Puasa

7 Tips Ampuh Perawatan Anti-Aging untuk Tampil Cantik dan Sehat Selama Ramadan!

April 28, 2021 | Dewi Nurfitriyana
feature image

Selama menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan, tentunya kalian memiliki rutinitas dan aktivitas yang cukup padat. Akan tetapi, asupan nutrisi yang dikonsumsi sedikit berkurang dan hal ini harus diperhatikan, khususnya kulitmu.

Jika kamu tidak memerhatikan asupan untuk kulitmu, bisa saja terjadi penuaan dini lho di mana akibatnya muncul garis-garis halus atau kerutan pada wajah yang dapat menghambat penampilanmu dengan maksimal.

Nah, jangan sampai kamu lengah ya dalam perawatan kulit selama Ramadan. ERHA punya 7 tips ampuh perawatan anti-aging untuk tampil cantik dan sehat selama Ramadan. Yuk, simak penjelasannya.

1. Konsumsi Makanan Tinggi Air Saat Sahur dan Berbuka

Secara umum, mengonsumsi makanan yang mengandung banyak air dapat membantu menambah hidrasi dan kelembapan kulit. Kamu bisa memenuhinya baik di saat sahur maupun berbuka.

Trik ini akan sangat membantu memenuhi kekurangan cairan, yang dibutuhkan kulit karena kamu tidak makan dan minum dalam waktu cukup lama. Beberapa jenis buah yang disarankan seperti semangka, pir, hingga strawberi.

Selain itu alpukat juga bermanfaat menjaga kelembapan kulit. Apabila kamu memakannya secara teratur, kamu telah menambahkan lemak sehat ke dalam tubuh yang dapat meningkatkan kelembapan kulit secara alami.

2. Bersihkan Wajah Secara Rutin

Dilansir dari American Academy of Dermatology, waktu yang direkomendasikan untuk membersihkan wajah adalah sebelum dan setelah bangun tidur.

Mencuci wajah setelah bangun tidur dapat menghilangkan kotoran dan bakteri yang menempel ketika terlelap di malam hari. Sedangkan membersihkan wajah sebelum tidur, bertujuan menghapus riasan dan kotoran, seperti kabut asap, kotoran, dan debu yang menempel di kulit pada siang harinya.

Basuh wajah dengan lembut dan gunakan produk pembersih wajah yang ringan sehingga kulit tidak menjadi kasar. Beberapa tips yang bisa kamu terapkan ketika mencuci wajah adalah:

  • Basahi wajah terlebih dahulu dengan air hangat
  • Aplikasikan pembersih dengan lembut dalam gerakan melingkar menggunakan ujung jari
  • Akhiri dengan membilas pembersih sepenuhnya dan tepuk-tepuk wajah secara lembut memakai handuk bersih.

3. Oleskan Pelembab Segera Setelah Mencuci Wajah

Selama menjalani ibadah puasa, sangat mungkin bagi kulit menjadi lebih kasar dan kering. Oleh karena itu, jangan skip dalam menggunakan pelembap. Pelembap di sini membantu melembapkan kulitmu sehingga tetap terjaga kondisi kulitmu.

Pelembap anti-aging diformulasikan khusus yang juga memberikan manfaat menyamarkan garis-garis halus dan kerutan, meregenerasi kulit, meningkatkan pembentukan kolagen, dan tampak cerah dan kencang.

AGE CORRECTOR DAY MOISTURIZER dan AGE CORRECTOR NIGHT MOISTURIZER hadir memberikan kelembapan maksimal bagi kulitmu dari pagi hingga malam hari.

Untuk membantu produk pelembap yang kamu pakai bekerja jauh lebih efektif, kamu bisa menggunakan rangkaian produk ERHA Booster Series yang diformulasi khusus untuk meningkatkan efek serum atau pelembap.

Dapat digunakan tersendiri atau dicampurkan dengan produk perawatan kulit lainnya, berikut beberapa rekomendasi produk ERHA Booster Series yang bisa dipakai untuk menjaga kelembapan kulitmu selama berpuasa di bulan Ramadan:

ERHA Age Corrector Moisture Control

Memiliki fungsi utama mengontrol kelembapan kulit, ERHA Age Corrector Moisture Control terdiri dari kombinasi 2 tipe Pure Hyaluronic Acid (Sodium Hyaluronate & Hyaluronic Acid) dan Pure Polyglutamic Acid (PGA).

Pure Hyaluronic Acid mampu melembapkan kulit dengan mengikat air 1000 kali lebih banyak dari beratnya. Ini membuat ERHA Age Corrector Moisture Control ampuh mempertahankan kadar air dan menjaga elastisitas kulit.

