Kamus Obat

Pilihan Obat Sakit Pinggang yang Efektif, Sudah Tahu Belum?

May 13, 2020 | Ajeng Dwiri Banyu | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Obat sakit pinggang bisa dikonsumsi sesuai anjuran dokter agar nyeri bisa segera menghilang.

Sakit pinggang atau biasa disebut juga dengan nyeri punggung bagian bawah merupakan hal yang normal terjadi, baik pada pria maupun wanita. 

Nyeri punggung bagian bawah umumnya terjadi akibat pernah mengalami cedera kecil, namun beberapa di antaranya muncul tanpa penyebab yang jelas.

Rasa sakit dapat muncul secara tiba-tiba atau bertahap dan dapat menyebabkan nyeri hebat serta tajam. Pada beberapa orang, rasa sakit mungkin kronis dan butuh pertolongan medis dengan segera.

Baca juga: Kenali Ciri-Ciri Asam Urat serta Cara Pengobatannya

Penyebab sakit pada punggung bagian bawah

Penyebab umum nyeri pada punggung bagian bawah adalah terkilir sehingga otot menjadi tegang.

Sakit pinggang juga sering kali disebabkan karena keseleo saat melakukan peregangan sehingga merobek ligamen. Keseleo akan menyebabkan tendon atau otot mengalami ketegangan.

Penyebab nyeri punggung bawah lainnya meliputi otot kejang, iritasi saraf, kelainan pada tulang belakang, seperti stenosis tulang belakang. Pilihan pengobatan untuk nyeri di pinggang ini biasanya akan disesuaikan dengan penyebab penyakitnya. 

Terkilir dan tegang punggung bagian bawah dapat terjadi akibat olahraga atau mengangkat sesuatu yang terlalu berat. Gejala keseleo pada punggung bagian bawah biasanya, meliputi nyeri, bengkak, dan kejang otot.

Nyeri punggung bawah sangat umum terjadi, terutama pada orang dewasa antara usia 30 hingga 50 tahun. Ketidaknyaman di pinggang bisa menjadi kronis atau berkelanjutan dan bisa menyebabkan kondisi tiba-tiba yang dikenal sebagai nyeri akut.

Gejala-gejala nyeri punggung secara umum, termasuk kekakuan pada tulang belakang dan sakit kronis pada punggung bagian bawah atau sekitar pinggul. Selain itu, penderita juga akan merasakan sulit tidur dan tidak mampu berdiri untuk jangka waktu yang lama.

Masalah kesehatan ini tidak bisa diabaikan begitu saja karena bisa berdampak buruk pada kesehatan tubuh. Untuk itu, penanganan dengan menggunakan obat-obatan harus segera dilakukan sebelum menyebabkan masalah lebih serius. 

Obat sakit pinggang yang bisa dikonsumsi

Hal pertama yang bisa dilakukan untuk menyembuhkan sakit pinggang adalah beristirahat. Istirahatkan punggung bawah untuk melawan rasa sakit.

Selain itu, kamu juga disarankan untuk mengurangi aktivitas selama beberapa hari tergantung pada keparahan gejala yang dialami. 

Cobalah beristirahat dengan berbaring terlentang dengan bantal di bawah lutut untuk menjaga punggung tetap dalam posisi netral.

Selain itu, kamu juga bisa mencoba berbaring di lantai dengan lutut ditekuk pada sudut 90 derajat dan sandarkan di kursi.

Obat medis

Rasa sakit pada punggung bagian bawah bisa diobati dengan mengonsumsi obat yang telah dokter resepkan. Beberapa obat yang biasa dokter sarankan untuk penyembuhan sakit pinggang, antara lain:

Acetaminophen 

Acetaminophen atau tylenol biasanya disarankan dokter sebagai pengobatan lini pertama karena bekerja dengan cara menghentikan proses rasa sakit. Namun, perlu diketahui jika obat ini tidak mengurangi peradangan yang terjadi di dalam tubuh.

Acetaminophen cenderung lebih lembut di perut dibanding beberapa obat lainnya.

Selain mengatasi rasa sakit di pinggang, obat ini juga dapat membantu menghilangkan sakit gigi, sakit kepala, dan rasa sakit setelah melakukan operasi. 

Risiko akibat mengonsumsi obat ini bisa kamu rasakan, seperti merusak hati jika digunakan dalam dosis tinggi. Oleh karena itu, ada baiknya kamu konsultasi juga ke dokter, ya.

