Puasa

Olahraga Paling Efektif Turunkan Berat Badan saat Puasa

May 11, 2020 | Arianti Khairina
feature image

Memiliki tubuh ideal tentu menjadi impian banyak orang. Tak sedikit dari mereka yang melakukan diet dan olahraga demi menurunkan berat badan. Namun harus diperhatikan ternyata ada beberapa olahraga saat puasa untuk menurunkan berat badan yang boleh dilakukan.

Saat puasa di bulan Ramadhan, tentunya kamu harus menahan haus dan lapar selama belasan jam. Hal tersebut mengakibatkan banyak kekurangan asupan makan dan minum dalam tubuh nih.

Selain menjaga pola dan menu makanan selama puasa, kamu juga harus tetap olahraga ringan saat bulan puasa loh. Tujuannya agar tubuh tetap sehat dan tidak terlihat lesu.

Baca Juga: Yuk Kenali, Pahami dan Cegah Penularan HIV/AIDS

Ini beberapa olahraga saat puasa untuk menurunkan berat badan

1. Yoga

olahraga saat puasa untuk menurunkan berat badan
Yoga bisa lakukan setiap hari. Sumber gambar : https://www.shutterstock.com

Buat kamu yang ingin berolahraga ringan untuk kesehatan jiwa dan raga saat bulan puasa, cukup melakukan olahraga yoga. Pasalnya olahraga ringan ini juga tidak membutuhkan alat yang sulit dicari, kamu bisa dengan mudahnya melakukannya diatas matras ataupun karpet.

Kamu bisa lakukan olahraga ini pagi hari sambal berjemur ataupun sore menjelang buka puasa.

2. Jogging olahraga paling mudah saat puasa untuk menurunkan berat badan

Olahraga ringan lainnya yang mudah kamu lakukan adalah jogging. Kamu bisa mencoba jogging selama 10 hingga 15 menit mengelilingi komplek atau kamu juga bisa mencoba untuk treadmill.

Selain mudah, olahraga ini juga tidak membutuhkan biaya ekstra loh.  Sehingga kamu bisa melakukannya kapan pun dan pemilihan tempatnya pun lebih fleksibel. Waktu paling ideal melakukan olahraga ini sekitar 2 jam sebelum berbuka.

Jogging berperan dalam mengurangi kalori dalam tubuh. Tak hanya itu saja olahraga ini juga bisa menurunkan kolesterol darah, mengurangi rasa lapar dan memperbaiki metabolisme tubuh. Hal ini akan berpengaruh pada berat badan yang tentu saja akan berkurang.

Selain menurunkan berat badan, olahraga ini juga berdampak baik bagi kesehatan mental. Kamu bisa terhindar dari depresi, kecemasan, susah tidur bahkan hingga dapat meningkatkan kepercayaan diri.

3. Bersepeda

Bersepeda patut kamu coba sebagai salah satu olahraga saat puasa untuk menurunkan berat badan nih. Kamu bisa lakukan olahraga ini saat sore hari ketika menghabiskan waktu ngabuburit sebelum buka puasa loh.

olahraga saat puasa untuk menurunkan berat badan
Bersepeda sore hari bersama keluarga. Sumber gambar : https://www.shutterstock.com

Manfaat lainnya yang bisa kamu rasakan ketika bersepeda yaitu menurunkan resiko depresi. Ketika bersepeda secara rutin kualitas bahagia dan kenyamanan hati makin meningkat. Pastikan kamu memilih jalur yang aman saat bersepeda, tujuannya agar kamu tetap aman saat berolahraga.

4. Olahraga kardio

Walaupun terlihat berat tetapi olahraga kardio ini pada dasarnya adalah olahraga untuk meningkatkan denyut jantung. Tetapi tak sedikit juga yang seringkali melakukan kardio untuk menguruskan badan loh.

Gerakan-gerakan ringan yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah seperti high knee, jumping jack dan juga squat dijamin akan membuatmu berkeringat.

5. Ball crunch

Nah berbeda dari olahraga-olahraga lainnya Ball Crunch adalah salah satu kegiatan olahraga ringan yang bisa dilakukan dengan bantuan bola gym. Kamu bisa meregangkan otot sehingga tubuh akan terasa lebih lentur dan fleksibel. Olahraga ringan ini sangat cocok dilakukan saat bulan puasa.

Olahraga ringan saat puasa
Ball crunch menjelang buka puasa. Sumber gambar : https://www.shutterstock.com

Walaupun membutuhkan alat serta tempat yang nyaman, olahraga ini juga bisa membantu kamu menurunkan berat badan loh. Kira-kira olahraga mana yang paling cocok dengan kamu nih?

Baca Juga: Sulit Melihat saat Berkendara di Malam Hari? Cek, Mungkin Ini Penyebabnya

Tips lain sebelum olahraga saat puasa untuk menurunkan berat badan

Sebelum kamu olahraga pastikan juga bahwa kondisi tubuh sehat ya. Perlu diperhatikan ketika sahur dan berbuka puasa lebih baik kamu banyak mengonsumsi air putih. Kurangi makanan dan minuman manis.

Mengurangi bukan berarti tidak boleh sama sekali loh, kamu bisa batasi saja minuman manis hanya satu gelas perhari. Sisanya konsumsi air putih, percayalah dahagamu akan lebih tuntas dengan minum air putih.

Asupan air dalam tubuhmu harus memadai untuk menghadapi waktu puasa apalagi melakukan olahraga. Cara sangat mudah, kamu cukup minum 8 gelas sehari dengan pembagian: 2 gelas saat berbuka, 4 gelas saat malam hari antara Isya sampai sebelum sahur (1 gelas saja per 1 jam), dan 2 gelas air saat sahur.

Tak hanya sekedar melakukan olahraga saat puasa untuk menurunkan berat badan, kamu juga perlu memperhatikan asupan yang masuk untuk tubuhmu. Gunanya untuk menjaga tubuh tetap sehat selama berpuasa. Selamat mencoba ya!

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. healthline.com (2018) diakses 22 April 2020. How to Exercise Safely During Intermittent Fasting
  2. today.com (2016) diakses 22 April 2020. 5 Stability Ball Eexercises Burn Belly Fat
  3. ekhartyoga.com diakses 22 April 2020. 8 tips on how to do yoga at home – Practice and all is coming
  4. yclingweekly.com (2019) diakses 22 April 2020. 15 benefits of cycling: why cycling is good for weight loss, fitness, legs and mind
    register-docotr