Sementara itu Polyglutamic Acid berasal dari produk fermentasi yang membentuk lapisan di kulit wajah. Ini mampu mengunci kelembapannya, dan mempertahankan Natural Moisturizing Factor di lapisan kulit tersebut.

Pada gilirannya, gabungan antara kedua komponen tersebut akan berfungsi secara aktif meningkatkan hidrasi, mempertahankan kelembapan, menjaga elastisitas kulit, serta memperkuat fungsi barrier kulit.

ERHA Truwhite Active Glow Booster Series

Produk kedua yang bisa dipakai untuk mengoptimalkan efek pelembap yang kamu pakai saat berpuasa adalah ERHA Truwhite Active Glow Booster.

Tidak hanya meningkatkan efek pelembap, produk ini juga mendukung proses pencerahan kulit, dan menyamarkan flek hitam pada wajah secara maksimal.

Dengan kandungan Tranexamic Acid 3%, ERHA Truwhite Active Glow Booster mampu menunjang efek cerah pada kulit dengan menghambat pembentukan pigmen non-melanin, yang berfungsi menyamarkan hiperpigmentasi dan kemerahan pada kulit.

Juga memiliki kandungan Hexyl Resorcinol, yang memiliki efek mencerahkan dengan menghambat pembentukan pigmen gelap pada kulit.

Produk ini sangat aman digunakan, karena selain memiliki sertifikasi produk halal, ERHA Truwhite Active Glow Booster dapat digunakan oleh Ibu hamil, menyusui, dan cocok untuk semua jenis kulit, bahkan kulit sensitif.

ERHA AGE CORRECTOR SKIN RENEW BOOSTER

ERHA AGE CORRECTOR SKIN RENEW BOOSTER merupakan produk yang dirangkai dengan formulasi untuk mendukung proses regenerasi kulit dan menyamarkan tanda-tanda penuaan dini.

Kondisi kulit seperti berutusan, kerutan, garis halus dan kusam bisa menggunakan ERHA AGE CORRECTOR SKIN RENEW BOOSTER.

Kandungan utamanya yaitu backuchiol 1% dan AHA 10% yang efektif sebagai skin anti-aging effect, mengangkat sel kulit mati, anti-inflamasi dan anti-oksidan sehingga wajah tampak lebih bersih dan cerah. Selain itu, sangat aman bagi pemilik kulit sensitif, remaja dan juga ibu hamil dan menyusui.

ERHA merekomendasikan untuk menggunakannya pada malam hari ya! Jika ingin digunakan pada siang hari, wajib menggunakan sunscreen setelah penggunaan ERHA AGE CORRECTOR SKIN RENEW BOOSTER.

ERHA AGE CORRECTOR NIGHT CHARGE BOOSTER

ERHA AGE CORRECTOR NIGHT CHARGE BOOSTER juga difokuskan dalam meremajakan kulit dan menyamarkan garis-garis halus dan kerutan pada kulit.

Memiliki kandungan retinol 1%, phytosqualane dan jojoba oil, vitamin E dan soothing agents yang dapat memaksimalkan kinerja dalam merawat kulit dengan hasil anti-aging effect, namun juga memberikan kelembapan dan nutrisi pada kulit agar terhindar dari iritasi.

ERHA AGE CORRECTOR SKIN RENEW BOOSTER cocok untuk menangani permasalahan kulit pada wajah seperti garis halus, kerutan, kusam, jerawat dan bekas jerawat, serta pori-pori besar.

Dalam penggunaan ERHA AGE CORRECTOR NIGHT CHARGE BOOSTER perlu diperhatikan dengan detail karena dapat menimbulkan kemerahan pada wajah.

ERHA menyarankan untuk penggunanya berusia di atas 25 tahun, bagi pemula hindari penggunaan produk yang disertai dengan vitamin C, AHA, BHA, dan scrub fisik yang dapat menimbulkan iritasi dan digunakan 2-3x seminggu.

Tidak dianjurkan untuk ibu hamil dan meyusui, serta disarankan penggunaannya pada malam hari agar terhindar dari paparan sinar matahari yang dapat memicu kulit menjadi lebih sensitif.

Oleh karena itu, perlu berhati-hati ya, girls dalam menggunakan ERHA AGE CORRECTOR NIGHT CHARGE BOOSTER agar terhindar dari kemerahan atau iritasi pada wajah.

ERHA AGE CORRECTOR ACTIVE DEFENSE

ERHA AGE CORRECTOR ACTIVE DEFENSE memiliki kombinasi Microbiome (Prebiotik) dan 5 tipe Growth Factor berfungsi secara aktif mendukung, mempercepat proses peremajaan kulit, dan menyamarkan tanda penuaan dini.

