Kesehatan Pria

Yakin Tidak Mau Berhenti? Ini Dampak Merokok bagi Kesuburan Pria!

June 3, 2021 | Richaldo Hariandja | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Banyak masalah kesehatan yang ditimbulkan rokok. Salah satunya adalah masalah reproduksi yang bisa terjadi pada pria maupun wanita. 

Pada pria, masalah reproduksi yang terlihat adalah gangguan pada sperma dan semen. Bermasalahnya cairan yang keluar saat ejakulasi ini membuat kesehatan kesuburan pria jadi terganggu.

Baca juga: Penting untuk Reproduksi Pria, Ketahui Fungsi Kelenjar Prostat!

Merokok dan kesehatan reproduksi pria

Sebuah penelitian dalam jurnal European Urology mempublikasikan efek merokok dan kesehatan kesuburan. Kajian ini dilakukan terhadap 20 penelitian yang melibatkan 5.000 pria di seluruh Eropa.

Kajian tersebut menyebut bagaimana merokok berkaitan dengan penurunan jumlah sperma, penurunan kemampuan gerakan sperma dan buruknya bentuk sperma.

Yang jadi catatan penting, efek negatif merokok terhadap kesehatan sperma sangat terlihat pada mereka yang kurang subur dan golongan perokok sedang hingga berat, dibandingkan pada perokok yang ringan.

Kaitan antara merokok dan kualitas sperma

Penelitian di atas menggarisbawahi bagaimana kualitas sperma menurun karena rokok. Tapi, bagaimana rokok bisa menyebabkan penurunan jumlah sperma, kemampuan sperma bergerak, bentuk sperma hingga kerusakan DNA sperma? Berikut ini penjelasannya:

Jumlah sperma

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam The World Journal of Men’s Health menyebut jumlah sperma pada perokok menurun hingga 23 persen. 

Penurunan jumlah sperma ini jelas merugikan. National Health Service (NHS) di Britania Raya menyebut jumlah sperma yang sedikit akan membuat pria kesulitan untuk melakukan pembuahan secara natural.

Masalah jumlah sperma yang sedikit ini merupakan masalah umum. Sekitar 1 dari 3 pasangan yang kesulitan mendapatkan momongan mendapati akar masalah mereka di jumlah sperma yang sedikit ini.

Baca juga: Waspadai Penyebab Jumlah Sperma Rendah yang Bisa Ganggu Kesuburan Pria

DNA sperma

Penelitian dalam jurnal Andrology menyebutkan bahwa sperma perokok mengalami peningkatan fragmentasi DNA. Kerusakan DNA ini dapat berujung pada masalah fertilisasi, perkembangan embrio, implantasi embrio dan peningkatan risiko keguguran, lho!

Peneliti dari University of the Saarland, Jerman, Mohammad Eid Hammadeh, PhD, melakukan penelitian serupa. Ia berkesimpulan jika pria perokok mengalami masalah infertilitas dibanding yang tidak merokok.

Pada dasarnya, sel sperma membawa dua protein yang disebut protamine 1 dan protamine 2. Protein ini secara alami berada dalam keseimbangan dan hubungan satu sama lain yang tepat.

Tapi, sperma perokok menurut Hammadeh membawa terlalu sedikit protamine 2. Kondisi ini yang membuat sperma rentan terhadap kerusakan DNA.

“Alfabet DNA dari sperma ini memiliki satu atau dua huruf yang hilang. Kondisi ini tidak bisa diperbaiki,” kata dia. 

Morfologi sperma

Morfologi atau bentuk sperma bisa bermasalah pada perokok. Bentuk sperma yang tidak sehat pada perokok ini juga bisa menyebabkan masalah infertilitas.

Pada dasarnya bentuk sperma yang tidak normal memengaruhi kemampuannya bergerak mencari sel telur ketika kamu ejakulasi di dalam vagina pasangan. 

Dalam hal ini, kepala sperma merupakan bagian penting untuk menembus lapisan luar sel telur dan melakukan pembuahan. Tapi, pada perokok yang mengalami kelainan bentuk sperma, misalnya bentuknya lebih kecil, dapat membuat proses pembuahan sulit terjadi.

Kajian dalam The World Journal of Men’s Health menyebut perokok mengalami 41,4 persen penurunan bentuk sperma.

Kemampuan bergerak sperma

Kemampuan bergerak atau berenang sperma juga bisa dipengaruhi oleh faktor luar tubuh, seperti merokok. Sebuah penelitian dalam The World Journal of Men’s Health membandingkan kemampuan bergerak sperma ini pada perokok dan bukan perokok.

Hasilnya, terdapat penurunan 36,4 persen kemampuan bergerak sperma pada perokok. Hal ini bisa berujung pada masalah fertilitas, mengingat kemampuan bergerak ini, bersama dengan jumlah, dan bentuk sperma sebagai faktor pendukung keberhasilan pembuahan.

Ada beberapa jenis masalah pada kemampuan bergerak sperma ini, di antaranya adalah:

  • Kemampuan bergerak yang lambat
  • Kemampuan bergerak yang tidak progresif atau kurang dari 5 mikrometer per detik
  • Tidak ada pergerakan sperma

Demikianlah berbagai bahaya rokok bagi kesehatan reproduksi pria. Selalu terapkan gaya hidup yang sehat supaya kamu terhindar dari masalah fertilitas, ya!

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Download di sini untuk berkonsultasi dengan mitra dokter kami.

register-docotr