Kesehatan Pria

Pria Wajib Tahu! Ini Penyebab Penis Gatal yang Bikin Tak Percaya Diri

July 7, 2020 | Richaldo Hariandja | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Ada beragam penyebab penis gatal yang bisa menimpa pria. Gatal ini bisa berlangsung dengan atau tanpa gejala lain seperti inflamasi, bentol atau bernanah.

Penis gatal, baik dikarenakan penyakit menular atau bukan, berisiko mengganggu aktivitas sehari-hari. Gatal juga dapat terjadi di seluruh permukaan penis atau bisa di satu bagian tertentu, seperti di batang atau di ujung penis.

Faktor-faktor penyebab penis gatal

Dikumpulkan dari berbagai sumber, inilah penyebab penis gatal yang mesti kamu ketahui:

Infeksi candidiasis

Infeksi ini disebabkan oleh jamur Candida, terutama Candida albicans. Biasanya penyakit ini menyerang wanita, tapi pria pun bisa terkena, lho.

Saat penyakit ini menyerang, maka penis dapat meradang dan menjadi gatal di bagian kepala. Pada beberapa kejadian, ruam dengan noda dan cairan putih kental dapat ditemukan di kulit gatal-gatal ini terjadi.

Kutil kelamin

Penyakit ini sangat menular dan menyebabkan daging tumbuh di wilayah kelamin atau anal. Penyakit ini termasuk satu dari sekian banyak penyakit menular seksual yang sering terjadi.

Kutil kelamin ini juga menjadi salah satu penyebab penis gatal. Kutil yang tumbuh di batang atau kepala penis ini terkadang juga menyebabkan perdarahan.

Penyakit scabies

Scabies dapat terjadi ketika kutu masuk ke permukaan kulit. Kutu yang menyebabkan penyakit ini adalah sarcoptes scabiei.

Scabies bisa terjadi di bagian tubuh manapun, termasuk di penis, dan menyebabkan gatal. Scabies yang muncul di bagian penis akan tampak seperti benjolan kecil di bagian batang.

Dermatitis kontak

Dermatitis kontak terjadi saat kulit melakukan kontak dengan sesuatu yang membuatnya mengalami reaksi alergi. Saat terjadi di penis, kemungkinan karena disebabkan oleh penggunaan kondom berbahan lateks. 

Kondisi ini dapat menyebabkan gatal dan bentol pada penis.

Herpes genital

Penyakit herpes genital atau herpes kelamin ini merupakan penyakit menular seksual yang umum terjadi dan dapat menyebabkan rasa sakit di area kelamin. 

Beberapa orang mengalami penyakit ini tanpa gejala apapun. Nah, pada mereka yang bergejala umumnya akan mengalami rasa gatal, termasuk di penis.

Penyakit eksim

Eksim adalah penyakit yang dapat menyebabkan kulit kering, radang dan gatal. Eksim juga bisa terjadi di penis, khususnya di bagian batang.

Penyakit balanitis

Balanitis adalah inflamasi yang terjadi di kepala penis yang disebabkan oleh infeksi atau penyebab lainnya. Balanitis bisa menghadirkan rasa sakit yang sangat tidak nyaman, tapi biasanya bukan masalah serius.

Balanitis bisa menjadi salah satu penyebab penis gatal. Gejala lain dari penyakit ini adalah bau busuk yang muncul dari penis, bengkak dan nyeri pada saat buang air kecil.

Lichen planus dan psoriasis

Lichen planus adalah kondisi inflamasi yang memengaruhi rambut, kuku dan kulit, termasuk kulit penis. Kondisi ini dapat menyebabkan gatal, bentol dengan ujung datar.

Sementara psoriasis adalah salah satu kondisi kulit kronis yang dapat menyerang penis. Sel kulit akan berkembang dengan cepat dalam kondisi ini, menyebabkan terakumulasinya sel kulit di permukaan kulit.

Psoriasis dapat menjadi penyebab penis gatal dan kulit tampak bersisik serta berwarna merah.

Rambut yang tumbuh terbalik

Tumbuhnya rambut yang terbalik bisa menjadi penyebab penis gatal. Kondisi pertumbuhan ini biasanya terjadi pada area bulu kemaluan di pangkal atau batang dari penis.

Pertumbuhan rambut ini terjadi ketika ujung dari rambut berbelok dan tumbuh berbalik ke arah kulit, atau tumbuh ke folikel rambut itu sendiri. Ketika ini terjadi, kamu akan merasakan gatal dan bentol berwarna merah.

Demikian ulasan tentang beberapa faktor penyebab penis gatal. Jika gatalnya tak kunjung hilang dan justru semakin parah, segera cek ke dokter, ya!

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. Medicalnewstoday.com (2020) diakses 02 Juli 2020. https://www.medicalnewstoday.com/articles/itchy-penis
  2. Healthline.com (2018) diakses 02 Juli 2020. https://www.healthline.com/health/penis-itches
  3. Medicalnewstoday.com (2018) diakses 02 Juli 2020. https://www.medicalnewstoday.com/articles/323934
  4. Medicalnewstoday.com (2017) diakses 02 Juli 2020. https://www.medicalnewstoday.com/articles/184715
  5. Medicalnewstoday.com (2017) diakses 02 Juli 2020. https://www.medicalnewstoday.com/articles/155236
  6. Medicalnewstoday.com (2017) diakses 02 Juli 2020. https://www.medicalnewstoday.com/articles/16961
  7. Medicalnewstoday.com (2018) diakses 02 Juli 2020. https://www.medicalnewstoday.com/articles/246615
  8. Healthline.com (2019) diakses 02 Juli 2020. https://www.healthline.com/health/mens-health/ingrown-hair-on-penile-shaft
    register-docotr