecah hingga membuat bau mulut.

Perlu diketahui bahwa air liur memiliki peranan yang penting untuk menjaga kelembapan pada rongga mulut. Selain itu, air liur juga mengandung bahan antibakteri. Nah, produksi air liur yang menurun dapat memengaruhi kesehatan mulut dan gigi.

2. Bau mulut

Bau mulut adalah salah satu kondisi yang juga sering dikeluhkan saat puasa. Kondisi ini dapat disebabkan oleh mulut kering. Akan tetapi, bau mulut juga dapat terjadi karena adanya sisa makanan yang tertinggal pada permukaan gigi.

Bau mulut juga ternyata bisa disebabkan oleh kebersihan gigi dan mulut yang tidak terjaga. Apabila kamu tidak menyikat gigi dan membersihkan gigi setiap hari, partikel makanan akan tetap berada di dalam mulut, sehingga menyebabkan bau mulut.

Baca juga: Sering Bikin Minder, Begini Cara Mengatasi Bau Mulut Saat Puasa

Tips menjaga kesehatan mulut dan gigi saat berpuasa

Nah, berikut ini adalah beberapa cara untuk menjaga kesehatan mulut ataupun gigi pada saat berpuasa yang penting untuk kamu ketahui.

1. Menyikat gigi

Menyikat gigi selama bulan Ramadan bisa dilakukan setelah sahur dan sebelum tidur. Menyikat gigi sebanyak dua kali sehari sudah cukup untuk mencegah masalah kesehatan pada mulut. Menyikat gigi dengan benar efektif dalam membersihkan sisa makanan dari permukaan gigi.

Sebaiknya, hindarilah menyikat gigi terlalu keras atau menggunakan sikat gigi berbulu keras. Sebab, ini dapat merusak enamel alias lapisan luar gigi dan gusi.

2. Membersihkan permukaan lidah

Tahukah kamu bahwa permukaan lidah dapat menjadi tempat menempelnya sisa-sisa makanan yang dapat menyebabkan bau mulut? Ya, ini dapat tejadi. Maka dari itu, menjaga kebersihan lidah pun juga tidak boleh kamu lewatkan.

Untuk membersihkan permukaan lidah, kamu dapat menggunakan pembersih khusus lidah atau sikat gigi dengan bulu sikat yang halus. Bersihkan permukaan lidah dengan gerakan satu arah, yakni dari belakang ke depan. Kamu dapat melakukan hal ini setelah menyikat gigi.

3. Jangan lupa bersihkan sela-sela gigi

Membersihkan gigi dengan benang gigi (dental floss) juga penting dilakukan untuk menjaga kebersihan mulut dan gigi.

Dikutip dari Medical News Today, flossing atau membersihkan gigi dengan benang gigi dapat membantu menghilangkan plak dan bakteri dari sela-sela gigi yang tidak dapat dijangkau oleh sikat gigi.

Selain itu, ini juga dapat membantu mencegah bau mulut dengan cara menghilangkan kotoran dan makanan yang terjebak di antara gigi. Flossing harus dilakukan terlebih dahulu setelah berbuka puasa dan sahur untuk menghilangkan partikel makanan yang tertinggal di sela-sela gigi.

4. Berkumur dengan obat kumur

Menggunakan obat kumur juga dapat membantu menjaga kebersihan mulut dan gigi. Sebaiknya, pilihlah obat kumur yang tidak mengandung alkohol. Penggunaan obat kumur dapat digunakan setelah sikat gigi dan membersihkan permukaan lidah.

Sebaiknya, hindarilah penggunaan obat kumur setiap hari. Dokter gigi Dina Adrianti mengatakan “Pemakaian obat kumur yang terus menerus akan berdampak buruk. Lama-lama mulut bukannya segar, tapi muncul masalah baru, yakni jamur”.

5. Pastikan asupan cairan dalam tubuh terpenuhi

Mengonsumsi air putih yang cukup sebanyak 8 gelas per hari dapat membantu memastikan tubuh terhidrasi dengan baik, sehingga dapat membantu menurunkan risiko mulut kering.

Nah, itulah beberapa tips menjaga kesehatan mulut dan juga gigi selama berpuasa. Jika kamu memiliki pertanyaan lebih lanjut seputar tips lainnya, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter, ya!

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Dr Joy Dental Clinic (2020). Diakses pada 09 April 2021. HOW TO MAINTAIN ORAL HYGIENE DURING RAMADAN

Dr Michael’s Dental Clinic (2015). Diakses pada 09 April 2021. Ramadan and Oral Health: What You Need to Know

Liputan6.com (2019). Diakses pada 09 April 2021. Hindari Menggunakan Obat Kumur Setiap Hari Saat Puasa

Mayo Clinic (2018). Diakses pada 09 April 2021. Bad breath

Medical News Today (2019). Diakses pada 09 April 2021. What to do for healthy teeth and gums

Rumah Sakit Gigi dan Mulut Maranatha. Diakses pada 09 April 2021. Menjaga Gigi dan Mulut Anda Tetap Sehat Di Bulan Ramadhan

    register-docotr