Puasa

Jangan Mencium Bayi Sembarangan Kala Silaturahmi Lebaran, Ini Bahayanya!

May 16, 2021 | Richaldo Hariandja | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Bayi yang baru lahir memang menggemaskan. Selalu ada dorongan untuk mencubit atau mencium pipinya ketika bertemu. Namun, kebiasaan ini harus dikurangi, karena kamu bisa menimbulkan beberapa penyakit pada bayi tersebut.

Nah, pantangan ini menjadi tantangan tersendiri kala lebaran ini. Jika kamu berkesempatan bersafari ke sanak saudara atau tetangga yang memiliki bayi baru lahir kala lebaran, kebiasaan ini harus kamu kurangi.

Baca juga: Bayi Alergi Detergen? Jangan Panik, Ini Tips Mengatasinya!

Kenapa tidak boleh menyentuh bayi sembarangan?

Bayi merupakan makhluk yang rentan. Mereka bisa tertular berbagai penyakit dari orang tua, pun demikian dari orang asing yang tidak diketahui kesehatannya ataupun kebersihannya.

Dr. Dean Blumberg dari University of California Davis Children’s Hospital menyebut orang tua harus ekstra waspada jika bayi mereka masih berusia beberapa bulan.

“Sistem imun mereka akan bertambah kuat dan matang seiring usia mereka bertambah,” ucap dia. 

Anak-anak, kata dia, rentan terhadap infeksi berat di usia satu bulan. Para bayi secara spesifik bisa terkena infeksi serius di 3 bulan pertama masa kehidupan mereka dengan beberapa gejala yang timbul.

Jenis penyakit yang rentan menyerang bayi

Ada berbagai penyakit yang bisa timbul pada bayi kalau kamu sembarang mencium dan mencubit pipi mereka. Di antaranya adalah:

Herpes simpleks

Kamu bisa menularkan penyakit ini kepada bayi lewat ciuman ke pipi mereka. Penyakit ini disebabkan oleh virus herpes simpleks tipe 1 (HSV 1) dan biasanya akan menimbulkan bintik melepuh kecil di sekitar bibir dan mulut.

Bintik ini juga bisa menyebar ke area wajah lain, seperti hidung, pipi dan dagu. Karena itu, kamu harus menahan diri untuk menyentuh bayi jika memiliki penyakit ini.

Baca juga: Penyakit Herpes

Sakit pernapasan

Bayi bisa terkena sakit pernapasan karena respiratory syncytial virus (RSV). virus ini akan menyebabkan paru-paru bayi infeksi, membuatnya kesulitan bernapas.

Penyakit ini sangat menular. Karena itu agak sulit untuk menahan anak kecil, terutama bayi terinfeksi penyakit ini. Apalagi, virus ini bisa menyebar melalui ciuman ke pipi bayi.

Reaksi Alergi

Alergi makanan tidak hanya berasal dari bahan makanan yang masuk ke tubuh saja. Terkadang, kandungan gluten di dalam lipstik yang kamu pakai bisa menyebabkan reaksi alergi ini timbul pada bayi yang kamu cium.

Selain gluten, bahan-bahan makanan lain yang bisa menjadi alergen pun terkadang tidak kamu sadari bisa menimbulkan reaksi alergi pada bayi.

Risiko kanker 

Produk perawatan wajah atau skincare mengandung zat kimia yang berbahaya bagi bayi, lho! Kamu mungkin tidak sadar, tapi paparan zat kimia pada bayi yang masih sensitif bisa meningkatkan risiko kanker pada mereka.

Penyakit tangan, kaki dan mulut

Penyakit ini biasanya muncul pada usia anak-anak. Gejala yang timbul antara lain luka yang bermunculan di sekitar tubuh dan mulut. Penyakit ini bisa timbul karena kontak fisik langsung, termasuk dari ciuman di pipi.

Jadi bagaimana tata krama bersilahturami saat lebaran?

Supaya kamu tidak berisiko menularkan penyakit pada bayi saat kamu tengah berkunjung di hari raya lebaran ini, ada baiknya kamu ikuti berbagai tips berikut ini:

  • Pastikan tangan kamu bersih: Berbagai penyakit bisa ditularkan lewat sentuhan. Untuk itu, pastikan tangan kamu bersih, baik dengan mencuci tangan ataupun menggunakan hand sanitizer sebelum menyentuh bayi
  • Selalu bawa hand sanitizer: Hand sanitizer bisa membunuh kuman penyebab penyakit di tangan. Memastikan tangan kamu bersih bukan hanya baik untuk bayi saja, tapi juga memastikan diri kamu dan orang-orang sekitar terhindar dari penyakit
  • Jangan sentuh wajah: Jangan tersinggung jika beberapa orang tua melarang anak mereka dicium sembarang di pipi. Untuk itu, jika memang kamu gemas, cobalah menyentuh atau mencium bayi tersebut di kakinya
  • Jangan berkunjung jika sakit: Ada baiknya kamu tidak memaksakan diri keluar rumah atau bersafari ke tetangga dan sanak saudara ketika sedang sakit, apapun jenis penyakit yang kamu alami

Demikianlah berbagai penyakit yang bisa tertular pada bayi karena sentuhan. Selalu praktikkan standar kesehatan yang baik ketika berada di dekat bayi, ya!

Pastikan untuk mengecek kesehatan kamu dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Download di sini untuk berkonsultasi dengan mitra dokter kami.

Reference
register-docotr