Diet dan Nutrisi

5 Nutrisi Paling Dibutuhkan dalam 1.000 Hari Pertama Kehidupan Anak

April 23, 2020 | Ajeng Annastasia | dr. Pitoyo Marbun
no-image

Ditinjau oleh: dr Shanti Handayani

Periode emas yakni 1.000 hari pertama kehidupan anak sangat penting, terutama untuk proses tumbuh kembangnya. Asupan nutrisi di masa ini pun tak boleh diabaikan.

Jika pada periode tersebut anak tidak mendapatkan nutrisi yang tepat, anak berisiko mengalami gangguan terutama pada kelangsungan hidupnya.

Selain itu, kekurangan nutrisi pada periode 1.000 hari pertama kehidupan anak juga akan lebih sulit diperbaiki ketika usianya terlanjur menginjak 2 tahun.

Nutrisi penting pada 1.000 hari pertama kehidupan anak

Ada dua jenis nutrisi yang diperlukan oleh tubuh, yakni makronutrien dan mikronutrien. Makronutrien merupakan nutrisi yang dibutuhkan tubuh dalam jumlah besar untuk proses tumbuh kembang.

Komponen yang termasuk dalam kategori makronutrien yakni karbohidrat, lemak dan protein.

Sementara itu, mikronutrien dibutuhkan oleh tubuh dalam jumlah yang lebih sedikit. Namun demikian, fungsinya tetap tak kalah penting, lho. Yang termasuk dalam kategori mikronutrien yaitu vitamin dan mineral.

Supaya tumbuh kembang dan kesehatan tubuh anak bisa terjaga secara seimbang, konsumsi makronutrien dan mikronutrien pun harus disesuaikan. Jangan sampai jadi berlebihan atau justru kekurangan.

Baca juga: Kopi Instan VS Kopi Seduh, Mana Lebih Sehat?

1. Protein

1.000 hari pertama kehidupan anak
Protein menjadi salah satu nutrisi penting untuk anak (Foto: Shutterstock)

Protein  menjadi salah satu kebutuhan nutrisi pada anak untuk mendukung pertumbuhan fisik yang optimal, pertumbuhan jaringan dan otot. Protein dapat diperoleh dari hewani dan nabati seperti susu, telur, keju, daging, ayam, dan ikan.

2. Karbohidrat

Karbohidrat berguna sebagai sumber energi yang dibutuhkan untuk beraktivitas. Sumber karbohidrat adalah beras, gandum, kacang-kacangan, dan tepung.

3. Lemak

Lemak juga bermanfaat sebagai sumber energi. Lemak banyak terkandung di dalam susu, kacang-kacangan, minyak, dan mentega.

Berbagai pilihan sumber lemak yang bisa diolah untuk anak (Foto: Shutterstock)

4. Vitamin

Vitamin termasuk dalam kategori mikronutrien, yang sangat dibutuhkan tubuh dan memiliki peranan penting dalam memenuhi kebutuhan nutrisi pada anak. Vitamin berfungsi untuk mengatur proses metabolisme tubuh. Secara umum vitamin tidak dapat diproduksi oleh tubuh, maka dari itu konsumsi dari sumber luar pun menjadi penting.

vitamin c untuk orang yang kurang darah
Jangan lupakan asupan vitamin untuk anak, Moms! (Foto: Shutterstock)

5. Mineral

Mineral secara spesifik memiliki fungsi-fungsi penting juga bagi tubuh manusia, terutama untuk proses metabolisme.

Sama seperti vitamin, mineral pun tidak dapat diproduksi oleh tubuh, sehingga membutuhkan asupan dari luar. Beberapa contoh mineral di antaranya kalsium, fosfor, magnesium dan kalium.

Khusus untuk anak, kalsium memegang peranan cukup penting Moms. Kalsium bermanfaat dalam pembentukan tinggi badan, serta mempertahankan kepadatan tulang dan gigi.

Berikan sayur juga agar anak nantinya doyan asupan ini (Foto: Shutterstock)

Baca juga: Nutrisi Anak 12 Bulan, Moms Harus Perhatikan 6 Menu Ini

Konsultasikan kondisi kesehatan Anda di Good Doctor. Yuk, lakukan konsultasi online dengan dokter terpercaya!

Reference

Penuhi Kebutuhan Gizi Pada 1000 Hari Pertama Kehidupan. Pusat Komunikasi Publik, Sekretariat Jenderal Kementerian Kesehatan RI. (2012)
Why 1000 Days. Thousand Day Org (2016)
1000 Hari Pertama. Kementerian Kesehatan RI (2018)

    Berita Terkait
    register-docotr