Olahraga

Sedang Digandrungi, Ini Manfaat Olahraga Golf untuk Kesehatan!

April 14, 2021 | Richaldo Hariandja | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Olahraga golf kini sedang digandrungi. Tidak lagi identik dengan kalangan orang tua atau pun pekerja, saat ini olahraga golf mulai banyak dilirik oleh milenial

Sama seperti cabang olahraga lain, golf juga memiliki banyak manfaat kesehatan. Apa saja, ya?

Baca juga: Lagi Mager? Ini 6 Jenis Olahraga di Kasur yang Bisa Kamu Lakukan!

Apa saja manfaat olahraga golf?

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Scandinavian Journal of Medicine & Science in Sports menyebut olahraga golf sebagai salah satu resep panjang umur. Para peneliti menyebut orang yang bermain golf 40 persen lebih panjang umur.

Dikutip dari Healthline, sebuah penelitian yang dipresentasikan dalam American Stroke Association International Stroke Conference juga menyebutkan bahwa pemain golf memiliki rasio penyakit kardiovaskular yang lebih rendah.

Hasil ini didapat ketika dibandingkan dengan kelompok lain yang tidak rutin melakukan olahraga golf.

Setidaknya, dalam 10 tahun masa penelitian ditemukan hanya 8,1 persen dari 384 orang yang berolahraga golf yang mengalami stroke. Sedangkan untuk serangan jantung, hanya terdapat 9,8 persen.

Mengapa bermain golf bermanfaat bagi kesehatan?

Salah satu alasan utama golf bisa memberikan manfaat kesehatan bukan berasal dari gerakan mengayunkan stiknya, melainkan karena banyak berjalan kaki yang kamu lakukan ketika memainkan olahraga ini.

Sebuah artikel dalam laman Harvard Health Publishing menyebut rata-rata jarak tempuh dalam satu kali permainan golf bisa mencapai 6,5 km, lho! Jadi jika kamu bermain golf 18 lubang selama 3-5 kali per pekan, manfaatnya akan sangat kamu rasakan.

Selain itu, saat bermain golf pun kamu akan banyak berjalan kaki bersama dengan lawan tanding. Menghabiskan waktu berjalan sambil berbincang ini juga dapat membantu kamu melepas stres dan penat.

Menjadikan golf sebagai aktivitas fisik

Menurut Dr. Adnan Qureshi, direktur eksekutif Zeenat Qureshi Stroke Institutes dalam laman Healthline, olahraga ini menjadi salah satu alternatif bagi lansia yang selama ini minim jam olahraga.

“Berjalan dan joging ringan mungkin bisa jadi satu alternatif olahraga, tapi golf menawarkan suasana yang kompetitif,” ungkap Qureshi.

Selain itu, beraktivitas di lapangan golf meminimalkan paparan polutan, yang juga bermanfaat bagi kesehatan.

Olahraga golf pun tergolong aman bagi lansia. Dengan demikian, aktivitas fisik ini juga akan membuat lansia bisa mencegah pengeroposan tulang dan meningkatkan kekuatan otot yang kerap melemah karena faktor usia.

Bagaimana cara bermain golf bagi pemula?

Cara terbaik untuk mulai olahraga golf adalah mengambil kelas khusus untuk mempelajari teknik dan gerakan dasar sebelum kamu memukul bola golf.

Pada tahap awal, berlatihlah di lapangan khusus latihan, jangan langsung menuju lapangan golf.

Langkah alternatif lain, kamu bisa belajar lewat kelompok dan teman yang sudah berpengalaman. Langkah ini akan menyenangkan dan menghilangkan stres karena termasuk bersosialisasi dan melakukan aktivitas bersama orang lain.

Tips mencegah cedera saat bermain golf

Jika dibandingkan dengan cabang olahraga lain, golf termasuk yang tingkat risiko cederanya rendah. Meskipun demikian, kamu tidak boleh gegabah dan sembarangan, karena peluang cedera tetap ada.

Cedera yang umum terjadi biasanya di sekitar punggung bagian bawah, pergelangan tangan, siku, kepala dan mata.

Penyebabnya beragam, mulai dari terlalu memaksakan diri, teknik yang salah, salah pukul hingga penggunaan tenaga berlebih.

Berikut ini adalah beberapa kiat untuk mencegah cedera karena bermain golf:

  • Jangan lupa pemanasan sebelum bermain
  • Berlatih teknik dengan baik
  • Menjaga jarak dengan stik golf agar terhindar dari ayunannya
  • Gunakan peralatan yang aman seperti sepatu, kaus kaki, sarung tangan dan pakaian

Demikianlah berbagai penjelasan tentang golf dan manfaat yang ditawarkan olahraga ini. Jangan malas untuk berolahraga, ya!

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Download di sini untuk berkonsultasi dengan mitra dokter kami.

Reference
  1. Healthline, diakses 13 April 2021. Golf Can Help Improve Your Health
  2. National Library of Medicine, diakses 13 April 2021. Golf: a game of life and death–reduced mortality in Swedish golf players
  3. Kompascom, diakses 13 April 2021. Setelah Sepeda, Kini Golf Jadi Olahraga Pilihan Kaum Urban Halaman all – Kompas.com
  4. Harvard Health Publishing, diakses 13 April 2021. Golfing can be good for you if done correctly – Harvard Health
  5. Golf.com, diakses 13 April 2021. Golf 101: Dos and don’ts for beginners – Golf.com
  6. BetterHealth Australia, diakses 13 April 2021. Golf – health benefits
    register-docotr