Olahraga

Mengenal Sky-High Yoga yang Dilakukan di Atap Gedung Pencakar Langit

June 20, 2021 | Fitri Chaeroni | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Tahukah kamu kalau setiap tanggal 21 Juni diperingati sebagai Hari Yoga Internasional? Dalam peringatan di tengah pandemi ini, Persatuan Bangsa Bangsa (PBB) mengusung tema “Yoga for Wellbeing” atau Yoga untuk Kesehatan. Pasalnya, di tengah pandemi Covid-19 seseorang rentan mengalami gangguan kesehatan mental, seperti depresi dan kecemasan.

Di mana biasanya kamu melakukan yoga? Kebanyakan orang melakukan yoga di pusat kebugaran, studio khusus yoga, atau di taman yang dikelilingi pepohonan. Tapi pernahkah terbayang bagaimana rasanya jika kita melakukan yoga di atap gedung yang memiliki lebih dari 100 lantai? Terdengar menyeramkan sekaligus memacu adrenalin, bukan?

Melakukan yoga di puncak gedung pencakar langit atau sky-high yoga sepertinya akan menjadi tren baru. Sebuah pusat kebugaran asal New York baru-baru ini membuka kelas yoga yang tak biasa yakni di atap gedung tinggi. Apa bedanya sih dengan yoga biasa? Simak ulasannya, yuk!

Mengenal sky-high yoga

Melakukan yoga di rooftop atau atap gedung maupun atap rumah sebenarnya bukanlah hal baru. Tapi bagaimana dengan melakukan yoga di atap gedung pencakar langit?

Pada awal Mei lalu sebuah pusat kebugaran yang bertempat di New York membuka sebuah kelas yoga unik. Kelas yoga yang dimulai pada pagi hari ini dilakukan di atap gedung The Edge yang memiliki lebih dari 100 lantai.

Gedung ini memiliki ketinggian 1.100 feet atau sekitar 335 meter. Di atap gedung ini peserta kelas dapat melihat kota New York dengan pemandangan 360 derajat. Sebagai pengamanan, setiap sisi atap gedung ini ditutup dengan dinding kaca.

Sebenarnya fasilitas ini sudah dibuka sejak Maret 2020, namun karena pandemi COVID-19, kelas baru dibuka kembali pada Mei 2021. Tertarik untuk mencobanya? Kelas yoga ini dibuka seminggu sekali dengan biaya sebesar 50 Dollar AS atau sekitar Rp725.000.

Kelebihan melakukan sky-high yoga

Sumber Foto : New York Post

Bagi kamu yang masih ragu untuk melakukan sky-high yoga, berikut beberapa hal yang mungkin akan membuat kamu berubah pikiran.

1. Memberi pengalaman baru

Melakukan yoga di atap gedung pencakar langit pastinya akan memberikan pengalaman baru. Apalagi dengan pemandangan luar biasa yang dapat kamu lihat dari atas ketinggian.

Melansir Yovada Life, penelitian telah menunjukkan pasien dengan pandangan yang baik di rumah sakit memiliki waktu pemulihan yang lebih baik daripada pasien yang tidak.

Gabungan antara pemandangan dengan kekuatan penyembuhan dan yoga, akan membuat kamu bisa mulai berevolusi dengan cepat.

Selain itu, mengingat bahwa banyak orang menghabiskan banyak waktu menatap layar kurang dari satu meter di depan mereka, ada baiknya untuk melatih penglihatan dan membiarkan mata menjelajah.

2. Menatap langit secara langsung

Guru yoga di kelas sering memberi isyarat kepada siswa untuk, “mengulurkan tangan ke bumi,” atau “mengalihkan pandangan ke langit,” saat berlatih di studio dalam ruangan.

Nah dengan berlatih yoga di atap gedung, kamu bisa benar-benar  “mengalihkan pandangan ke langit,” yang nyata.

Kamu dapat melihat awan bergerak tertiup angin, atau pemandangan burung-burung meluncur di udara. Apalagi saat pagi hari, kamu bisa melihat pemandangan sun rise yang mengagumkan.

3. Lebih banyak vitamin D

Vitamin D akan bisa kamu dapatkan saat berada di bawah paparan sinar matahari pagi. Tentunya ini sangat penting terutama di tengah pandemi.

Melakukan yoga di atap gedung utamanya di pagi hari dapat memberikan kamu lebih banyak vitamin D. Jadi selain sehat bagi fisik, kamu juga dapat asupan vitamin untuk kesehatan yang lebih baik.

Tips aman melakukan sky-high yoga

Nah mulai tertarik untuk melakukan sky-high yoga? Saat ini memang belum banyak pusat kebugaran yang membuka kelas semacam ini.

Jadi ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan jika ingin melakukannya:

  • Pastikan kamu melakukan yoga dengan instruktur profesional
  • Pilih tempat yoga dengan fasilitas keamanan yang terjamin
  • Pastikan kamu tidak memiliki phobia akan ketinggian
  • Jangan melakukan yoga saat kamu merasa sakit atau tidak enak badan
  • Karena dilakukan di luar ruangan, pastikan kamu menggunakan sunscreen sebelum berkegiatan

Selain itu, karena masih pandemi sebaiknya kamu selalu mematuhi protokol kesehatan mulai dari sebelum berangkat, selama latihan, dan setelah aktivitas yoga berakhir.

Punya pertanyaan lebih lanjut seputar kesehatan? Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

New York Edge. Diakses pada 19 Juni 2021. SKY-HIGH YOGA

Travel Leisure. Diakses pada 19 Juni 2021. You Can Do Yoga Outdoors on the Highest Observation Deck in the Western Hemisphere

New York Post. Diakses pada 19 Juni 2021. Most terrifying workout ever? Hudson Yards’ Edge yoga offers elevated outdoor class

Yovada Life. Diakses pada 19 Juni 2021. 3 Best Places To Do Yoga Outside Of The Studio

Do You. Diakses pada 19 Juni 2021. 5 More Reasons to Take Your Yoga Practice Outdoors

    register-docotr