Olahraga

Manfaat Senam Zumba: dari Bikin Awet Muda hingga Bisa Turunkan Berat Badan

June 2, 2020 | Felicia Elfriestha | dr. Debby Deriyanthi
no-image

Jika kamu ingin olahraga yang menyenangkan dan dinamis, wajib coba senam zumba. Gerakannya yang energik dapat membakar lemak dan menyehatkan tubuh kamu lho. Tidak hanya itu saja, ternyata banyak manfaat senam zumba lho, simak ulasannya yuk!

Apa itu senam zumba?

Banyak manfaat senam zumba yang bisa kamu dapatkan. Senam ini merupakan salah satu olahraga yang cukup populer hingga saat ini. Senam yang satu ini merupakan olahraga yang menyenangkan karena memadukan antara gerakan aerobik dengan tarian.

Pada awalnya senam zumba diciptakan oleh seorang instruktur aerobik yang bernama Alberto Perez saat lupa membawa musik yang biasa digunakan. Kemudian ia menggunakan lagu lain yang bergenre latin, salsa, meringue, rumba, hingga reggaeton.

Lalu Alberto membuat gerakan-gerakan dengan menggunakan musik tersebut. Setelah itu, orang-orang yang mengikuti kelas senamnya sangat tertarik dan menyukai gerakan tersebut. Mulai saat itu, Alberto mematenkan senam ini.

Hingga sekarang, senam yang satu ini menjadi olahraga yang ngetren di seluruh dunia. Tidak hanya melatih tubuh tetap enerjik, ternyata zumba memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan.

Manfaat senam zumba untuk kesehatan

Pada dasarnya senam ini sama seperti gerakan tubuh olahraga aerobik lainnya yang menggerakkan sebagian besar otot tubuh. Berikut manfaat senam zumba yang bisa kamu dapatkan, antara lain:

Menurunkan berat badan

Bagi kamu yang ingin menurunkan berat badan, kamu harus mencoba senam yang satu ini. Biasanya jumlah kalori yang terbakar dalam satu kali latihan senam ini berbeda-beda pada setiap orang.

Olahraga yang satu ini dapat membakar sebanyak 500-800 kalori hanya dalam 1 jam saja lho.

Membentuk tubuh menjadi lebih ideal

Zumba dapat membentuk tubuh kamu menjadi lebih ideal dikarenakan senam ini memadukan berbagai gerakan mulai dari salsa, samba, hip-hop, cha-cha hingga tari perut.

Hal ini akan mempengaruhi pembentukan otot-otot dan menguatkan sendi, sehingga tubuh menjadi lebih ideal.

Menghilangkan stres

Olahraga yang satu ini sebagai salah satu cara untuk menghilangkan stres pikiran kamu lho. Hal ini sangat efektif untuk mengurangi kelelahan, meningkatkan konsentrasi, dan meningkatkan fungsi kognitif secara keseluruhan.

Meningkatkan kesehatan jantung

Senam ini juga dapat meningkatkan detak jantung sehingga menjadi lebih sehat dan bugar. Tidak hanya itu saja, ternyata dapat membantu mempertahankan sistem pernapasan kardiovaskular yang baik. 

Membuat rasa bahagia

Hal ini dikarenakan ketika kita sedang melakukan senam ini, tubuh kamu akan melepaskan hormon endorfin yang dapat menimbulkan perasaan positif ke seluruh tubuh.

Selain itu, hal tersebut didukung karena saat melakukan gerakan zumba kamu diharuskan untuk banyak tersenyum.

Menjaga agar tetap awet muda

Manfaat lain yang didapatkan dari senam ini adalah mempertahankan kamu agar tetap awet muda. Gerakan-gerakan lincah yang dilakukan dalam senam ini akan membuat otot yang ada dalam tubuh menjadi lebih kencang.

Selain itu, musik yang mengiringi senam ini sangat menyenangkan dan membuat kamu bahagia, sehingga kamu terhindar dari penuaan dini.

Melatih sosialisasi dengan mendapatkan teman baru

Senam ini merupakan olahraga yang dilakukan secara berkelompok. Biasanya ketika kamu melakukannya bersama dengan orang lain, kamu akan lebih aktif dan termotivasi untuk bersosialisasi dengan teman-teman baru.

Hal yang harus dipersiapkan sebelum memulai zumba

Bagi kamu yang ini mencoba senam yang satu ini, kamu harus memperhatikan beberapa hal ini, seperti:

  • Pertama, kamu harus memastikan bahwa kamu tidak memiliki penyakit yang serius. Jangan sampai senam ini malah membuat kamu sakit di kemudian hari.
  • Kemudian kamu juga harus mengenakan pakaian dan sepatu yang nyaman. Usahakan menggunakan pakaian yang mudah menyerap keringat dan tidak terlalu ketat ataupun terlalu longgar. 
  • Kamu juga harus mengawalinya dengan pemanasan terlebih dahulu. Jangan sampai saat kamu sedang senam kamu mengalami cidera atau kram otot. Pemanasan ini dilakukan sebagai gerakan pembuka supaya badan kamu lebih lemas. 

Jaga kesehatan Anda dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference
  1. piedmont.org diakses 29 Mei 2020. 7 health benefits of Zumba. 29 Mei 2020 pukul 13.45.
  2. healthline.com (2018) diakses 29 Mei 2020. The Surprising Health Benefits of Zumba. 29 Mei 2020 pukul 14.30. 
    Berita Terkait
    register-docotr