Obat NSAID

Obat antiinflamasi non steroid atau NSAID adalah alternatif untuk asetaminofen yang bisa dibeli sendiri tanpa resep dokter. Beberapa obat antiinflamasi yang dimaksud adalah aspirin, ibuprofen, dan motrin.

Obat-obatan ini dapat membantu melawan pembengkakan dan demam akibat nyeri pada punggung bagian bawah. Namun, penggunaannya harus diperhatikan karena bisa menyebabkan risiko efek samping.

NSAID bisa mengakibatkan munculnya masalah, seperti mual, diare, serta mulas dan sakit perut.

Meski jarang menyebabkan efek samping serius, seperti pendarahan internal, namun dapat mengakibatkan masalah jantung dan kerusakan pada ginjal.

Relaksan otot

Dalam beberapa kasus, dokter mungkin akan meresepkan obat relaksan otot untuk meredakan sakit di punggung bawah. Beberapa relaksan otot yang umum digunakan adalah Cyclobenzaprine atau Frexeril, Metaxalone atau Skelaxin, dan Tizanidine atau Zanaflex.

Obat-obatan ini bekerja dengan membantu meredakan kejang yang terjadi pada otot di dalam tubuh. Akan tetapi, kamu perlu memerhatikan dosis yang dianjurkan untuk menghindari risiko efek samping.

Penggunaan obat relaksan otot bisa menyebabkan beberapa risiko efek samping. Bahaya atau efek samping yang mungkin akan dirasakan penderita setelah mengonsumsi obat ini adalah kantuk serta pusing.

Antidepresan

Obat antidepresan mungkin menjadi pilihan untuk mengurangi rasa sakit, namun tidak akan langsung melihat hasilnya. Konsumsi obat ini biasanya dilakukan selama beberapa minggu untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

Antidepresan yang paling sering digunakan untuk menyembuhkan sakit pada punggung bagian bawah adalah amitriptyline, clomipramine, desipramine, doxepin imipramine, dan nortriptyline. Penggunaan obat ini harus sesuai dengan resep dokter untuk menghindari efek samping.

Beberapa bahaya atau efek samping akibat mengonsumsi obat antidepresan bisa beragam. Risiko yang mungkin bisa kamu rasakan, seperti mengalami pusing, mulut terasa kering, kantuk, dan sembelit.

Opioid

Dokter terkadang akan meresepkan obat ini, terutama sebagai bantuan jangka pendek. Obat ini dapat membawa banyak risiko, seperti perubahan hormon dan ketergantungan. Karena itu, dokter biasanya tidak meresepkan untuk nyeri yang sudah kronis atau jangka panjang.

Jika tetap ingin mengonsumsi obat ini, maka kamu akan dianjurkan untuk melakukan terapi lain, seperti olahraga dan ubah gaya hidup. Tak hanya itu, pantau secara teratur kondisi kesehatan untuk memastikan rasa sakit sudah berkurang.

Beberapa risiko lain juga bisa dirasakan setelah mengonsumsi obat ini. Efek samping akibat konsumsi opioid, di antaranya dapat menyebabkan mual dan sembelit dalam jangka pendek. Selain itu, bisa juga mengakibatkan depresi dan disfungsi seksual pada beberapa orang.

Obat sakit pinggang yang alami dan herbal

Selain menggunakan obat medis, sakit pada pinggang juga bisa diredakan dengan menggunakan bahan-bahan alami. Sejumlah solusi alami untuk sakit punggung bagian bawah yang dapat digunakan, seperti:

Bawang putih

Bawang putih sudah dikenal sebagai bumbu alami yang dapat membantu mengobati sakit punggung karena sifat anti-inflamasinya.

Selain itu, bawang putih juga mengandung senyawa alami yang disebut dengan allicin dan memiliki fungsi sebagai penghilang rasa sakit.

Obat sakit pinggang ini bisa dikonsumsi setiap hari pada pagi hari dengan perut kosong. Makanlah 2 sampai 3 siung bawang putih secara rutin untuk membantu mengurangi rasa sakit pada pinggang.

Jahe

Jahe merupakan rempah-rempah alami yang dikenal memiliki senyawa anti inflamasi. Bahan alami satu ini dapat membantu meringankan rasa sakit di area punggung bagian bawah atau pinggang.

Konsumsilah jahe ini secara rutin dengan mencampurkannya ke dalam masakan atau minuman berupa teh. Jahe bisa dikonsumsi secara rutin setiap harinya karena dapat membantu mengurangi rasa tidak nyaman dan sakit.