Microbiome (Prebiotik) merupakan bahan-bahan alami yang menutrisi bagi kulit yang dapat mengurangi kemerahan dan meningkatkan kesehatan kulit.

5 tipe Growth Factor yang berasal dari fermentasi mikroba yang dapat meningkatkan produksi kolagen, meningkatkan elastisitas dan nutrisi pada kulit, dan mempercepat penyembuhan luka sehingga tanda-tanda penuaan tersamarkan.

Selain itu, soothing agent dan moisturizer juga yang ada pada ERHA AGE CORRECTOR ACTIVE DEFENSE berfungsi menenangkan kulit dan menjaga kelembapan kulit.

4. Gunakan Face Mist untuk Kesegaran Wajah

Aktivitas padat sehari-hari dapat membuat wajah tampak kurang segar dan kusam. Untuk menjaga kulit wajah tetap terlihat segar, kamu bisa menggunakan face mist di tengah kepadatan aktivitasmu sehari-hari.

Seperti namanya, ini adalah produk perawatan kulit yang disemprotkan ke wajah dan berfungsi memberikan hidrasi dalam waktu singkat kepada kulit. Beberapa bahkan memiliki manfaat perawatan kulit tambahan, seperti mengontrol minyak berlebih, menenangkan kulit yang stres, dan menangkal radikal bebas.

5. Maskeran Sebelum Tidur

Masker wajah adalah salah satu produk perawatan yang sangat bermanfaat untuk mencegah kulit kering. Kamu perlu memasukannya ke dalam rutinitas perawatan kulitmu, apalagi di tengah ibadah puasa Ramadan seperti sekarang.

COLLAGEN MASK direkomendasikan sebagai sheet mask yang dapat mendorong perawatan kulit yang dapat mencegah penuaan dini, mencerahkan dan juga melembapkan wajah.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan antara lain pilihlah masker yang dirancang khusus untuk menambah kelembapan kulit. Setelah itu, usahakan menggunakan masker setelah mandi daripada sebelum mandi.

Hal ini dikarenakan mandi berfungsi membuka pori-pori kulit, sehingga mereka lebih mampu menyerap kandungan di dalam masker agar bekerja jauh lebih efektif.

6. Lengkapi dengan Pakai Serum

Penggunaan serum yang rutin juga membantu kulitmu tetap terjaga dan terhindar dari penuaan dini, lho.

Serum dalam rangkaian skincare anti-aging dapat mendorong melawan muncul tanda-tanda penuaan dan meningkatkan elastis kulit, serta melembapkan dan mencerahkan wajah. AGE CORRECTOR SERUM bisa menjadi pilihan serum sebagai perawatan anti-aging yang maksimal.

Formula di dalam serum umumnya dikemas dengan konsentrasi bahan aktif yang lebih tinggi dibandingkan dengan krim pelembab biasa. Hal tersebut akan mengikat kelembapan dengan lebih kuat dan tahan lama.

7. Jangan Skip Sunscreen!

Agar perlindungan kulit dari ancaman dehidrasi semakin optimal. Jangan lupa mengoleskan tabir surya setiap hari sebelum kamu pergi ke luar ruangan.

Ya, ternyata produk yang satu ini tak hanya bisa mencegah kanker kulit, lho, tapi juga bisa membantu menjaga kelembapannya. Tipsnya adalah cari tabir surya yang menawarkan perlindungan dengan spektrum luas.

Biasanya dicirikan dengan SPF 30 atau lebih tinggi yang dapat melindungi kulitmu secara penuh.

Jadi tunggu apa lagi? Rajin dalam perawatan anti-aging agar kulitmu selalu tampil cantik dan sehat selama Ramadan sehingga tampilanmu selalu maksimal. Selamat mencoba! Dapatkan rangkaian produk ERHA untuk menjaga kulitmu tetap sehat selama berpuasa di sini.

Reference
  1. American Academy of Dermatology Association, 10 SKIN CARE SECRETS FOR HEALTHIER-LOOKING SKIN, diakses 12 April 2021
  2. American Academy of Dermatology Association, DERMATOLOGISTS’ TOP TIPS FOR RELIEVING DRY SKIN, diakses 12 April 2021
  3. The Skin Institute, How to Keep your Skin Hydrated diakses 12 April 2021
  4. Healthline, 8 Home Remedies for Dry Skin diakses 12 April 2021
  5. Mayo Clinic, Dry Skin, diakses pada 12 April 2021 diakses 12 April 2021
  6. Stives, FACE MISTS AND WHY ADD IT TO YOUR SKINCARE ROUTINE diakses  12 April 2021
  7. Byrdie, If Your Skin Is Like the Sahara, These 11 Serums Will Hydrate It Fast diakses 12 April 2021
    register-docotr