Info Sehat

Cara Alami Hilangkan Varises yang Aman di Rumah, Yuk Dicoba!

May 6, 2020 | Ajeng Annastasia | dr Syarifa Aisyah
feature image

Ada beberapa cara alami hilangkan varises yang bisa kamu lakukan di rumah. Terutama jika varises terasa sudah mulai mengganggu aktivitas sehari-hari.

Keluhan varises biasanya yakni berupa beberapa bagian tubuh seperti betis atau paha terasa seperti kaku dan membengkak.

Mengenal tentang varises dan gejalanya

Sudahkah kamu memahami tentang varises? Foto: Shutterstock.com

Varises terjadi ketika katup-katup di dalam pembuluh darah tidak berfungsi dengan normal sehingga proses pembukaan dan penutupan katup yang seharusnya normal pada pembuluh darah yang sehat menjadi terganggu.

Imbasnya ketika katup ini rusak atau melemah, aliran darah menjadi tidak lancar sehingga aliran darah berbalik arah memicu pembengkakan pembuluh darah.

Permukaan kulit luar dari pembuluh darah yang membengkak biasanya menampilkan warna biru atau ungu tua. 

Ketika mengalami varises, gejala lain yang dirasakan meliputi rasa sakit, kaki dan pergelangan kaki yang bengkak, rasa seperti terbakar dan berdenyut-denyut, kram otot terutama di malam hari, serta kulit kering, gatal, dan terasa tipis di bagian kulit yang terdampak.

Pada cuaca yang lebih hangat atau ketika berdiri terlalu lama, gejalanya akan lebih terasa. Untuk meredakan rasa sakitnya, kamu sebaiknya menggerakkan bagian tubuh yang sakit, berjalan, memijat-mijat atau mengangkat kaki agar berposisi lebih tinggi. 

Cara alami hilangkan varises

Jika kamu mengalami gejala varises, kamu dapat melakukan penanganan pertama untuk meredakan varises yang dapat dilakukan sendiri di rumah, antara lain meningkatkan aktivitas fisik ringan yang memungkinkan aliran darah bekerja dengan lebih baik dan memperbaiki kualitas pembuluh darah.

Baca juga: Mengenal Ambroxol: Obat Pengencer untuk Batuk Berdahak

Rutin aktivitas fisik dan olahraga

Yuk, mulai rutin olahraga untuk cegah varises! Foto: Shutterstock.com

Olahraga seperti berenang, jalan santai, bersepeda, yoga, maupun stretching semuanya bermanfaat bagi aliran darah sekaligus melatih otot betis tanpa risiko tinggi terkena cedera fisik.

Kamu juga dapat meningkatkan aktivitas fisik ke level moderat untuk mengontrol salah satu faktor risiko varises, yakni tekanan darah tinggi.

Menggunakan stocking kompresi

Penggunaan stocking kompresi berfungsi untuk memberi tekanan pada kaki dapat membantu otot dan pembuluh darah untuk mengalirkan darah ke jantung.

Di sisi lain, kamu juga dapat menggunakan pakaian yang longgar untuk membiarkan aliran darah tetap lancar dan mengalir ke tubuh bagian bawah.

Penggunaan sepatu bersol rata dan nyaman daripada hak tinggi juga dapat mengurangi gejala varises pada kaki. 

Atur pola makan sebagai cara alami hilangkan varises

menu diet tanpa nasi
Atur pola makan sehat termasuk cara alami hilangkan varises. Foto: Shutterstock.com

Selain aktivitas fisik, mengatur pola makan juga terbukti sangat bermanfaat untuk memperbaiki aliran darah dalam tubuh. Kurangi asupan sodium dan tingkatkan makanan kaya potasium untuk mengurangi retensi air dalam tubuh.

Makanan kaya potasium yang mudah ditemui antara lain kacang almond atau pistachio, kentang, daun-daunan, dan salmon atau tuna. 

Jangan lupakan makanan berserat seperti kacang-kacangan, biji-bijian, gandum, flaxseed.

Serat dalam makanan menjaga usus tetap aktif dan mencegah sembelit yang berpengaruh pada varises. Selain serat dan potasium, makanan yang mengandung flavonoid pun dapat mengecilkan pembuluh darah varises karena senyawanya dapat memperbaiki aliran darah.

Aliran darah lancar mencegah penumpukan darah pada pembuluh darah serta mengurangi tekanan darah pada arteri. Makanan mengandung flavonoid antara lain sayuran seperti bawang putih, bawang bombay, cabai paprika, brokoli, bayam, buah-buahan sitrus dan anggur, ceri, apel, serta blueberry dan cokelat.

Baca juga: Serba-serbi Alergi Kacang dan Efeknya Bagi Kesehatan Tubuh

Konsumsi ekstrak tumbuhan dan obat herbal

Tetap konsultasi ke dokter untuk temukan pengobatan terbaik. Foto: Pexels.com

Konsumsi ekstrak tumbuhan dan obat-obatan herbal menurut penelitian juga dapat mengurangi gejala varises. Kandungan Aesculus hippocastanum L., yang didapat dari ekstrak buah berangan kuda dapat mengurangi sakit, rasa berat, dan gatal pada penderita varises.

Selain itu, Pinus maritima yang dihasilkan oleh ekstrak buah nanas laut dan Ruscus aculeatus dari buah beri bernama Butcher’s Broom dapat mengurangi pembengkakan atau gatal-gatal pada penderita varises.

Pada umumnya, jika varises tidak menimbulkan rasa sakit, kamu tidak perlu ke dokter karena jarang menjadi indikasi kondisi yang serius. Namun, jika varises menimbulkan rasa sakit dan tidak nyaman, kulit di atas pembuluh darah terasa nyeri dan iritasi, serta rasa sakit di kaki menyebabkan iritasi di malam hari dan mengganggu tidur, disarankan untuk segera mengunjungi dokter.

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Download di sini untuk berkonsultasi dengan mitra dokter kami.

Reference

National Center for Biotechnology Information. Diakses pada 11 Desember 2019. Varicose veins: Overview. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK279247/.
National Health Service. Diakses pada 11 Desember 2019. Overview – Varicose Veins. https://www.nhs.uk/conditions/varicose-veins/.
Home Remedies for Varicose Veins: Physical Activity. Diakses pada 11 Desember 2019. Healthline. https://www.healthline.com/health/home-remedies-for-varicose-veins#physical-activity
Acute Effects of Graduated Elastic Compression Stockings in Patients with Symptomatic Varicose Veins: A Randomised Double Blind Placebo Controlled Trial. Diakses pada 11 Desember 2019. European Journal of Vascular and Endovascular Surgery. https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S1078588417306421.
Ten Home Treatments for Varicose Veins/ Diakses pada 11 Desember 2019. Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/321703.php#ten-home-treatments.
Treatment of patients with venous insufficiency with fresh plant horse chestnut seed extract: A review of 5 clinical studies. Diakses pada 11 Desember 2019. Springer Link. https://link.springer.com/article/10.1007%2FBF02850359.
Which plant for which skin disease? Part 2: Dermatophytes, chronic venous insufficiency, photoprotection, actinic keratoses, vitiligo, hair loss, cosmetic indications. Diakses pada 11 Desember 2019. Journal of the German Society of Dermatology. https://onlinelibrary.wiley.com/doi/full/10.1111/j.1610-0387.2010.07472.x.
Overview – Varicose Veins. Diakses pada 11 Desember 2019. National Health Services. https://www.nhs.uk/conditions/varicose-veins/.

    register-docotr