Teh chamomile

Selama berabad-abad, teh chamomile telah digunakan sebagai obat untuk meredakan rasa sakit. Sifat anti-inflamasi yang terkandung di dalam teh chamomile secara alami dapat menurunkan nyeri punggung dan memberikan bantuan instan pada tubuh yang terasa sakit.

Untuk mendapatkan hasil yang diinginkan, kamu bisa mengonsumsi teh chamomile ini secara rutin. Minumlah teh setidaknya sebanyak tiga kali dalam sehari agar rasa nyeri pinggang bisa segera mereda.

Susu dan kunyit

Kunyit merupakan obat alami rumahan dan bahan yang efektif meredakan rasa sakit. Senyawa curcumin di dalam kunyit dikenal dapat membantu mengurangi peradangan. Susu bisa dikombinasikan karena vitamin D di dalamnya dapat menjaga tulang tetap kuat.

Susu dan kunyit harus dikonsumsi secara rutin untuk mendapatkan hasil yang diinginkan. Minumlah susu kunyit sebelum tidur agar keesokan paginya tubuh bisa kembali sehat dan nyeri mereda dengan maksimal.

Obat sakit pinggang dengan cara alternatif

Pengobatan alternatif untuk sakit punggung bisa juga menjadi pilihan, seperti perawatan chiropractic dan akupunktur. Chiropractic adalah praktik penyelarasan tulang belakang secara manual dan area lemah atau cedera lain pada sistem muskuloskeletal.

Sementara akupunktur adalah seni penyembuhan dari Tiongkok kuno untuk mengobati penyakit dan cedera melalui manipulasi titik-titik tekanan. Jarum halus yang telah disterilkan akan dimasukkan ke kulit pada titik-titik tertentu di seluruh tubuh.

Akupunktur telah dipercaya sebagai salah satu alternatif penyembuhan berbagai macam penyakit, terutama mengurangi rasa sakit di area pinggang.

Jika cara ini masih belum bisa meredakan sakit, maka segera bicarakan dengan dokter untuk memungkinan dilakukannya pembedahan atau tindak operasi lebih lanjut.

Baca juga: Dijamin Efektif, Ini Dia Cara Menggemukkan Badan Saat Puasa

Metode lain untuk menyembuhkan sakit pinggang

Obat sakit pinggang yang biasa direkomendasikan dokter adalah kompres panas dan dingin. Mengompres area yang sakit dapat membantu meredakan rasa nyeri pada punggung bagian bawah atau area pinggang.

Kompres dingin dengan menggunakan es bermanfaat untuk merelaksasikan otot ketika tegang. Tindakan ini akan memberikan efek mati rasa pada punggung yang dikompres.

Sementara itu, kompres panas dengan menggunakan bantalan pemanas bisa mengurangi otot kaku atau pegal.

Terapkan cara ini selama lebih dari 20 menit dan harus dilakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang diinginkan. Penggunaan kompres panas atau dingin ini bisa dilakukan sepanjang hari atau tergantung pada rasa sakit yang muncul.

Operasi untuk nyeri pinggang

Pilihan pengobatan terhadap nyeri punggung bagian bawah lainnya adalah dengan tindakan operasi. Pembedahan biasanya hanya dilakukan oleh beberapa orang saja, jika nyeri punggung sudah kronis dan parah.

Meski jarang dilakukan, namun cara ini tetap menjadi pilihan jika perawatan lain tidak menunjukkan hasil kesembuhan. Operasi dilakukan dengan mengangkat fragmen-fragmen yang telah putus atau hancur sehingga tekanan dari jalur saraf bisa menghilang.

Operasi punggung bagian bawah atau sekitar pinggang sama seperti prosedur bedah lainnya yang memiliki efek samping atau risiko.

Segera periksakan dengan dokter jika gejala nyeri masih sering dirasakan. Jangan asal mengonsumsi obat karena banyak risiko berbahaya di dalamnya.

Pastikan untuk selalu berkonsultasi dengan dokter ahli untuk penanganan lebih lanjut. 

Jaga kesehatan kamu dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference
  1. Medical News Today (2019), diakses 12 Mei 2020. What can cause lower back pain?
  2. Healthline (2019), diakses 12 Mei 2020. Lower Back Pain Treatment Options
  3. Webmd, diakses 12 Mei 2020. Which Medicines Help With Low Back Pain?
  4. Boldsky (2019), diakses 12 Mei 2020. 10 Natural Remedies For Lowering Back Pain
    register-docotr