Puasa

Makanan Sahur untuk Penderita Maag agar Puasa Lancar

May 6, 2020 | Putri Prima Soraya | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Untuk kamu penderita maag tak perlu khawatir puasa akan terasa sulit. Kamu tetap bisa kok berpuasa dengan lancar dan aman. Pilih makanan sahur untuk penderita maag yang tepat, ya!

Nah, kalau kamu bingung makanan sahur untuk maag apa yang aman dan makanan apa yang perlu dihindari penderita maag, yuk simaki ulasan artikel berikut ini:

Makanan sahur untuk penderita maag

Waktu makan yang terbatas saat puasa bisa membuat maag kambuh sewaktu-waktu, tentu kondisi ini dapat menyebabkan kamu merasakan sakit yang mengganggu.

Demi menunjang puasa yang lancar, cobalah masukan makanan ini ke dalam pilihan menu sahur:

1. Buah-buahan

Selalu sedia buah-buahan segar saat kamu sahur. Buah-buahan segar kaya akan serat dan antioksidan. 

Buah apel, melon, anggur, dan jenis beri adalah pilihan buah yang baik karena kaya akan polifenol.

Berdasarkan hasil penelitian The World Journal of Gastroenterology pada 2015 lalu, ditemukan bahwa polifenol terbukti dapat menekan rasa sakit akibat maag.

Untuk buah yang punya tingkat keasaman yang tinggi seperti jeruk yang dapat memicu refluk, sebaiknya dihindari karena akan memperparah kondisi ditambah kamu akan menahan makan untuk waktu yang lama.

2. Sayur-sayuran

Beberapa sayuran hijau seperti brokoli, kembang kol, dan kale juga dapat mencegah naiknya asam lambung.

Sayuran tersebut mengandung sulforaphane, yang dapat menekan Helikobakter pilori, sebuah bakteri jahat yang dapat merusak dinding lambung. 

Sebuah penelitian pernah dilakukan untuk membuktikan, apakah benar brokoli dapat menekan peredaran bakteri Helikobakter pilori pada pasien yang dinyatakan positif. Hasilnya, 78 persen pasien dinyatakan negatif. 

Kamu bisa mempertimbangkan brokoli sebagai menu sahur rutin, karena selain dapat membantu mengatasi maag. Brokoli juga kaya akan serat dan vitamin C yang dibutuhkan oleh tubuh.

3. Oatmeal 

Oatmeal merupakan makanan yang kaya akan serat. Serat dapat menurunkan jumlah asam yang ada perut dan juga rasa kembung dan nyeri. 

Penelitian juga menyebutkan bahwa ketika kamu tidak makan dalam waktu lama, makan-makanan yang kaya serat dapat mencegah maag kambuh. 

4. Kimchi

Kinchi. Sumber gambar https://pixabay.com/

Buat kamu yang pecinta kuliner Korea, kamu bisa menjadikan kimchi sebagai menu makan sahur. Lho kok bisa?

Tentu saja bisa, ini karena kimchi merupakan makanan hasil fermentasi termasuk makanan yang kaya akan bakteri baik yang disebut probiotik. Nah, bakteri baik ini akan membantu menekan Helikobakter pilori yang sewaktu-waktu bisa membuat maag kamu kambuh.

Tapi tetap diperhatikan ya, jangan terlalu banyak dan berlebihan.

5. Protein tanpa lemak

Ayam tanpa kulit, daging tanpa lemak, ikan, telur, dan kacang-kacangan adalah makanan sumber protein yang rendah lemak. Makanan protein yang bisa kamu pilih seperti ikan sarden yang kaya akan Omega-3 dapat membantu mengurangi peradangan dan mencegah maag.

Minuman dan makanan sahur yang perlu dihindari penderita maag

Ada baiknya kamu pahami juga jenis-jenis makanan sahur yang perlu dihindari oleh penderita maag. Jenis-jenis asupan ini terbukti dapat memperburuk maag dan menghambat aliran darah ke lambung:

1. Kopi 

Baik itu kopi berkafein atau tidak berkafein, kopi tetap bisa membuat asam lambung meningkat dan memperburuk keadaan penyakit maag yang kamu derita. Terlebih saat bulan puasa ini, memilih kopi sebagai minuman harus benar-benar kamu batasi, ya!

2. Susu

Bukankah susu menyehatkan? Faktanya bagi penderita maag, susu justru bisa memperparah keadaan karena membuat produksi asam meningkat, terutama produk susu yang tinggi lemak.

Kalau kamu ingin minum susu, cobalah pilih yang rendah lemak.

3. Makanan pedas

Walau terlihat menggiurkan, makanan pedas bisa membuat maag kamu tidak terkendali, apalagi kamu harus berpuasa. Coba hindari dan batasi makan-makanan pedas. Mulai dari cabai, lada hitam, dan aneka bumbu pedas lainnya.

4. Makanan asin

Berdasarkan hasil penelitian, makanan yang terlalu asin ternyata bisa meningkatkan Helikobakter pilori. Coba mulai kurangi penggunaan garam atau gunakan garam secukupnya saja.

Kamu juga perlu menghindari beberapa makanan kemasan yang terbukti banyak mengandung sodium tinggi, perhatikan label makanan sebelum membeli, ya.

5. Cokelat

Makanan manis yang satu ini ternyata bisa meningkatkan asam lambung. Selain itu juga, beberapa peneliti menemukan bahwa cokelat bisa memicu gejala refluks.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

napiers (2012). diakses pada 22 April. What are the best foods to eat if I have a stomach ulcer?

GI Society (2012). diakses pada 22 April. Diet for Ulcer Disease

NCBI (2015). diakses pada 22 April. Role of dietary polyphenols in the management of peptic ulcer.

Clicks (2015) diakses pada 22 April Foods to avoid if you have a stomach ulcer

WebMD (2018) diakses pada 22 April Best and Worst Foods for Stomach Ulcers

verywellhealt (2020) diakses pada 22 April. What to Eat When You Have an Ulcer

Reader Digest Canada diakses pada 22 April. The Best Foods to Prevent Ulcers

    register-docotr