Olahraga

5 Olahraga yang Bisa Tingkatkan Stamina Seksual, Apa Saja?

January 21, 2021 | Muhammad Hanif S. | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Seks adalah salah satu kunci keharmonisan suatu hubungan. Untuk mendapat pengalaman seks memuaskan, dibutuhkan stamina yang kuat agar aktivitas tersebut bisa bertahan lama.

Selain dengan pola makan tertentu, kamu bisa menjaga stamina seksual dengan rajin berolahraga.

Lalu, jenis olahraga apa yang bisa membantu meningkatkan stamina ketika berhubungan seks? Yuk, temukan jawabannya dengan ulasan berikut ini!

Olahraga untuk tingkatkan stamina seksual

Ada banyak latihan atau olahraga yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan stamina agar hubungan seks dapat bertahan lama. Mulai dari senam kegel, yoga, hingga angkat beban. Berikut olahraga peningkat stamina yang dapat kamu coba:

1. Angkat beban

Olahraga pertama yang dapat dilakukan untuk meningkatkan stamina seksual adalah angkat beban. Angkat beban bisa melatih pembentukan otot dan memperkuat massanya, terutama di bagian bahu, dada, dan perut.

Kekuatan tubuh bagian atas sangat bergantung pada otot-otot tersebut, termasuk ketika sedang berhubungan intim. Tak hanya itu, olahraga tersebut juga bisa menjaga gairah seks atau libido, lho.

Menurut penjelasan Pete McCall, MS, ahli fisiologi dari American Council on Exercise, angkat beban bisa memacu tubuh untuk lebih banyak memproduksi hormon ‘kejantanan’ seperti testosteron.

2. Senam kegel

teknik senam kegel untuk pria
Posisi senam kegel untuk pria. Sumber foto: shutterstock.

Untuk menjaga stamina dan kualitas hubungan seks, cobalah untuk rutin melakukan senam kegel. Senam ini tak hanya berguna untuk wanita, tapi juga pria. Senam kegel bisa membuat durasi hubungan seks bertahan lebih lama.

Dikutip dari Everyday Health, senam tersebut melatih kekuatan otot-otot dasar panggul (pubococcygeus) yang memungkinkan pria terhindar dari ejakulasi dini. Otot panggul memang tak bisa disentuh, tapi dapat dirasakan.

Otot itu sering kamu gunakan untuk menahan buang air kecil. Ya, seperti itulah cara untuk melakukan senam kegel. Buat dirimu seolah-olah sedang menahan rasa ingin kencing selama beberapa detik. Meski relatif mudah, senam ini memiliki manfaat yang besar untuk kehidupan seksual.

Baca juga: Bukan Cuma Buat Wanita, Ini Teknik dan Manfaat Senam Kegel untuk Pria

3. Jalan cepat

Jalan cepat adalah olahraga ringan tapi sangat bermanfaat untuk menjaga stamina seksual. Olahraga tersebut dipercaya dapat menjaga pembuluh darah dan mengoptimalkan aliran di dalamnya. Sirkulasi darah yang lancar bisa membuat ereksi tahan lama.

Sama seperti aktivitas aerobik lainnya, jalan cepat dapat memacu pelepasan endorfin, hormon kesenangan yang bisa membuatmu rileks. Tak hanya itu, dengan rutin jalan cepat, kamu bisa meminimalkan risiko terjadinya kondisi seperti disfungsi ereksi.

Menurut sebuah studi yang melibatkan 31 ribu pria, aktivitas aerobik berkontribusi menurunkan risiko disfungsi ereksi atau impotensi hingga 30 persen. Belum lagi, jalan cepat sejauh 3 km bisa membakar setidaknya 200 kalori.

4. Berenang

Selain bermanfaat untuk fleksibilitas tubuh, berenang ternyata juga dapat memperbaiki stamina seksual, lho. Menurut sebuah penelitian yang melibatkan 160 perenang, olahraga air tersebut diklaim bisa memperkuat dan mendukung ketahanan tubuh, termasuk saat berhubungan seks.

Berenang setidaknya tiga kali dalam seminggu selama 30 menit di setiap sesinya dapat membantu meningkatkan daya tahan seksual pria, termasuk dalam hal ereksi.

Selain itu, berenang juga merupakan jenis olahraga yang baik untuk menurunkan berat badan. Dengan menghilangkan lemak berlebih, bentuk tubuh bisa menjadi lebih ideal. Hasilnya, kamu akan terlihat lebih atraktif di hadapan pasangan.

5. Yoga

Bagi sebagian orang, seks terkadang terasa membosankan karena gaya dan posisi yang itu-itu saja. Ingin mencoba posisi dan variasi baru? Mulailah berlatih yoga untuk membuat tubuh menjadi lebih lentur. Yoga dapat membuat badan lebih fleksibel ketika digerakkan.

Tak hanya itu, dengan rutin melakukan yoga, stamina dalam berhubungan seks juga bisa tetap terjaga. Sebab, salah satu komponen utama dari yoga sendiri adalah mengelola pernapasan.

Tips lain untuk jaga stamina seksual

Selain berolahraga, masih ada beberapa cara lain untuk mempertahankan dan meningkatkan stamina di ranjang, di antaranya adalah:

  • Berhenti merokok
  • Tidur yang cukup
  • Kelola stres dengan baik
  • Jauhi alkohol
  • Konsumsi herbal seperti ginseng dan ginkgo biloba
  • Perbanyak makanan berkalium tinggi untuk optimalkan peredaran darah, seperti pisang, bayam, brokoli, tomat, dan wortel
  • Konsumsi makanan yang mengandung vitamin B kompleks untuk meningkatkan libido, seperti telur, alpukat, kacang-kacangan, ikan, susu, dan sayuran berdaun hijau
  • Perbanyak asupan makanan yang tinggi magnesium untuk meningkatkan energi, seperti almond, edamame, bayam, dan quinoa
  • Konsumsi makanan dengan kandungan vitamin D untuk memperbaiki mood, seperti salmon, udang, susu, yoghurt, dan jeruk

Nah, itulah beberapa olahraga untuk meningkatkan stamina seksual dan tips lain yang perlu kamu coba. Untuk mendapatkan hasil maksimal, kombinasikan beberapa cara di atas secara rutin, ya!

Konsultasikan masalah kesehatan kamu dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

  1. Everyday Health, diakses 20 Januari 2021, 5 Exercises Men Can Do for Better Sex.
  2. Healthline, diakses 20 Januari 2021, How to Increase Sexual Stamina: 45 Tips to Improve Strength, Endurance, and Technique.
  3. Medical News Today, diakses 20 Januari 2021, How men can improve their sexual performance.
  4. Harvard Medical School, diakses 20 Januari 2021, Biking and sex—avoid the vicious cycle.

    register-docotr