Kamus Obat

Ragam Pilihan Salep Penghilang Bekas Luka yang Manjur

May 18, 2020 | Arianti Khairina | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Memiliki bekas luka yang sangat nyata pada bagian-bagian tubuh tertentu sangat mengganggu penampilan. Namun jika kamu salah satu yang mengalaminya tak perlu lagi khawatir, kini sudah banyak tersedia salep penghilang bekas luka.

Salep penghilang bekas luka ini memiliki kandungan yang bermacam-macam, semua bergantung pada kondisi bekas luka dan kulit kamu.

Jika bekas luka tak kunjung hilang, sebaiknya kamu segera cek ke dokter kulit juga, ya.

Baca juga : Sering Merasa Gatal?Ini Sederet Obat Gatal yang Perlu Diketahui

Berbagai jenis kandungan salep penghilang bekas luka

Tak melulu karena jatuh, bekas luka juga bisa timbul karena jerawat, luka bakar, alergi dan lain-lain. Namun banyak orang seringkali mengeluh bahwa luka tersebut akan membekas dan susah hilang.

Saat ini sudah banyak salep penghilang bekas lupa yang cukup ampuh, lho. Tentunya salep tersebut sangat membantu kamu untuk membuat luka pudar bahkan bisa sampai hilang dengan bersih.

cara menghilangkan bekas luka
Bekas luka. Sumber gambar : https://shuterstock.com

Perhatikan saat membeli salep penghilang bekas luka, ya. Kamu harus pahami dengan betul fungsi salep tersebut agar obatnya bisa bekerja dengan aman dan tepat untuk bekas lukamu.

Berikut beberapa jenis kandungan salep penghilang bekas luka yang baik dan dijual bebas atau berdasarkan resep dokter.

1. Vitamin C

Kamu harus tahu bahwa salep yang mengandung vitamin C dapat meningkatkan produksi kolagen. Hal tersebut tentu saja akan mampu membantu menyamarkan dan menghilangkan bekas luka.

Kemudian untuk penggunaan salep atau krim itu sendiri yang telah mengandung vitamin C juga mampu meratakan warna kulit dan membuat kulit kamu terlihat lebih cerah.

Salah satu contoh merek salep dengan kandungan vitamin C yang bisa kamu coba yakni Dermatix Ultra.

2. Vitamin E

Sebenarnya manfaat dari salep yang mengandung vitamin E ini sendiri masih perlu diteliti lebih lanjut. Salep yang mengandung vitamin-E dipercaya mampu membantu menghilangkan bekas luka.

Hal itu disebabkan karena vitamin E mampu mendorong pembentukan sel baru atau biasa kita sebut sebagai regenerasi sel. Kamu bisa coba menggunakan Lanakeloid E-Cream, ya.

Obat luka. Sumber gambar : https://pixabay.com

3. Asam glikolat

Kamu yang memiliki bekas luka di wajah, khususnya bekas luka jerawat tak salahnya mencoba salep penghilang bekas luka yang mengandung asam glikolat.

Cara kerja asam glikolat ini dengan mengangkat sel kulit mati di permukaan kulit, sehingga regenerasi sel kulit baru bisa terjadi.

Tak hanya itu saja manfaat lainnya untuk menghilangkan bekas luka, asam glikolat juga mampu mengatasi hiperpigmentasi kulit.

4. Asam salisilat

Kandungan jenis asam salisilat juga mampu mengatasi berbagai masalah kulit, termasuk menghilangkan bekas luka. Salah satu contoh merek salep dengan asam salisilat yakni Verile.

Kamu yang menggunakan salep dengan kandungan asam salisilat ke wajah juga dapat membantu mengatasi hiperpigmentasi kulit akibat paparan sinar matahari, kutil, kulit bersisik, mata ikan, dan psoriasis.

5. Retinol

Kandungan dalam obat yang paling ampuh memudarkan bekas luka salah satunya adalah retinol. Cara kerjanya dengan mengangkat sel kulit mati dan mempercepat regenerasi sel.

Tak hanya itu saja retinol juga membantu merangsang produksi kolagen, yaitu protein yang berfungsi mempertahankan elastisitas kulit.

Selain beberapa jenis kandungan salep penghilang bekas luka di atas, ada pula salep yang mengandung hidrokuinon.

Namun perlu kamu ketahui bahwa sebaiknya hindari penggunaan salep hidrokuinon, khususnya di luar anjuran dokter, ya. Hal tersebut dikarenakan akan berisiko menyebabkan iritasi kulit dan membuat warna kulit menjadi kehitaman.

Penggunaan salep penghilang bekas luka bisa menjadi solusi untuk memuluskan kembali kulit kamu setelah luka, lho. Walaupun akan memakan waktu yang cukup lama.

Bila setelah penggunaan hasilnya dirasa kurang memuaskan, ada baiknya kamu berkonsultasi ke dokter kulit untuk mendapatkan rekomendasi perawatan lain yang lebih sesuai.

Beberapa contoh salep penghilang bekas luka yang ampuh bisa seperti Dermatix, Mederma Scars Gel, Dermovate Cream, dan Breylee Acne Scar Removal Cream.

Salah satu obat yang paling disukai oleh para dokter adalah Breylee Acne Scar Removal Cream. Cara kerja obat ini paling disukai oleh para dokter, hal tersebut dikarenakan obat ini mempercepat proses regenerasi sel dalam jaringan epidermis.

Jika digunakan untuk merawat bekas luka akibat trauma kulit terhadap berbagai insiden atau kejadian obat ini sangatlah efektif. Contoh lukanya bisa seperti terbakar, operasi, dan semacamnya.

Tak hanya itu saja kamu yang memiliki masalah dengan jerawat juga bisa menggunakan obat ini untuk menghilangkan bekas lukanya. Cara pemakaiannya cukup mudah dengan mengoleskannya sebanyak 2 sampai 3 kali sehari, ya.

Formula dari obat ini akan bekerja menembus ke dalam kulit untuk mempromosikan beberapa sel dalam jaringan epidermis.

Tak ada ketentuan khusus siapa saja yang boleh menggunakan obat ini. Namun, bagi kamu yang memiliki kulit sensitif, sebaiknya konsultasi ke dokter terlebih dahulu, ya. Hal tersebut perlu dilakukan agar kamu mendapatkan perawatan yang tepat.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. nymag.com (2018) diakses 15 Mei 2020. The Best Scar-Removal Creams on Amazon, According to Hyperenthusiastic Reviews 
  2. medbroadcast.com (2020) diakses 15 Mei 2020. How does this medication work? What will it do for me? 
  3. drugs.com (2019) diakses 15 Mei 2020. Mederma 
  4. netdoctor.co.uk  (2017) diakses 15 Mei 2020. Dermovate cream and ointment (clobetasol) 
    register-docotr