Kesehatan Pria

Buah Mengkudu: Tingkatkan Kesehatan Pria dan Bermanfaat bagi Perokok

January 12, 2021 | Richaldo Hariandja | dr. Raja Friska Yulanda
no-image

Di balik rasanya yang pahit serta baunya yang kurang sedap, buah mengkudu memiliki banyak manfaat, lho! Salah satunya adalah untuk kesehatan pria dan perokok.

Mengkudu sendiri merupakan buah dari tanaman Morinda citrifolia. Situs kesehatan Healthline menyebut buah mengkudu banyak tumbuh Asia Tenggara, terutama di Polinesia.

Kandungan nutrisi mengkudu

Mengkudu banyak disajikan dalam bentuk jus. Sayangnya, banyak produk yang mencampurkan buah mengkudu dengan buah lain sehingga sulit menentukan kandungan asli mengkudu.

Mengutip Scientific Committee of European Commission Health & Consumer Protection Directorate-General, berikut adalah kandungan nutrisi dari Tahitian Noni Juice, dengan 89 persen mengkudu dan 11 persen konsentrat anggur dan blueberry:

Dalam 100 ml Tahitian Noni Juice terdapat:

  • 47 kalori
  • 11 gram karbohidrat
  • Kurang dari 1 gram protein
  • Kurang dari 1 gram lemak
  • 8 gram gula
  • Vitamin C yang setara 33 persen AKG
  • Biotin yang setara 17 persen AKG
  • Folat yang setara 6 persen AKG
  • Magnesium yang setara 4 persen AKG
  • Potasium yang setara 3 persen AKG
  • Kalsium yang setara 3 persen AKG
  • Vitamin E yang setara 3 persen AKG

Manfaat mengkudu bagi pria dan perokok

Buah mengkudu memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan. Sebuah penelitian dalam jurnal Acta Pharmacol Sinica menyebut kalau sudah lebih dari 200 tahun buah ini digunakan untuk pengobatan tradisional oleh orang-orang polinesia.

Mengkudu kerap dipakai untuk mengatasi masalah kesehatan seperti konstipasi, infeksi, nyeri hingga arthritis.

Berikut adalah beberapa manfaat mengkudu bagi kesehatan pria dan perokok:

Meningkatkan ketahanan saat berolahraga

Pada umumnya, setiap orang akan mengalami penurunan kemampuan fisik seiring usia bertambah, tidak terkecuali pada pria. 

Mengutip Harvard Health Publishing, di usia 30, pria akan mulai mengalami pengurangan kemampuan jantung dalam memompa darah. Selain itu, di usia ini pria akan mulai mengalami pertambahan berat badan.

Oleh karena itu, salah satu cara untuk menyeimbangkan perubahan fisik ini diperlukan olahraga. Olahraga memang tidak akan mengembalikan masa muda, tapi dapat menjadi satu stimulan bagus untuk vitalitas pria.

Beruntungnya, buah mengkudu ini memiliki manfaat positif jika kamu minum saat berolahraga.

Apa kata penelitian?

Beberapa penelitian mendukung temuan di atas. Seperti yang diterbitkan dalam Journal of Medicinal Plants Research yang memberikan 100 ml jus mengkudu dua kali sehari pada pelari selama 3 minggu. 

Hasilnya, para pelari merasakan 21 persen peningkatan ketahanan waktu saat berolahraga. Mereka jadi lebih susah lelah setelah meminum jus mengkudu ini.

Penelitian lainnya yang mendukung temuan ini diterbitkan dalam jurnal Foods. Para peneliti menyebut buah mengkudu dapat melawan kelelahan dan meningkatkan ketahanan para penikmatnya.

Ketahanan yang diberikan oleh buah mengkudu ini diduga disebabkan oleh antioksidan yang kaya. Sehingga dapat mengurangi kerusakan jaringan otot yang biasanya terjadi saat berolahraga.

Mengurangi kerusakan sel karena rokok

Buah mengkudu pun dapat mengurangi kerusakan sel akibat asap rokok. Paparan tinggi terhadap asap rokok dapat meningkatkan radikal bebas pada setiap orang. Puncaknya, terjadi kerusakan sel dan stres oksidatif.

Dalam sebuah kajian yang diterbitkan dalam Chemistry Central Journal, disebutkan jika terjadi pengurangan komponen radikal bebas pada perokok berat yang diberikan 118 ml jus mengkudu setiap harinya selama 1 bulan.

Selain radikal bebas, beberapa zat kimia dari asap rokok pun bisa terikat di sel tubuh yang menyebabkan pertumbuhan tumor hingga berujung pada kanker. Buah mengkudu, bisa mengurangi kadar zat kimia penyebab kanker ini.

Hal ini sebagaimana ditemukan dalam penelitian tahun 2013. Para peneliti menyebut meminum 118 ml jus mengkudu selama 1 bulan dapat menurunkan level zat kimia penyebab kanker pada para perokok hingga 45 persen.

Demikianlah berbagai manfaat mengkudu bagi pria dan perokok. Selalu jaga kesehatanmu dengan konsumsi sayur dan buah, ya!

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Download di sini untuk berkonsultasi dengan mitra dokter kami.

Reference
  1. Healthline, diakses 12 Januari 2021. Noni Juice: Nutrition, Benefits, and Safety
  2. Harvard Health Publishing, diakses 12 Januari 2021. Exercise and aging: Can you walk away from Father Time – Harvard Health
  3. Academic Journals, diakses 12 Januari 2021. Morinda citrifolia L. (noni) improves athlete endurance: Its mechanisms of action
  4. National Library of Medicine, diakses 12 Januari 2021. The Potential Health Benefits of Noni Juice: A Review of Human Intervention Studies
  5. National Library of Medicine, diakses 12 Januari 2021. Antioxidant activity of noni juice in heavy smokers 
  6. National Library of Medicine, diakses 12 Januari 2021. Noni juice reduces lipid peroxidation-derived DNA adducts in heavy smokers 
  7. National Library of Medicine, diakses 12 Januari 2021. Morinda citrifolia (Noni): a literature review and recent advances in Noni research
  8. European Commission, diakses 12 Januari 2021. Opinion of the Scientific Committee on Food on Tahitian Noni Juice
    Berita Terkait
    register-docotr