Puasa

Agar Tubuh Tetap Sehat saat Rayakan Idul Fitri, Ikuti Tips Ini Yuk!

May 11, 2021 | Arianti Khairina | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Umumnya ketika momen perayaan Idul Fitri hampir semua orang akan mengonsumsi berbagai macam makanan baik asin maupun manis.

Namun lezatnya hidangan saat perayaan Idul Fitri membuat orang lupa untuk tetap menjaga kesehatan tubuh. Agar tidak berdampak buruk, ikuti tips sehat sambut lebaran setelah sebulan berpuasa yuk. 

Tips sehat sambut lebaran

Pastikan makan dalam porsi kecil dan sering

Menelan makanan besar dan berat sekaligus dapat menyebabkan masalah pencernaan. Konsumsi makanan yang pendek dan sering justru lebih baik bagi pencernaan. Alasannya karena cara tersebut akan memudahkan kamu mencerna asupan makanan dan juga merangsang metabolisme tubuh. 

Coba dan pilih makanan yang dimasak dengan metode sehat

Makanan yang digoreng mungkin akan terlihat lebih lezat, tetapi justru menimbulkan banyak dampak buruk bagi tubuh. Gantilah dengan makanan yang telah dipanggang. 

Pastikan mengonsumsi makanan rendah garam

Melansir penjelasan dari laman HealthifyMe, kelebihan garam tidak baik untuk kesehatan tubuh. Jangan pernah menambahkan garam, sebaliknya, pilih bumbu dan rempah-rempah seperti kemangi, peterseli, timi, rosemary, bubuk ketumbar, merica, cabai, dan jus lemon.

Hentikan penggunaan susu kental manis dalam jumlah banyak dan berhati-hatilah dengan gula saat membuat camilan manis.

Jangan konsumsi daging berlebihan 

Perayaan Idul Fitri identik dengan makanan non-vegetarian atau lebih cenderung banyak mengonsumsi daging-dagingan. Daging sulit dicerna dan memiliki banyak kalori, oleh sebab itu coba dan pilih potongan yang lebih ramping dan hindari makan terlalu banyak.

Perbanyak konsumsi buah-buahan & sayuran

Salad sehat yang menyatukan berbagai buah dan sayuran segar bergizi tak hanya lezat tetapi juga sangat mengenyangkan.

Kamu bisa mencoba membuat salad menggunakan selada, tomat, paprika, mentimun, lobak, wortel, dan jagung manis. Gunakan buah-buahan, apel, pir, jeruk, pepaya atau delima untuk menambahkan sedikit rasa manis.

Hindari minuman berkarbonasi dan cicipi teh hijau

Daripada mengonsumsi minuman berkarbonasi, sangat disarankan untuk mengonsumsi teh hijau, atau air kelapa.

Mencuci tangan

Tak ketinggalan untuk menyambut lebaran yang sehat yaitu dengan rajin mencuci tangan. Umumnya tradisi bersalam-salaman adalah simbol saling memaafkan yang ternyata berdampak buruk bagi kesehatan. Cara ini sebaiknya juga dihindari disaat pandemi COVID-19 seperti sekarang. 

Tangan merupakan salah satu bagian tubuh yang merupakan tempat berkumpulnya kuman-kuman. Sebagai upaya pencegahan agar tidak menyebarkan atau mendapatkan kuman, yaitu jangan lupa untuk mencuci tangan sebelum dan setelah selesai makan.

Cuci tangan dengan sabun merupakan salah satu cara yang efektif untuk membersihkan tangan dari kotoran dan membunuh kuman, sehingga tidak menyebabkan berbagai penyakit.

Baca juga: Tetap Lezat saat Disantap, Ini Cara Membuat Ketupat Lebaran Sehat

Olahraga yang cocok dilakukan setelah lebaran 

Joging

Olahraga jenis ini merupakan olahraga yang mudah dilakukan. Kamu juga bisa melakukannya di mana saja dan kapan pun.

Atur jarak tertentu yang bisa kamu tempuh, usahakan tidak terlalu memaksakan diri di awal. Tetapi cobalah untuk membiasakan tubuh dengan olahraga jenis ini.

Lompat tali 

Perlu kamu ketahui bahwa olahraga lompat tali sangat efektif.

Olahraga ini membuat kamu fokus untuk berkoordinasi antara mata dan tangan. Kamu bisa menggunakan banyak gerakan variasi untuk lompat tali.  

Lari

Olahraga lari fungsinya sangat efektif untuk membentuk bagian tubuhmu, mulai dari betis, paha depan hingga perut.

Pada dasarnya semua olahraga memiliki fungsi yang baik bagi tubuh. Cobalah beberapa jenis olahraga agar bisa menentukan mana yang paling cocok dengan kondisi fisik. 

Demi mendapatkan kembali berat badan yang ideal setelah perayaan Idul Fitri pastikan kamu menjadwalkan dan melakukan olahraga dengan rutin, kalori dalam tubuh akan terbakar dengan efektif dan efisien.

Konsultasikan masalah kesehatan kamu dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. Healthifyme.com (2020) diakses pada 10 Mei 2021. 8 tips for a healthy Eid after a month of fasting
  2. Med-mash.ru (2020) diakses pada 10 Mei 2021. Best Sports Choices to Maintain Weight After Eid 
    register-docotr