Olahraga

Perlukah Makan Sebelum Olahraga? Yuk Simak Penjelasan Berikut

October 31, 2020 | Ajeng Dwiri Banyu | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Makan sebelum olahraga biasanya dilakukan oleh orang yang memiliki kondisi kesehatan tertentu. Olahraga dengan perut kosong tidak akan menyebabkan masalah serius, namun tidak direkomendasikan pada seseorang yang memiliki masalah gula darah.

Idealnya, perut harus diisi dengan bahan bakar sebelum berkeringat karena nutrisi dalam makanan dapat membantu tubuh pulih dan beradaptasi. Nah, untuk mengetahui apakah boleh makanan sebelum olahraga yuk simak penjelasan berikut.

Baca juga: Perlukah Lansia Mengonsumsi Susu? Berapa Takaran Maksimal?

Apakah aman makan sebelum olahraga?

Dilansir dari Self.com, tidak cukup makan sebelum berolahraga bisa membuat kamu pusing, mual, atau lesu. Hal inilah yang justru bisa membuat kamu lebih cenderung melukai diri sendiri ketika berolahraga. 

Cara terbaik untuk menghindari kesalahan saat berolahraga adalah mengatur waktu makan dengan benar. Waktu ideal untuk makan adalah antara 30 menit hingga tiga jam sebelum mulai berolahraga.

Berikut adalah perbedaan manfaat makan sebelum olahraga tidak makan sebelum olahraga:

Makan sebelum olahraga bisa meningkatkan kinerja

Analisis tentang latihan fisik yang berlangsung lebih dari satu jam menemukan bahwa 54 persen peserta memiliki kinerja lebih baik setelah mengonsumsi makanan.

Sebagian besar penelitian menunjukkan manfaat makan sebelum olahraga dapat meningkatkan kinerja, terutama jika terdiri dari karbohidrat.

Mengonsumsi makanan dengan kandungan karbohidrat sangat dianjurkan karena lebih lambat dicerna sehingga bermanfaat bagi performa jangka panjang.

Penelitian tersebut menunjukkan adanya manfaat makanan tinggi karbohidrat yang bisa didapatkan, terutama jika dikonsumsi tiga hingga 4 jam sebelum berolahraga.

Tidak makan sebelum olahraga jarang memengaruhi kinerja

Salah satu alasan mengapa manfaat makan sebelum olahraga tidak terlihat mungkin karena simpanan energi dalam tubuh itu sendiri. Semua energi yang tersimpan itu memungkinkan kamu untuk berolahraga meski belum makan selama berjam-jam.

Perlu diketahui, tidak makan sebelum olahraga biasanya jarang menyebabkan masalah jangka panjang. Namun, pastikan jika melakukan latihan fisik dengan durasi yang pendek agar tidak terjadi kesalahan selama berolahraga.

Perlukah makan setelah berolahraga?

Jika kamu tidak makan sebelum berolahraga, maka segera konsumsi beberapa makanan sesudahnya. Meski pentingnya makan sebelum melakukan olahraga dapat bervariasi berdasarkan situasi, namun makan setelah berolahraga juga bermanfaat.

Penelitian menunjukkan bahwa beberapa nutrisi, terutama protein dan karbohidrat dapat membantu tubuh pulih dan cepat beradaptasi setelah lelah berolahraga. Karena itu, ketika sudah setelah berolahraga maka kamu bisa langsung makan atau menunggu beberapa jam terlebih dahulu.

Tidak ada perbedaan dalam pemulihan simpanan karbohidrat pada orang yang segera makan setelah berolahraga atau menunggu beberapa jam. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi protein segera setelah berolahraga dapat membantu pertumbuhan otot.

Hal yang perlu dipersiapkan sebelum berolahraga

Sebelum mulai berolahraga, hal penting yang harus diperhatikan adalah membuat tubuh tetap terhidrasi dengan baik. Salah satu cara untuk menentukan status hidrasi tubuh secara keseluruhan adalah dengan memeriksa warna urin di pagi hari.

Menurut Academy of Nutrition and Dietetics, urin yang berwarna limun merupakan tanda hidrasi yang tepat sedangkan urin berwarna gelap menunjukkan defisit H2O. Untuk itu, pastikan tubuh mendapatkan cukup konsumsi air putih untuk menghindari dehidrasi.

Selain minum cukup air, kamu juga perlu memilih camilan pra olahraga dengan kandungan karbohidrat. Saat memakannya, karbohidrat ini akan terurai menjadi glukosa yang kemudian memasuki sel otot dan memberi bahan bakar untuk berolahraga dengan kapasitas maksimal.

Otot dapat menyimpan glukosa dalam bentuk glikogen dan menjadikannya cadangan energi saat berolahraga. Jika kamu kekurangan glukosa selama latihan, mungkin akan menyebabkan mudah lelah.

Terdapat beberapa karbohidrat yang bisa dikonsumsi sebelum olahraga untuk mendapatkan cukup energi. Camilan dengan karbohidrat tersebut, di antaranya granola bar, buah, oatmeal, kue beras, ataupun roti panggang.

Baca juga: Rutin Berolahraga Ampuh Turunkan Risiko Terkena 6 Penyakit Ini Lho

Jaga kesehatan Anda dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference
  1. Webmd (2014), diakses 21 Oktober 2020. What Should I Eat Before Exercising?
  2. Healthline (2018), diakses 21 Oktober 2020. Should You Eat Before or After Working Out?
  3. Self.com (2017), diakses 21 Oktober 2020. What to Eat Before and After a Workout, According to a Registered Dietitian
    register-docotr