Puasa

Tak Sekadar Legit, Ini Manfaat Kurma Sukari bagi Kesehatan Saat Berpuasa!

April 20, 2021 | Richaldo Hariandja | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Kurma merupakan buah yang khas ditemui saat bulan puasa. Dari sekian banyak jenis kurma yang ada di pasaran, salah satu yang terkenal adalah kurma sukari. Tidak hanya terkenal lezat, kurma sukari juga memiliki segudang manfaat, lho!

Kurma sukari atau dalam bahasa Arab disebut dengan Sukkur merupakan buah yang terkenal di Arab Saudi. Tampilannya yang berwarna keemasan sangat mencolok, daging kurma yang satu ini pun tebal dan lembut.

Baca juga: Puasa Ramadan: Amankah jika Penderita Diabetes Mengonsumsi Kurma?

Kandungan nutrisi kurma sukari

Dilansir Herbpathy, berikut ini beberapa nutrisi yang terkandung di dalam kurma sukari:

  • Asam amino
  • Tembaga
  • Besi
  • Fluorine
  • Vitamin A
  • Magnesium
  • Potasium

Mayoritas kalori dalam kurma berasal dari karbohidrat. Secara umum dalam 100 gram kurma terdapat 277 kalori yang masuk ke dalam tubuh kamu.

Apa saja manfaat kurma sukari bagi kesehatan saat puasa?

Mengonsumsi kurma pada saat bulan puasa memang menyenangkan, terutama karena kamu bisa mendapatkan energi instan dari kandungan gula di dalam kurma.

Berikut ini adalah beberapa manfaat kurma sukari bagi kesehatan di masa puasa:

Sumber energi

Kurma merupakan sumber fruktosa, yaitu jenis pemanis yang alami terdapat di dalam buah-buahan. Karena inilah maka kurma rasanya sangat manis seperti karamel. Kandungan gula alami di dalam kurma ini juga bisa jadi pengganti gula tebu.

Dr. Rita Ramayulis, seorang ahli gizi dari Asosiasi Ahli Gizi Indonesia, menyebut kurma jenis apapun sangat bagus ketika dikonsumsi saat puasa. 

“Kombinasi sukrosa, fruktosa dan glukosa dapat meningkatkan level gula darah dan menstabilkannya di waktu yang bersamaan,” kata dia. 

Melancarkan pencernaan

Memastikan sistem pencernaan tetap berfungsi dengan baik di masa puasa merupakan keharusan, mengingat kamu tidak makan dan minum sepanjang hari. Salah satunya bisa didapat dari konsumsi kurma sukari, yang baik untuk pencernaan.

Secara umum, setiap jenis kurma mengandung serat yang tinggi. Serat sendiri dibutuhkan oleh sistem pencernaan untuk mencegah konstipasi. Meningkatkan pergerakan usus dan memadatkan kotoran.

Manfaat kurma terhadap sistem pencernaan ini tercantum dalam The British Journal of Nutrition. Peneliti melibatkan 21 orang yang mengonsumsi 7 kurma per hari selama 21 hari.

Hasil penelitian menyebut para partisipan mengalami peningkatan frekuensi bab dan terjadi pergerakan usus yang signifikan dibandingkan saat mereka tidak mengonsumsi kurma.

Sumber antioksidan

Tidak hanya saat berpuasa, antioksidan sangat diperlukan oleh tubuh untuk mencegah kerusakan sel yang disebabkan oleh stres oksidatif. Beruntungnya, kurma sukari memiliki kandungan antioksidan yang bisa kamu andalkan.

Aktivitas antioksidan kurma sukari ini dicantumkan dalam penelitian yang dilakukan di Universitas Muhammadiyah Surakarta. Peneliti mengkaji aktivitas antioksidan kurma sukari kepada tikus yang sudah diinduksi parasetamol.

Adapun kandungan antioksidan dalam buah kurma dilansir Healthline adalah sebagai berikut:

  • Flavonoid: Merupakan antioksidan kuat yang dapat membantu mengurangi inflamasi dan banyak disebut dapat menurunkan diabetes, penyakit Alzheimer dan kanker
  • Carotenoid: Dapat meningkatkan kesehatan jantung dan menurunkan risiko penyakit yang terjadi di mata
  • Asam phenolic: Merupakan properti antiinflamasi yang dapat menurunkan risiko kanker dan penyakit jantung

Mengontrol gula darah 

Kecenderungan gula darah meningkat saat puasa, terutama setelah kamu berbuka. Hal ini dipicu oleh keinginan untuk makan lebih banyak daripada biasanya.

Nah, kurma bisa menjadi satu santapan potensial untuk kamu yang mengalami masalah dengan gula darah. Hal ini karena indeks glikemik di dalam kurma yang rendah. Selain itu, antioksidan dan serat kurma juga berperan dalam hal ini, lho!

Demikianlah berbagai manfaat kurma sukari bagi kesehatan selama kamu berpuasa. Selalu konsumsi makanan yang sehat supaya puasa kamu lancar, ya!

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Download di sini untuk berkonsultasi dengan mitra dokter kami.

Reference
  1. Detikcom, diakses 20 April 2021. Mengenal Kurma Sukari yang Jadi Favoritnya Orang Indonesia
  2. Herbpathy, diakses 20 April 2021. Sukkari Date Herb Uses, Benefits, Cures, Side Effects, Nutrients
  3. Universitas Muhammadiyah Surakarta, diakses 20 April 2021.. EFEK ANTIOKSIDAN EKSTRAK ETANOL BUAH KURMA SUKKARI (Phoenix dactylifera) PADA TIKUS JANTAN YANG DIINDUKSI PARASETAMOL NASKAH PUB
  4. British Nutrition Foundation, diakses 20 April 2021. A healthy Ramadan
  5. MedicalNewsToday, diakses 20 April 2021. Antioxidants: Health benefits and nutritional information
  6. MedicalNewsToday, diakses 20 April 2021. Fasting: Health benefits and risks
  7. Jakpost.com, diakses 20 April 2021. Why dates are the best food to break your fast
  8. Healthline, diakses 20 April 2021. 8 Proven Health Benefits of Dates (healthline.com)
  9. National Library of Medicine, diakses 20 April 2021. Impact of palm date consumption on microbiota growth and large intestinal health: a randomised, controlled, cross-over, human intervention study

 

    register-docotr