Kesehatan Pria

Penis Gampang Ereksi Apakah Normal? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya!

December 7, 2020 | Nik Nik Fadlah | dr. Raja Friska Yulanda
no-image

Ereksi adalah kondisi di mana penis mengeras yang terjadi ketika jaringan seperti spons di dalam penis terisi dengan darah. Ereksi dapat disebabkan oleh rangsangan seksual. Namun, dalam beberapa kasus ereksi dapat terjadi secara tiba-tiba. Lantas, apakah normal jika penis gampang ereksi?

Ereksi biasanya terjadi ketika seorang pria terangsang secara seksual. Namun, jika ereksi terjadi tanpa adanya rangsangan seksual, ini disebut sebagai ereksi spontan (random erection). Ereksi spontan lebih mungkin terjadi pada remaja, tetapi kondisi ini juga dapat terjadi pada pria dewasa.

Ereksi yang terjadi secara tiba-tiba pada tempat dan waktu yang salah tentu saja dapat membuat pria panik atau bahkan malu. Agar kamu lebih memahami mengenai kondisi ini, simak ulasannya di bawah ini.

Baca juga: Waspadai Ereksi Tanpa Orgasme Bisa Akibatkan Blue Balls, Bagaimana Mengatasinya?

Penyebab ereksi

Melansir dari Medical News Today, ereksi seringkali terjadi ketika pria terangsang secara seksual. Otak mengirimkan sinyal, memperlebar arteri yang terhubung ke penis, ini memungkinkan ada lebih banyak darah masuk.

Pembuluh darah yang biasanya membawa darah-darah tersebut kembali ke seluruh tubuh kemudian menyusut. Ini dapat menyebabkan penis membesar dan kaku, yang membentuk ereksi. Ereksi bisa hilang dengan sendirinya atau dengan ejakulasi.

Lalu, apa penyebab penis gampang ereksi tanpa adanya rangsangan seksual?

Ereksi yang terjadi tanpa adanya rangsangan seksual dapat disebabkan oleh beberapa hal, salah satunya adalah Nocturnal Penile Tumescence (NPT) atau yang juga disebut dengan morning wood. NPT dapat menyebabkan seorang pria bangun tidur dengan penis yang sedang ereksi.

Ereksi spontan ini, seringkali terjadi ketika seorang pria memasuki tahap tidur rapid eye movement (REM). Tahap tidur REM ini ditandai ketika kita mengalami mimpi. Selama tahap ini, hormon dilepaskan. Penis dapat dirangsang akibat hormon yang dilepaskan tersebut.

NPT lebih sering terjadi pada pria yang lebih muda, meskipun demikian pria dewasa juga bisa mengalaminya. Saat pria mencapai usia 40-50 tahun, kadar testoteron alami mulai turun. Ketika ini terjadi, episode NPT juga bisa berkurang.

Kadar hormon yang befluktuasi kapan saja, terutama testosteron juga dapat menyebabkan ereksi spontan.

Apakah penis gampang ereksi adalah hal yang normal?

Penis gampang ereksi atau ereksi spontan adalah hal yang normal, terlebih lagi jika terjadi saat bangun tidur. Fluktuasi hormon testosteron bertanggung jawab akan hal tersebut. Perlu diketahui bahwa, bangun tidur dengan ereksi spontan adalah hal yang umum terjadi.

Rata-rata, pria mengalami 3 hingga 5 ereksi saat tidur, yang dapat berlangsung selama 25-35 menit.

Akan tetapi, jika kamu melihat banyak perubahan dalam frekuensi atau kemampuan ereksi, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter, ya. Sebab, hal ini bisa menjadi tanda dari disfungsi ereksi (DE) atau masalah medis lainnya yang mendasari.

Tak hanya itu, kamu juga harus mengunjungi dokter jika kamu mengalami nyeri pada penis selama, sebelum, atau sesudah ereksi, terlebih lagi jika ereksi berlangsung lebih lama.

Baca juga: Penyebab Penis Gagal Ereksi, Kesehatan Mental Juga Berpengaruh Lho!

Tips menangani penis gampang ereksi

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengontrol ereksi spontan, terlebih lagi jika terjadi di tempat dan waktu yang tidak tepat. Nah, berikut ini adalah tips untuk menangani penis gampang ereksi.

  • Pikirkanlah tentang hal lain: Hindarilah memikirkan sesuatu yang dapat membangkitkan gairah, sebaiknya, cobalah untuk fokus terhadap hal lain, misalnya, saja mengenai pekerjaan atau acara olahraga yang akan datang. Mengalihkan pikiranmu dapat membuat ereksi berlalu lebih cepat.
  • Hindari merangsang ereksi lebih jauh: Stimulasi lebih lanjut dapat menyebabkan ereksi lebih lama terjadi
  • Menutupi area selangkangan: Kamu dapat menutupi area selangkangan dengan menggunakan tas, jaket, buku, atau benda lainnya
  • Mengubah posisi saat duduk atau berdiri: Pada beberapa kasus, pakaian, cara kamu bergerak atau duduk dapat menstimulasi penis dan menyebabkan ereksi. Mengubah posisi saat duduk atau berdiri dapat membantu untuk menyembunyikan ereksi
  • Bersikap tenang: Ereksi yang datang secara tiba-tiba memang dapat membuatmu panik. Namun, bagi sebagian pria menunggu ereksi hilang dengan sendirinya dengan tetap tenang merupakan solusi yang paling sederhana.

Nah, itulah beberapa informasi mengenai penis gampang ereksi. Jika kamu khawatir mengenai kondisi ini, sebaiknya konsultasikanlah dengan dokter, ya.

Kamu juga bisa berkonsultasi dengan dokter melalui Aplikasi Good Doctor. Dokter terpercaya kami siap membantumu dengan layanan 24/7. Jangan ragu untuk berkonsultasi ya!

Reference

Kids Health (2017). Diakses pada 24 November 2020. Is It Normal to Get Erections? 

Healthline (2017). Diakses pada 24 November 2020. Are Random Erections Normal? 

Healthline (2017). Diakses pada 24 November 2020. 5 Ways to Stop an Erection

Medical News Today (2018). Diakses pada 24 November 2020. Are random erections normal? 

Webmd (2020). Diakses pada 24 November 2020. Teen Guys and Questions About Erections 

    Berita Terkait
    register-docotr