Olahraga

Benarkah Antigravity Yoga Bisa Atasi Sakit Punggung? Ini Faktanya!

December 12, 2020 | Richaldo Hariandja | dr. Debby Deriyanthi
no-image

Yoga antigravitasi atau aerial yoga merupakan salah satu cara baru yang disebut bermanfaat untuk meringankan sakit punggung.

Hal ini karena gerakan-gerakan dalam yoga ini diyakini bisa mengurangi tekanan di punggung. Yuk simak tentang yoga antigravitasi dan kaitannya dengan nyeri punggung berikut ini!

Nyeri punggung dan penyebabnya

Nyeri punggung sendiri merupakan kondisi yang umum terjadi dan gangguan kesehatan ini bisa meningkat dalam waktu berminggu-minggu atau berbulan-bulan. 

Dalam beberapa kasus, penyebab nyeri punggung bukanlah masalah yang serius dan akan sakitnya dapat mereda dalam beberapa waktu.

Berikut ini adalah beberapa penyebab nyeri punggung:

  • Otot atau ligamen yang tegang 
  • Kejang otot
  • Tekanan pada otot
  • Cedera
  • Masalah struktur tulang belakang
  • Aktivitas sehari-hari dan postur yang buruk
  • Masalah medis seperti kanker atau infeksi tulang belakang

Mengatasi sakit punggung dengan yoga

Yoga merupakan salah satu bentuk kegiatan fisik yang ideal untuk mempertahankan kekuatan dan fleksibilitas punggung. Aktivitas yoga juga bisa menjadi satu solusi bagi masalah sakit punggung yang kerap mengganggu orang dewasa.

Dr. Lauren Elson dalam laporan kesehatan spesial dari Harvard yang bertajuk An Introduction to Yoga menyebutkan kalau aktivitas yoga bisa memperkuat dan meregangkan otot yang kejang.

Yoga merupakan kombinasi dari berbagai gerakan dan teknik pernapasan. Gerakan-gerakan tersebut mengajarkan otot untuk menjadi lentur dan kuat, yang dengan sendirinya dapat mengurangi tekanan pada otot.

Itulah sebabnya yoga sangat menolong otot-otot di bagian punggung yang menopang tulang belakang. Teknik pernapasannya pun bisa menolong untuk mereduksi stres serta depresi yang juga bisa menyebabkan sakit punggung.

Bagaimana dengan manfaat yoga antigravitasi?

Yoga antigravitasi ini sebenarnya memiliki gerakan yang serupa dengan yoga pada umumnya. Hanya saja, gerakan-gerakan tersebut dilakukan di udara. Di mana kamu akan memanfaatkan hammock atau kain yang digantungkan di langit-langit untuk menopang tubuh kamu.

Sambil bergantung di hammock, kamu akan melakukan berbagai gerakan yoga normal ataupun dengan posisi kepala berada di bawah. Sayangnya, belum ada kajian medis tertentu yang bisa menjelaskan manfaat spesifik aerial yoga ini untuk mengatasi sakit punggung.

Meskipun demikian, berbagai testimoni sudah disampaikan oleh para pengguna dan instruktur yoga antigravitasi.

Mengenal tubuh dengan yoga antigravitasi

Spesialis aerial yoga, Stephanye Evans menyebut aerial yoga bukan hanya menyenangkan untuk dilakukan, tapi juga membantu mengatasi trauma tubuh.

“Dengan melakukan yoga secara terbalik, kamu jadi lebih mengenal tubuh, kamu jadi lebih sadar secara spasial di mana letak anggota tubuh lainnya,” kata Stephanye dalam laman Bustle.

Dengan bantuan hammock, maka tubuh jadi bisa melakukan apa yang tidak bisa dilakukan dalam kondisi normal. Stephanye menyebut kalau otot-otot tubuh akan lebih kuat dengan topangan hammock.

“Dengan tidak adanya tekanan pada tulang belakang, maka gerakan ini bisa mengurangi sakit punggung yang kamu derita,” ungkapnya.

Cara tepat melakukan yoga antigravitasi

Berikut ini adalah beberapa gerakan yoga antigravitasi yang dipercaya bisa meringankan sakit punggung kamu:

Pose bintang terbalik

Gerakan bintang terbalik. Foto: https://i.pinimg.com

Pose atau gerakan ini menyerupai bentuk bintang terbalik. Dengan melakukan gerakan ini, maka kamu akan meregangkan dan mengurangi tekanan pada tulang belakang.

Adapun langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Berdiri dalam posisi tadasana atau mountain pose, dengan hammock berada di belakang tubuh kamu. Tarik hammock dan tahan di dekat pinggul dan tempatkan hammock mengelilingi punggung bagian bawah
  • Lebarkan hammock dengan bagian atas hammock menutupi tangan bagian atas, lalu buat tangan mengunci hammock dengan posisi akhirnya melilit punggung bagian bawah dan lengan bagian atas di sisi depan
  • Berdiri dengan kaki agak menjauh, ambil napas perlahan dan rebahkan tubuh ke belakang sambil tangan tetap mengunci hammock
  • Biarkan tubuh jatuh ke belakang dan angkat serta lebarkan kaki hingga kamu berada di posisi terbalik
  • Tempatkan tangan di lantai sambil pelankan goyangan hammock
  • Dari sini kamu tinggal meregangkan kaki, leher dan pundak dan lakukan selama 3-4 tarikan napas

Pose merpati terbalik

Pose merpati terbalik. Foto: https://i.pinimg.com

Gerakan ini akan membuat pinggul meregang dengan dalam dan membantu kamu mengatur ulang tulang punggung. Gerakan ini cocok untuk kamu yang terlalu banyak duduk di belakang meja.

Langkah-langkah melakukan gerakan ini sebenarnya hampir sama dengan pose bintang terbalik. Jadi kamu bisa melakukannya setelah selesai dengan pose tersebut.

Dari posisi terkahir kaki yang meregang dan tangan di lantai dalam pose bintang terbalik, kamu cukup lipatkan kaki dan buat seperti posisi mengunci hammock. Setelah itu, tangan cukup diletakan di paha.

Demikianlah berbagai gerakan yoga antigravitasi dan manfaatnya bagi kesehatan punggung kamu. Selalu lakukan hal ini dengan instruksi dan tingkat kehati-hatian yang tinggi, ya!

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Download di sini untuk berkonsultasi dengan mitra dokter kami.

Reference
  1. National Health service, diakses 02 Desember 2020. Back Pain
  2. MedicalNewsToday, diakses 02 Desember 2020. What is causing this pain in the back?
  3. Harvard Health Publishing, diakses 02 Desember 2020. The safe way to do yoga for back pain
  4. Hospital for special surgery, diakses 02 Desember 2020. Antigravity yoga and how it can help 
  5. Aerial Yoga Zone, diakses 02 Desember 2020. 4 Aerial Yoga Pose for a Stronger & More Flexible Spine
  6. Tummee.com, diakses 02 Desember 2020. How to do Inverted Pigeon Pose Aerial
  7. Tummee.com, diakses 02 Desember 2020. Five Pointed Star Pose Inverted Aerial Steps
  8. Bustle, diakses 02 Desember 2020. How Aerial Yoga Can Help People Living With Trauma, Chronic Pain, & Other Conditions Heal
    Berita Terkait
    register-docotr