Diet dan Nutrisi

Penuhi Asupan Gizi saat Puasa, Ini Makanan Wajib untuk Sahur dan Berbuka

April 24, 2020 | Anisya Fitrianti
no-image

Bulan Ramadan dapat menjadi ajang yang tepat untuk memperbaiki asupan gizi saat puasa. Saat menjalani puasa, kamu hanya memiliki dua waktu untuk makan yaitu saat sahur dan berbuka. 

Selama lebih dari delapan jam, tubuh akan kekurangan cairan dan asupan makanan. Karena itulah pilihan asupan gizi saat sahur dan berbuka selama menjalani ibadah puasa menjadi hal yang sangat penting. 

Pilihan asupan gizi yang tepat puasa dapat membuatmu lebih kuat menjalankan puasa. Selain itu kamu juga bisa terhindar dari berbagai gangguan pencernaan. Untuk itu, ada baiknya kamu selalu sedia asupan gizi yang tepat sepanjang bulan puasa. 

Berikut ini adalah rekomendasi asupan gizi yang tepat saat sahur dan berbuka puasa. 

Baca Juga: 10 Tips Tetap Sehat Selama Puasa di Tengan Wabah Corona

Menu sahur yang penuhi asupan gizi saat puasa

  • Makanan bertepung 

Pilihlah nasi putih atau nasi merah sebagai menu untuk sahurmu. Nasi mengandung karbohidrat tinggi yang memakan waktu lama untuk dicerna tubuh. Sehingga rasa kenyang pada tubuhmu bisa bertahan lebih lama.

  • Buah dan sayur 

Kaya akan serat, buah dan sayuran sangat penting dikonsumsi sebelum kamu menjalani puasa. Buah dan sayur bisa mencegahmu dari sembelit serta mengandung banyak vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh. 

  • Protein 

Kamu bisa mengkonsumsi makanan tinggi protein seperti telur. Protein juga membantumu  mempertahankan rasa kenyang sepanjang hari. 

  • Makanan berserat tinggi 

Makanan dengan serat tinggi seperti oatmeal bisa menjadi pilihan menu sahurmu. Oatmeal akan larut dan berubah menjadi gel di dalam perut. Oatmeal juga mampu memperlambat pencernaan, menurunkan kolesterol dan glukosa darah. Sehingga kamu tetap merasa berenergi sepanjang puasa. 

  • Kalsium

Produk susu yang mengandum kalsium juga baik untuk dikonsumsi saat sahur. Pilihlah yogurt atau smoothies karena keduanya mengandung nutrisi seperti protein, kalsium, yodium dan vitamin serta cairan untuk tubuh.

Lalu, makanan apa yang wajib dihindari saat sahur? 

  • Caffeine 

Hindari minum kopi saat sahur karena kamu akan merasa haus saat menjalani pausa. Lebih baik perbanyak minum air. 

  • Makanan yang asin

Makanan dengan rasa yang terlalu asin akan membuat ketidakseimbangan kadar natrium dalam tubuh. Dampaknya, kamu akan merasa sangat haus saat menjalani puasa. Hindari makanan seperti kacang asin, keripik, dan sejenisnya. 

  • Karbohidrat rendah 

Hindari produk makanan dengan karbohidrat rendah untuk sahur seperti donat, kue, atau kue pastri. Mengonsumsi makanan tersebut hanya akan menahan rasa lapar selama tiga atau empat jam. 

Makanan apa  yang baik dikonsumsi saat berbuka puasa? 

  • Minuman 

Berbukalah dengan air, susu, jus buah atau smoothies. Pilih minuman yang bisa memberikan hidrasi tanpa tambahan kalori atau gula tambahan. Ada baiknya kamu juga meminum air sebanyak mungkin setelah buka puasa dan sebelum tidur untuk menghindari terjadinya dehidrasi pada tubuh. 

  • Buah kering 

Pilihlah berbuka puasa dengan buah kurma. Buah yang sudah terkenal sejak zaman dahulu kala ini mengandung gula alami untuk energi, mineral, dan kalium. Selain kurma, kamu juga bisa mencoba buah-buahan kering lain seperti aprikot, buah ara, kismis atau prem,

  • Sayuran 

Pastikan kamu mengonsumsi sayuran yang mampu membantu hidrasi tubuhmu. Seperti timun, selada, dan sayuran lain yang tinggi akan serat serta air. 

  • Kacang-kacangan mentah

Kacang mentah sangat cocok untuk berbuka puasa karena dapat membantu kamu merasa kenyang. Kacang juga mengandung lemak yang baik untuk tubuh. 

  • Sup

Sup yang terbuat dari kaldu daging juga baik dikonsumsi saat berbuka puasa. Tubuhmu tidak akan kesulitan untuk mencerna sup karena kaya akan cairan. 

Makanan berbuka yang harus dihindari karena tak penuhi asupan gizi saat puasa

  • Minuman bersoda

Hindari minum minuman olahan dan minuman berkarbonasi. Biasanya minuman olahan mengandung banyak pemanis buatan yang dapat menyebabkan perut kembung.

  • Gorengan

Makanan berminyak dan yang digoreng harus dihindari karena mengandung lemak yang akan disimpan dalam tubuh. Makan makanan berlemak setelah berjam-jam puasa hanya akan menyebabkan keasaman dan gangguan pencernaan.

  • Makanan dengan kandungan gula tinggi 

Saat berbuka puasa, ada baiknya kamu tidak mengonsumsi makanan seperti permen atau coklat. Makanan dengan kandungan gula yang tinggi hanya akan menambah berat badanmu dan kandungan gizinya sedikit.

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Download di sini untuk berkonsultasi dengan mitra dokter kami.

Berita Terkait
register-docotr