Olahraga

Viral Olahraga Pakai Rompi Pemberat , Apa Manfaatnya untuk Tubuh?

May 29, 2022 | Arianti Khairina | dr. Ario W. Pamungkas
feature image

Berolahraga secara rutin memang menjadi salah satu kebiasaan yang baik dilakukan. Namun, ada sebagian orang yang memodifikasi olahraga tersebut dengan menggunakan rompi pemberat atau weighted vest. Namun, apa itu sebenarnya weighted vest dan manfaatnya bagi kesehatan tubuh?

Apa itu weighted vest

Rompi pemberat atau weighted vest adalah beban yang dapat digunakan selama berolahraga  untuk meningkatkan kekuatan otot dan membantu latihan kardio. Tingkat berat pada rompi ini sendiri biasanya bervariasi.

Sebagian besar rompi pemberat juga dapat menampung alat tambahan untuk menambah bobot. Semakin banyak beban yang kamu gunakan, tentu akan semakin banyak hambatan yang dihadapi.

Alat-alat ini berguna untuk latihan berat badan, plyometrics, dan pelatihan kardiovaskular. Beberapa atlet bahkan menggunakan rompi pemberat dalam pelatihan khusus saat olahraga untuk kegiatan seperti bola basket dan tenis. Namun, sebelum menambah berat badan, penting untuk memahami manfaatnya terlebih dahulu. 

Manfaat weighted vest

Weighted vest bisa digunakan saat berolahraga, untuk meningkatkan kekuatan pada otot. Adanya beban tambahan ini membantu membakar kalori dan menumbuhkan otot. Selain itu, berikut beberapa manfaat lain menggunakan weighted vest

1. Manfaat kardiovaskular

Pelatihan dengan menggunakan rompi pemberat ini dapat meningkatkan ambang laktat darah untuk pelari. Di mana mereka dapat mentoleransi kecepatan tertentu untuk periode waktu yang lebih lama sebelum timbul rasa lelah. 

Beban yang digunakan setara dengan 5–40 persen dari berat badan mereka sendiri. Bobot yang lebih tinggi digunakan untuk meningkatkan kinerja sprint, sedangkan bobot yang lebih rendah sebesar 10 persen dari berat badan digunakan untuk jarak yang lebih jauh.

Penjelasan lebih sederhananya, saat kamu  berlari dengan beban ekstra dari rompi, tubuh  beradaptasi dan belajar untuk membawanya hingga dapat meningkatkan kebugaran secara keseluruhan. Jadi, pada saat melepas rompi kamu akan kehilangan bobot tersebut, tubuh pun bisa berlari lebih efisien untuk jarak yang lebih jauh.

2. Manfaat untuk kekuatan

Berolahraga dengan menggunakan rompi pemberat juga dapat membantu kamu meningkatkan kekuatan otot. Manfaat rompi pemberat untuk meningkatkan kekuatan otot bisa dilakukan selama bench press dan push-up.

Selain itu, dengan menambahkan beban pada latihan gerakan eksplosif seperti power clean juga dapat membantu meningkatkan kekuatan otot. 

Manfaat rompi pemberat saat berolahraga ini tidak hanya terlihat dampaknya bagi orang-orang usia muda saja, tetapi juga untuk orang tua.

Weighted vest ini telah direkomendasikan sebagai perangkat pelatihan bagi mereka yang menderita osteopenia untuk membantu meningkatkan kepadatan mineral tulang dan mengurangi risiko patah tulang. 

3. Manfaat untuk massa tubuh

Satu penelitian menunjukkan bahwa penggunaan rompi pemberat saat berolahraga ini dapat membantu menjaga metabolisme lemak tubuh. Namun, perlu dicatat bahwa ini adalah uji klinis yang sangat kecil, dan penelitian lebih lanjut diperlukan untuk memperkuat klaim ini.

Tips menggunakan weighted vest 

Berikut adalah beberapa tips terbaik untuk membantu kamu memaksimalkan penggunaan weighted vest

1. Gunakan untuk kardio

Rompi pemberat atau weighted vest adalah tambahan yang sempurna untuk rutinitas latihan saat berjalan atau berlari. Kamu juga dapat menggunakan rompi ini untuk latihan bersepeda.

2. Gunakan untuk latihan kekuatan otot

Rompi pemberat dapat juga digunakan untuk melatih kekuatan otot. Kamu boleh menggunakannya saat push-up, lunge, plank, pull-up, squat, atau lompat tali. Selain itu, kamu juga bisa mengenakan rompi pemberat selama latihan beban.

3. Gunakan dengan beban secukupnya 

Perlu diingat bahwa kelebihan beban dengan weighted vest dapat meningkatkan risiko cedera, terutama jika kamu baru menggunakan rompi ini. Rompi yang lebih berat juga dapat membuat tubuh lebih cepat lelah dan dapat menyebabkan bentuk tulang yang tidak rapi. Jadi, mulailah dengan rompi yang beratnya sekitar 5 persen dari berat badan tubuh saja. 

Cara menggunakan weighted vest dengan aman

Weighted vest umumnya aman bila digunakan dengan benar. Ingatlah cara aman menggunakan weighted vest di bawah ini:

  • Pastikan ukuran rompinya cocok dengan tubuhmu. Rompi yang longgar dapat mengacaukan keseimbangan hingga sebabkan cedera. 
  • Lakukan secara perlahan di awal latihan. Kamu dapat meningkatkan beban yang lebih berat saat membangun stamina dan daya tahan tubuh. 
  • Sebaiknya bicarakan dengan dokter sebelum menggunakan rompi pemberat jika kamu baru pulih dari cedera atau memiliki kondisi yang memengaruhi kepadatan tulang.
  • Sangat tidak disarankan untuk mengenakan rompi pemberat jika menderita sakit lutut atau punggung. Hal tersebut bisa memberi tekanan ekstra pada otot dan persendian.

Baca juga: Seru Tren Olahraga Lompat Tali alias Jumping Rope, Apa Saja Manfaat dan Bagaimana Triknya?

Konsultasi lengkap seputar COVID-19 di Klinik Lawan COVID-19 dengan mitra dokter kami. Yuk, klik link ini untuk download aplikasi Good Doctor!

Sudah punya asuransi kesehatan dari perusahaan tempatmu bekerja? Ayo, manfaatkan layanannya dengan menghubungkan benefit asuransi milikmu ke aplikasi Good Doctor! Klik link ini, ya.

Reference
  1. Protips.dickssportinggoods.com (2021) diakses pada 28 Januari 2022. The Benefits of Weighted Vests and Body Weights
  2. Healthline.com (2021) diakses pada 28 Januari 2022. Your Guide to Exercising with Weighted Vests
  3. Healthshots.com (2021) diakses pada 28 Januari 2022. Amp up your workout gear with a weighted vest! Here’s how you can use it
  4. Livestrong.com (2022) diakses pada 28 Januari 2022. What Happens When You Wear a Weight Vest?
  5. Greatist.com (2021) diakses pada 28 Januari 2022. Simply the Vest: 5 Weighted Vest Benefits for All Fitness Styles
    register-docotr