Kesehatan Pria

Mengenal Berbagai Metode Sunat Modern: dari Laser hingga Clamp

July 28, 2020 | Fitri Chaeroni
no-image

Sunat merupakan tindakan medis pengangkatan kulup, yang merupakan kulit penutup ujung penis. Dengan kemajuan teknologi, kini ada berbagai metode sunat modern yang bisa jadi alternatif.

Prosedur sunat bisa dilakukan pada bayi baru lahir, anak-anak, remaja, dan bahkan orang dewasa sekalipun.

Untuk mengenal berbagai jenis metode sunat modern yang ada sekarang, mari simak ulasan berikut ini.

Manfaat sunat bagi kesehatan

Dari segi medis dan bagi masyarakat umum, sunat sebenarnya punya banyak manfaat, lho. Melansir Healthline, berikut beberapa manfaat sunat:

  • Mengurangi risiko infeksi saluran kemih pada masa bayi
  • Kemungkinan mengurangi risiko kanker penis, meskipun kanker ini jarang terjadi
  • Mengurangi risiko penyakit menular seksual, termasuk penularan HIV dari perempuan ke laki-laki
  • Dapat mengurangi risiko kanker serviks dan beberapa infeksi pada pasangan wanita
  • Mencegah balanitis, balanopostitis, parafimosis, dan fimosis
  • Membuatnya lebih mudah untuk menjaga kebersihan alat kelamin

Baca Juga : Apakah Ukuran Penis Kamu Normal? Yuk, Kenali Bentuk dan Teksturnya

Bagaimana metode sunat dilakukan?

Selama penyunatan pada bayi baru lahir, anak akan berbaring telentang dengan tangan dan kakinya diamankan. Anestesi diberikan melalui suntikan atau krim untuk membuat mati rasa pada penis.

Ada beberapa teknik untuk melakukan sunat. Pilihan teknik mana yang digunakan tergantung pada preferensi dan pengalaman dokter.

Berbagai pilihan metode sunat modern

Inovasi metode sunat modern semakin berkembang, utamanya untuk mengurangi rasa sakit selama operasi dan mempercepat proses penyembuhan.

Jenis utamanya ada dua, yakni penggunaan clamp atau penjepit dan laser. Berikut ulasannya:

1. Metode sunat modern dengan Gomco Clamp

Alat khusus yang disebut probe digunakan untuk memisahkan kulit kulup dari kepala penis. Selanjutnya alat berbentuk lonceng dipasang di atas kepala penis dan di bawah kulup.

Kulit kemudian ditarik ke atas hingga melewati bel, lalu sebuah penjepit dikencangkan di sekitarnya untuk mengurangi aliran darah ke daerah tersebut. Pisau bedah digunakan untuk memotong dan menghilangkan kulup.

2. Plastibell Clamp

Prosedur ini dilakukan dengan alat berbentuk lonceng bernama plastibell. Alat ini ditempatkan di bawah kulup dan di atas kepala penis. Benang jahitan lalu diikat langsung di sekitar kulup untuk memotong suplai darah ke kulup.

Pisau bedah kemudian digunakan untuk memotong kulit kulup ekstra. Cincin plastik tetap digunakan, sekitar 6 hingga 12 hari kemudian ia akan jatuh sendiri.

Metode ini biasanya digunakan untuk bayi dan juga anak-anak usia 12 tahun. Salah satu keuntungannya adalah kamu tidak perlu perban setelah operasi.

3. Metode sunat modern dengan SmartKlamp

SmartKlamp terdiri dari tabung dalam yang terpisah dengan bagian penguncian luar dan lengan pengunci di bagian samping. 

Setelah klem terpasang, kulup berlebih dilepas menggunakan tabung bagian dalam dengan pelat bagian dasar sebagai panduan. Dengan alat ini bagian kelenjar dan frenulum terlindungi.

4. Shang ring

Ini adalah penemuan terbaru asal Tiongkok. Shang ring terdiri dari dua cincin konsentris yang saling pas menempel di antara kulit khatan.

Alat ini dikatakan sebagai alat sekali pakai yang efektif digunakan untuk program sunat massal dalam pencegahan HIV. Prosedur ini mudah dipelajari tanpa memerlukan keahlian khusus. 

Sayangnya, alat ini juga punya kelemahan. Kelemahan utamnya adalah tidak adanya pelindung untuk perlindungan kelenjar, sehingga meningkatkan risiko amputasi kelenjar.

5. Metode sunat modern dengan laser

Sunat laser berbeda dari metode sunat tradisional, yang menggunakan gunting medis atau pisau bedah. Prosedur sunat laser adalah prosedur invasif minimal tanpa perdarahan, yang membuat penyembuhan lebih cepat dan lebih mudah.

Dalam sunat laser, sebuah alat dengan laser akan memotong kulit khatan. Oleh karena itu, pasien biasanya tidak mengalami perdarahan atau rasa sakit selama prosedur. 

Prosedur ini berjalan kurang lebih 20 menit dan dilakukan di bawah efek anestesi lokal, umum, atau spinal. 

Nah, apapun metode sunat yang dipilih, pastikan untuk melakukan konsultasi dulu dengan dokter, ya. Pilihlah yang paling sesuai dengan kebutuhan dan riwayat medis anak. Pertimbangkan juga pengalaman dan kualitas fasilitas kesehatan tempat sunat tersebut.

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Jaga kesehatan Anda dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference

Healthline. Diakses pada 24 Juli 2020. Circumcision

Kids Health. Diakses pada 24 Juli 2020. Surgeries and Procedures: Circumcision

Journal of Surgical Technique & Case Report. Diakses pada 24 Juli 2020. Techniques of Male Circumcision

Pristyn Care. Diakses pada 24 Juli 2020. Laser Circumcision- Procedure and Advantages

 

    Berita Terkait
    register-docotr