Kamus Obat

Penasaran Obat Sakit Gigi Semprot? Ketahui Apa Kelebihan, Fungsi dan Efek Sampingnya!

August 2, 2020 | Dewi Nurfitriyana | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Sakit gigi bisa membuat aktivitas menjadi terganggu, tak heran jika kamu akan segera mencari obat untuk mengatasinya. Namun, jika biasanya kamu memilih obat yang diminum, sekarang ada obat sakit gigi semprot yang bisa menjadi alternatif, lho.

Obat sakit gigi semprot mungkin belum terlalu umum digunakan, tapi ini bukan berarti ia tidak ampuh mengatasi sakit gigi. Yuk, kenali lebih jauh apa saja seluk beluk seputar obat yang satu ini.

Fungsi obat sakit gigi semprot

obat sakit gigi semprot
Gigi sakit kini bisa diatasi salah satunya dengan obat sakit gigi semprot. Sumber foto: Freepik.com

Kegunaan obat sakit gigi semprot hampir sama dengan obat sakit gigi biasa. Mulai dari mengurangi rasa sakit akibat luka minor pada mulut, gusi, maupun gigi, sampai membuat gusi mati rasa saat pemasangan gigi palsu.

Dilansir dari webmd.com, obat ini bersifat seperti anestesi lokal. Jadi ketika ia disemprotkan pada mulut, 15 sampai 30 detik kemudian mulut akan mati rasa selama sekitar 15 menit. Obat ini tidak disarankan untuk dipakai oleh anak-anak dan dalam jangka waktu terlalu lama.

Kelebihan obat sakit gigi semprot dibanding yang diminum

Meski keduanya memiliki manfaat yang hampir sama, namun obat sakit gigi semprot memiliki beberapa keunggulan dibanding dengan yang diminum langsung.

Pertama, ia diyakini lebih efektif jika dipakai untuk menangani rasa sakit pada bagian mulut atau gigi yang spesifik. Misalnya untuk membantu pemulihan gusi setelah melakukan operasi gigi.

Tak hanya itu, obat ini juga biasanya memiliki kandungan anti bakteri yang bisa membuat pemakainya terhindar dari bau mulut.

Baca juga: Kamu Kerap Alami Diare? Waspada Bisa Jadi Ciri-Ciri Sindrom Iritasi Usus Besar

Bagaimana cara memakai obat sakit gigi semprot?

Beberapa produk tertentu harus dikocok terlebih dahulu sebelum disemprotkan. Namun, secara umum obat ini dipakai dengan cara disemprotkan langsung ke bagian gigi yang mengalami rasa sakit.

Jika kamu hendak memakainya untuk mengobati tenggorokan atau gusi, pegang tabung obat sejauh 2,5 sampai 5 cm dari area yang akan disemprot. Semprot sekitar setengah detik, dan biarkan obat bekerja setidaknya dalam 1 menit lalu muntahkan melalui air liur.

Kamu bisa mengulanginya sebanyak sekali jika diperlukan. Namun, jangan semprot lebih dari dua kali dalam waktu bersamaan, atau lebih dari 4 kali sehari kecuali diarahkan dokter demikian.

Hal-hal yang harus diperhatikan selama memakai obat sakit gigi semprot

Untuk menghindari dampak yang berbahaya bagi tubuh, kamu harus memerhatikan beberapa hal di bawah ini:

  1. Jangan menyemprot obat pada area tubuh yang berdekatan dengan mata
  2. Dilarang menghirup cairan yang disemprotkan dari obat
  3. Tidak diperkenankan memakai obat ini dalam jumlah yang banyak atau lebih sering dari petunjuk pemakaian karena bisa meningkatkan risiko methemoglobinemia
  4. Hentikan penggunaan obat ini jika tenggorokan terasa perih
  5. Obat ini sebaiknya dihindari jika kamu sedang hamil
  6. Jika dalam dua hari sejak pemakaian kamu mengalami demam, ruam, sakit kepala, pembengkakan, mual, atau muntah segera hubungi dokter untuk penanganan lebih lanjut.

Baca juga: Punya Masalah Pencernaan? Begini Cara Detox Usus Mudah dan Alami

Efek samping yang bisa muncul

Obat ini pada dasarnya berfungsi untuk membuat area gigi dan mulut mati rasa. Jadi pemakaiannya bisa membuat kamu susah menelan atau tersedak saat makan maupun minum. Selain itu, efek samping lain yang bisa timbul antara lain:

  1. Muncul reaksi alergi seperti ruam, gatal, luka lepuh pada kulit baik disertai demam maupun tidak
  2. Sakit mulut yang sangat parah, dan
  3. Timbul tanda-tanda methemoglobinemia yakni perubahan warna pada bibir, kuku, dan kulit menjadi biru atau abu-abu.

Cara menyimpan

Simpan obat pada suhu ruangan dan hindari menaruhnya di dalam lemari es atau di tempat yang terkena sinar matahari secara langsung.

Lindungi dari kemungkinan terkena api, dan jangan menusuk atau membakarnya ketika isi kemasannya sudah kosong.

Jaga kesehatan Anda dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference

Benzocaine Aerosol, Spray, https://www.webmd.com/drugs/2/drug-18404-6252/benzocaine-mucous-membrane/benzocaine-spray-mucous-membrane/details diakses pada 29 Juli 2020

Benzocaine Oral Spray, https://www.drugs.com/cdi/benzocaine-oral-spray.html diakses pada 29 Juli 2020

ABOUT CORSODYL SPRAY, https://www.corsodyl.co.uk/products/corsodyl/spray/ diakses pada 29 Juli 2020

 

    register-docotr