Olahraga

Benarkah Menggoyangkan Perut Secara Rutin, Ampuh Hilangkan Lemak?

June 10, 2021 | Arianti Khairina | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Baru-baru ini diketahui adanya konten latihan perut yang disebut dapat membuat pinggang lebih ramping dan juga menghilangkan lemak. Namun apakah hal itu sebenarnya efektif dan aman untuk dilakukan secara rutin? Simak penjelasannya yuk. 

Apakah latihan menggoyangkan perut efektif hilangkan lemak?

Diketahui bahwa saat ini sosial media sedang ramai memperbincangkan latihan perut yang dilakukan dengan cara menyentak dada dan pinggul ke depan, kemudian ke belakang menggunakan ritme yang sangat cepat, sambil memutar. 

Latihan ini disebut semacam tarian yang bertujuan untuk menargetkan otot-otot perut dan berjanji untuk mengurangi lemak perut serta membentuk pinggang yang lebih ramping.

Kemudian dilansir dari laman Insider, para ahli memperingatkan bahwa latihan goyang perut tersebut tidak akan memberimu perut yang six-pack. Sebaliknya, itu akan berdampak negatif pada tubuh dan kesehatan mental.

Dalam video yang beredar disebutkan bahwa gerakan ini akan membuat lemak di perut menghilang, tetapi itu adalah mitos. Untuk menghilangkan lemak dari tengah, kamu harus berada dalam defisit kalori yang akan mengakibatkan hilangnya lemak dari seluruh tubuh.

Penelitian tentang menghilangkan lemak 

Menurut Insider, sebuah penelitian baru-baru ini menemukan bahwa diet lebih penting daripada olahraga dalam menjaga berat badan yang sehat, hal itu adalah komponen terbesar ketika kamu ingin menghilangkan lemak.

Berapapun banyak olahraga yang kamu lakukan, jika nutrisi tidak diperhatikan, misalkan tidak makan dalam defisit kalori yang sudah ditentukan, tentu saja lemak pada tubuh tidak akan hilang. 

Melakukan suatu gerakan latihan untuk memberi estetika tertentu tidak sehat, jika kamu mengabaikan beberapa hal seperti asupan nutrisi, tidur, air minum, dan semua faktor lain untuk menjaga kesehatan tubuh. 

Bagi banyak orang, perut adalah area yang membandel dan seringkali menjadi salah satu bagian tubuh terakhir yang membuang lemak saat menurunkan berat badan, tetapi diet adalah satu-satunya cara untuk melakukannya.

Baca juga: 6 Tips Membakar Lemak tanpa Olahraga, Yuk Dicoba!

Ada banyak cara yang lebih efektif untuk menghilangkan lemak perut 

Seperti yang dilansir dari laman Insider, gerakan yang menyenangkan dan bebas rasa sakit, umumnya tidak terlalu efektif.

Bahkan jika tujuannya adalah menghilangkan lemak, kamu harus benar-benar melatih kekuatan tubuh. Tujuan dari latihan kekuatan tubuh ini ketika berdiet adalah untuk mempertahankan, atau menambah massa otot sehingga kamu tidak kehilangan otot bersama dengan lemak.

Penggunaan waktu yang lebih efektif untuk menghilangkan lemak pada bagian perut adalah melakukan gerakan seperti:  

Zumba

Latihan zumba adalah latihan intensitas tinggi. Gerakan ini membantu dalam meningkatkan kebugaran kardiovaskular, menurunkan kolesterol dan menurunkan kadar gula darah serta menghilangkan lemak perut dengan cepat.

Aerobik

Jika ingin menghilangkan lemak perut tanpa pergi ke gym, kamu dapat melakukan beberapa latihan aerobik intensitas tinggi. Latihan-latihan ini efektif, sederhana, menyenangkan, dan bagus untuk membakar jumlah kalori maksimum.

Crunch

Latihan paling efektif untuk membakar lemak perut adalah crunch. Crunch menempati urutan teratas ketika kita berbicara tentang latihan pembakaran lemak.

Kamu bisa mulai dengan cara berbaring telentang dengan lutut ditekuk dan kaki di lantai. Angkat tangan, lalu letakkan di belakang kepala. Kamu juga bisa menyilangkannya di dada.

Terus periksa pola pernapasan. Latihan ini juga akan membantu membentuk perut sekaligus menghilangkan lemak perut.

Berjalan

Latihan kardio yang sangat sederhana yang membantu kamu menghilangkan lemak perut dan tetap bugar adalah berjalan. Melakukan olahraga berjalan disertai dengan diet seimbang dapat menurunkan berat badan hingga menghilangkan lemak perut. 

Jalan cepat bahkan selama tiga puluh menit di udara segar dapat membantu mengurangi lemak di sekitar perut. Selain itu, cara ini juga memiliki efek positif pada metabolisme dan detak jantung. 

Bahkan berlari bermanfaat untuk pembakaran lemak. Terlebih lagi, kamu tidak memerlukan peralatan apapun untuk latihan ini. Olahraga ini juga dapat membantu menghilangkan lemak dari area tubuh lainnya.

Itulah beberapa latihan yang lebih aman dilakukan untuk menghilangkan lemak perut.

Perlu kamu perhatikan juga bahwa tren kebugaran online, bisa berbahaya karena mereka menetapkan standar kesehatan dan kecantikan fisik yang tidak realistis, seringkali tanpa memberikan latar belakang atau informasi teknik, yang dapat menyebabkan cedera.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

register-docotr