Kamus Obat

Ursodeoxycholic Acid (UDCA)

March 23, 2021 | Arin Khurota | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Ursodeoxycholic acid (asam ursodioksikolat/UDCA) merupakan golongan obat kolagoga berupa sistesis asam empedu sekunder. Obat ini juga merupakan senyawa yang ditemukan pada manusia dan sebagian besar spesies dari metabolisme oleh bakteri usus.

Berikut informasi selengkapnya mengenai ursodeoxycholic acid, manfaat, dosis, cara minum, serta risiko efek samping yang mungkin terjadi.

Untuk apa obat ursodeoxycholic acid?

Ursodeoxycholic acid adalah obat yang digunakan untuk menghancurkan atau meluruhkan batu empedu yang disebabkan oleh kelebihan kolesterol. Obat ini juga diberikan untuk mengobati beberapa jenis penyakit hati, seperti sirosis bilier primer.

Obat ini telah tersedia sebagai obat generik yang bisa kamu dapatkan dengan resep dokter, serta tersedia sebagai sediaan tablet oral.

Apa fungsi dan manfaat obat ursodeoxycholic acid?

Obat ini memiliki fungsi sebagai agen untuk menekan sintesis empedu di hati. Selain itu, juga dapat menekan sekresi kolesterol dan menghambat penyerapan kolesterol di usus.

Sebagai sintesis sekunder asam ursodioksikolat pada manusia, obat ini memiliki manfaat untuk mengatasi beberapa masalah kesehatan berikut:

Melarutkan batu empedu

Batu empedu merupakan penyakit yang disebabkan oleh tingkat kolesterol tinggi sehingga timbul penyumbatan dan radang di saluran empedu. Terapi pengobatan biasanya diberikan untuk melarutkan batu empedu sehingga tidak terjadi penyumbatan.

Terapi pengobatan ini biasanya membutuhkan waktu beberapa bulan bergantung pada faktor dari tubuh pasien. Dan terapi pengobatan ini tidak bisa dilakukan pada semua pasien.

Pencegahan batu empedu

Selain sebagai pengobatan, obat ini juga dapat diberikan sebagai terapi untuk mencegah pembentukan batu empedu. Umumnya diberikan terutama pada pasien dengan riwayat hiperkolesterolemia dan penyumbatan kandung kemih.

Sirosis bilier primer

Beberapa ahli medis menyatakan bahwa ursodeoxycholic acid sebagai pengobatan awal yang direkomendasikan untuk sirosis bilier primer. Obat ini dapat membantu meningkatkan aliran empedu pada pasien dengan sirosis bilier primer.

Merek dan harga obat ursodeoxycholic acid

Obat ini hanya bisa kamu dapatkan dengan resep dokter. Beberapa merek obat ursodeoxycholic acid yang telah beredar di Indonesia adalah Deolit, Urlicon, Estazor, Ursochol, Lofibra, Ursolic, Urdafalk, dan lain-lain.

Berikut informasi mengenai beberapa merek obat ursodeoxycholic acid beserta harganya:

Obat generik

  • Ursodeoxycholic acid 250mg tablet. Sediaan tablet generik yang diproduksi oleh Novell Pharma. Obat ini bisa kamu dapatkan dengan harga Rp6.091/tablet.
  • Ursodeoxycholic acid 250mg capsul. Sediaan obat kapsul generik yang diproduksi oleh Dexa Medica. Obat ini bisa kamu dapatkan dengan harga Rp7.931/tablet.

Obat paten

  • Urdahex 250mg tablet. Sediaan tablet untuk mengobati batu empedu dengan diameter tidak lebih dari 20mm dan hepatitis. Obat ini diproduksi oleh Kalbe Farma dan bisa kamu dapatkan dengan harga Rp13.800/tablet.
  • Estazor 250mg tablet. Sediaan tablet untuk mengobati batu empedu yang diproduksi oleh Fahrenheit. Obat ini bisa kamu dapatkan dengan harga Rp12.848/tablet.
  • Deolit 250mg capsul. Sediaan kapsul untuk hepatitis dan batu empedu karena hiperkolesterolemia. Obat ini diproduksi oleh Meprofarm dan bisa kamu dapatkan dengan harga Rp12.038/tablet.

Bagaimana cara minum obat ursodeoxycholic acid?

Baca dan ikuti petunjuk cara minum serta dosis obat yang tertera di resep kemasan obat berdasarkan ketentuan dari dokter. Jangan minum obat dengan dosis lebih banyak atau lebih sedikit dari yang direkomendasikan.

Minum obat secara teratur dan usahakan dalam waktu yang sama setiap hari. Jika kamu lupa minum obat, segera minum obat apabila dosis berikutnya masih lama. Lewati dosis obat dan kembali ke dosis normal apabila telah tiba waktu minum obat berikutnya.

Setelah digunakan, simpan obat pada suhu kamar jauh dari kelembapan dan panas matahari. Tablet yang telah dipecah menjadi dua dapat disimpan pada suhu kamar hingga 28 hari.

Berapa dosis obat ursodeoxycholic acid?

Dosis dewasa

Dosis untuk melarutkan batu empedu yang mengandung kolesterol tinggi

  • Dosis lazim: 8-12mg per kg berat badan, diminum sekali sehari sebelum tidur atau dalam 2 dosis terbagi.
  • Pengobatan dilanjutkan selama 3 sampai 4 bulan setelah batu empedu menghilang setelah didiagnosis secara radiologi. Durasi pengobatan dapat dilakukan hingga 2 tahun.
  • Dosis untuk pasien obesitas dapat diberikan dosis hingga 15mg per kg berat badan setiap hari.

