Olahraga

Sedang Tren, Kenali 5 Hal Penting ini Soal Olahraga Sepatu Roda

April 29, 2021 | Dewi Nurfitriyana | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Tak bisa dipungkiri, salah satu dampak positif dari adanya pandemi adalah orang jadi lebih giat berolahraga. Salah satunya dengan bermain sepatu roda.

Jenis olahraga ini kembali hadir menyapa di tengah giatnya upaya setiap orang meningkatkan kekebalan tubuhnya. Hal ini sangat wajar, karena selain menyehatkan, bermain sepatu roda juga sangat menyenangkan. Yuk, kenali fakta-fakta menarik soal olahraga ini.

Baca juga: Moms Wajib Tahu! Ini Jenis Olahraga Bela Diri yang Aman untuk Anak

Mengenal jenis-jenis sepatu roda

Sebelum kamu memulai bermain sepatu roda, ada baiknya kenali terlebih dahulu beberapa jenis sepatu roda di bawah ini:

1. Inline skate

Inline skate biasanya memiliki serangkaian roda ganda yang sejajar satu sama lain. Semua roda tersebut terletak di tengah bingkai di bawah sepatu bot.

Inline skate sangat cocok untuk ice skating dan inline skating yang agresif. Modelnya juga terhitung ramah pemula, karena memiliki rem yang terletak di bagian belakang.

Namun, fitur tersebut tidak terdapat pada model profesional tingkat lanjut.

2. Quad roller

Quad roller atau sepatu roda empat memiliki dua roda di depan dan dua di belakang. Ini menawarkan basis dan trek yang lebih luas, serta keseimbangan berat yang merata. Formasi ini memang membuat quad roller lebih stabil dan disukai oleh para amatir.

Desain quad roller diciptakan untuk mengurangi tekanan pada pergelangan kaki. Sehingga kamu dapat dengan cepat mengubah arah tanpa banyak basa-basi. Namun, ini mungkin tidak mudah saat kamu mencoba menambah kecepatan.

3. Mounting type

Sepatu roda yang satu ini digunakan untuk aktivitas roda olahraga yang intens. Biasanya roller skate tipe mounting memiliki banyak kesamaan yang sama dengan sepatu seluncur.

Bedanya ini punya lebih banyak bantalan untuk membantu membangun perlindungan terhadap benturan.

Sepatu roda ini juga memiliki tali Velcro yang berfungsi sebagai bonus untuk sebagian besar tali sepatu tradisional. Hal ini membantu untuk memastikan kesesuaian dan penguncian yang sempurna.

Kapan sebaiknya si Kecil belajar roller skate?

Jika anak-anak tertarik bermain sepatu roda, dan memiliki keseimbangan yang baik. Maka mereka mungkin siap untuk mencoba roller skate.

Namun, jika yang terjadi justru sebaliknya, sebaiknya tunggu beberapa saat sebelum mendorongnya memainkan olahraga ini.

Dilihat dari sisi usia, bagi kebanyakan anak, usia empat atau lima tahun adalah waktu terbaik untuk belajar sepatu roda. Tapi ingat, setiap anak di bawah delapan tahun tetap wajib diawasi oleh orang dewasa saat bermain roller skate agar terhindar dari cedera.

Jenis sepatu roda apa yang dianjurkan untuk pemula?

Dilansir dari Wired, ada dua pilihan utama sepatu roda untuk pemula. Pertama sepatu roda inline yang menawarkan dukungan pergelangan kaki dan kecepatan yang lebih baik. Kedua sepatu roda quad yang lebih baik untuk stabilitas secara keseluruhan.

Inline skate umumnya lebih mudah dipelajari oleh pemula, tetapi quad skate sangat dapat disesuaikan dan lebih baik untuk gerakan artistik seperti mondar-mandir atau berputar.

Manfaat olahraga sepatu roda bagi tubuh

Dilansir dari Word of Health, berikut empat manfaat sepatu roda untuk mencapai tujuan kebugaran tubuhmu:

1. Keseimbangan dan koordinasi

Sepatu roda meningkatkan keseimbangan, dengan menggunakan otot punggung bawah dan perut untuk berguling ke depan maupun ke belakang.

2. Membuat jantung sehat

Menurut The American Heart Association, bermain sepatu roda dalam intensitas sedang akan meningkatkan detak jantung rata-rata pemainnya sebanyak 140-160 detak per menit.

3. Melatih kekuatan

Dari segi manfaat kesehatan, sepatu roda setara dengan jogging dengan cara mengurangi lemak tubuh dan perkembangan kekuatan kaki.

Bermain sepatu roda juga dapat membantu mengembangkan kekuatan dan membangun otot kaki dan bokong, saat kamu menyeimbangkan tubuh selama melakukan gerakan.

4. Membakar kalori

Menurut Roller Skating Association International, bermain sepatu roda dapat membuat tubuh bekerja pada setiap otot dan membakar 350 hingga 600 kalori per jam.

Tips aman bersepatu roda

Bermain sepatu roda adalah jenis olahraga yang baik dan menyenangkan untuk setiap anggota keluarga. Namun agar tetap aman, pastikan untuk selalu mengenakan perlengkapan keselamatan setiap kali bermain sepatu roda.

Ini meliputi helm yang berukuran pas dan dipasang tali dagu dengan sempurna, bantalan lutut, bantalan siku, sampai pelindung pergelangan tangan.

Semuanya berfungsi membantu mencegah goresan dan juga melindungi tulang jika terjatuh.

Jangan lupa untuk mengecek kondisi sepatu roda yang akan dipakai. Baik anak-anak maupun orang dewasa harus merasa nyaman saat memakainya dan memastikan pergelangan kaki telah terlindungi dengan baik.

Punya pertanyaan lebih lanjut seputar perkembangan anak? Silakan chat langsung dengan dokter kami untuk konsultasi. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Word of Health diakses pada 29 April 2021

Kids Health diakses pada 29 April 2021

Jump on wheels diakses pada 29 April 2021

Scooterlay diakses pada 29 April 2021

Chester Skate Land diakses pada 29 April 2021

Wired diakses pada 29 April 2021

    register-docotr