Pencegahan kekambuhan batu empedu pada pasien yang mengalami penurunan berat badan dengan cepat

Dosis lazim: 300mg diminum tiga kali sehari.

Sirosis bilier primer

Dosis lazim: 10 sampai 16mg per kg berat badan per hari, diminum dalam 2 sampai 4 dosis terbagi, atau dapat diminum sekali sehari pada sore hari setelah 3 bulan pertama.

Apakah ursodeoxycholic acid aman untuk ibu hamil dan menyusui?

U.S. Food and Drug Administration (FDA) memasukkan ursodeoxycholic acid dalam golongan obat kategori kehamilan B.

Studi penelitian pada hewan percobaan menunjukkan bahwa obat ini tidak menunjukkan risiko merugikan pada janin. Namun, studi terkontrol pada wanita hamil masih belum memadai. Obat ini dapat diberikan dengan peringatan.

Selain itu, obat juga belum diketahui apakah dapat terserap dalam ASI sehingga belum diketahui keamanannya pada bayi yang menyusui. Konsultasikan lebih lanjut dengan dokter sebelum mengonsumsi obat ini terutama saat kamu sedang hamil atau menyusui.

Apa efek samping obat ursodeoxycholic acid yang mungkin terjadi?

Hentikan pemakaian dan hubungi dokter apabila muncul reaksi efek samping berikut setelah kamu mengonsumsi ursodeoxycholic acid:

  • Gejala reaksi alergi, termasuk gatal-gatal, sulit bernapas, pembengkakan pada wajah, bibir, lidah, atau tenggorokan
  • Gangguan hati yang ditandai dengan gejala mual, sakit perut bagian atas, gatal, perasaan lelah, kehilangan nafsu makan, urine berwarna gelap, warna tinja seperti tanah liat, penyakit kuning
  • Tanda-tanda infeksi baru, seperti kelemahan mendadak atau nyeri, demam, menggigil, sakit tenggorokan, seriawan, luka kulit, kesulitan menelan

Efek samping umum yang mungkin terjadi setelah kamu mengonsumsi ursodeoxycholic acid, antara lain:

  • Sakit kepala
  • Pusing
  • Muncul nyeri atau ketidaknyamanan perut
  • Mual, diare, sembelit
  • Gejala pilek seperti hidung tersumbat, bersin, sakit tenggorokan
  • Rambut rontok
  • Gatal atau ruam ringan

Peringatan dan perhatian

Kamu tidak boleh mengonsumsi obat ini apabila sebelumnya pernah memiliki riwayat reaksi alergi terhadap ursodeoxycholic acid.

Kamu mungkin juga tidak boleh mengonsumsi ursodeoxycholic acid apabila memiliki riwayat kesehatan berikut:

  • Obstruksi di hati atau kantong empedu
  • Kantong empedu yang tidak dapat dilihat pada x-ray
  • Kantong empedu yang tidak dapat berkontraksi atau bekerja dengan baik
  • Saluran empedu atau kandung empedu yang bengkak, nyeri atau tersumbat
  • Batu empedu yang mengandung kalsium
  • Episode kolik biliar yang sering (suatu kondisi yang ditandai dengan nyeri perut bagian atas)

Konsultasi terlebih dahulu untuk memastikan apakah aman untuk kamu meminum ursodeoxycholic acid apabila kamu pernah memiliki riwayat kesehatan berikut:

  • Kamu pernah mengalami batuk darah
  • Berat badan bertambah dengan cepat, terutama bagian wajah dan tengah tubuh

Hindari alkohol saat kamu mengonsumsi obat ursodeoxycholic acid. Risiko efek samping sangat mungkin terjadi saat kamu mengonsumsi obat bersamaan.

Interaksi dengan obat lain

Beri tahu dokter dan apoteker apabila kamu menggunakan salah satu dari obat-obatan ini saat akan mengonsumsi ursodeoxycholic acid:

  • Ciclosporin (obat yang digunakan dalam transplantasi organ atau gangguan kekebalan tertentu)
  • Obat penurun kolesterol, misalnya fenofibrate, clofibrate, colestyramine, colestipol
  • Obat-obatan untuk menetralkan asam lambung, misalnya aluminium oksida, aluminium hidroksida
  • Obat untuk tekanan darah tinggi, misalnya nitrendipine

Sampaikan juga pada dokter apabila kamu sedang mengonsumsi pil KB karena pil KB dapat mengurangi keefektifan ursodeoxycholic acid.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

National Center for Biotechnology Information (NCBI), diakses pada 4 Maret 2021, Ursodeoxycholic acid | C24H40O4 – PubChem

Drugsite Trust, diakses pada 4 Maret 2021, Ursodeoxycholic acid Monograph

DrugBank Online, diakses pada 4 Maret 2021, Ursodeoxycholic acid

The Monthly Index of Medical Specialities (MIMS), diakses pada 4 Maret 2021, Ursodeoxycholic acid – MIMS.com

Pusat Informasi Obat Nasional (Pionas), diakses pada 4 Maret 2021, ASAM URSODEOKSIKOLAT | PIO Nas

    register-docotr