Kamus Obat

Alami Gejala Flu? Atasi dengan 8 Obat Alami Berikut Ini

July 9, 2020 | Anisya Fitrianti | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Jika kamu merasakan hidung tersumbat, bersin-bersin dan lelah, bisa jadi kamu sedang terkena flu. Selain menggunakan obat-obatan yang dijual bebas, kamu juga bisa mengatasi gejala flu dengan obat flu alami yang mudah ditemukan di rumah.

8 Bahan-bahan alami untuk obat flu

1. Jahe

Manfaat jahe untuk kesehatan memang sudah terkenal dan teruji secara ilmiah. Beberapa irisan jahe mentah yang dimasak dalam air mendidih dapat menjadi pilihan obat flu alami. Rebusan jahe ini membantu meredakan batuk dan sakit tenggorokan.

Penelitian juga menunjukkan bahwa jahe dapat menangkal perasaan mual yang sering menyertai flu.

2. Madu

Madu diketahui memiliki berbagai sifat antibakteri dan antimikroba. Minum madu dengan dicampurkan dalam teh dan lemon dapat meredakan sakit tenggorokan. Penelitian menunjukkan bahwa madu juga efektif meredakan batuk.

Para peneliti menemukan bahwa memberi anak 10 gram madu sebelum tidur dapat mengurangi gejala batuk mereka.

Perlu diperhatikan, kamu tidak boleh memberikan madu pada anak di bawah 1 tahun, karena madu sering mengandung spora botulinum. Kandungan tersebut cocok bagi orang dewasa. Namun sistem kekebalan bayi tidak mampu melawannya.

Baca juga: Menderita Panas Dalam? Ini Berbagai Pilihan Obat Alami dan Medis untuk Meredakannya

3. Bawang putih

Bawang putih mengandung senyawa allicin yang memiliki sifat antimikroba. Menambahkan bawang putih ke makananmu dapat mengurangi keparahan gejala flu. Beberapa penelitian juga menyatakan bahwa bawang putih dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

4. Sup ayam

Sup ayam adalah pilihan makanan yang baik saat kamu sakit. Penelitian menunjukkan, semangkuk sup ayam dengan sayuran, dimasak langsung atau pun dihangatkan dari kaleng, dapat memperlambat pergerakan neutrofil dalam tubuh.

Neutrofil yakni jenis sel darah putih yang membantu melindungi tubuh dari infeksi. Ketika mereka bergerak perlahan, mereka akan lebih berkonsentrasi di area tubuh yang paling membutuhkan penyembuhan.

5. Vitamin C

Vitamin C memiliki peran penting dalam tubuh dan memiliki banyak manfaat kesehatan. Lemon merupakan salah satu sumber vitamin C yang baik. Menambahkan jus lemon segar ke dalam teh panas dan madu dapat mengurangi dahak. Lemon dapat dinikmati panas ataupun dingin.

Walaupun tidak sepenuhnya menghilangkan flu, lemon dapat membantumu mendapatkan vitamin C yang dibutuhkan oleh sistem kekebalan tubuh. Selain lemon, vitamin C juga terkandung dalam jeruk nipis, jeruk, jeruk bali, sayuran hijau dan buah-buahan.

6. Probiotik

Probiotik adalah bakteri baik yang ditemukan dalam tubuh, makanan, serta suplemen. Probiotik dapat membantu menjaga kesehatan usus dan sistem kekebalan tubuh. Penelitian menunjukkan bahwa probiotik dapat mengurangi kemungkinan infeksi saluran pernapasan atas.

Untuk mendapatkan asupan probiotik, kamu bisa mengonsumsi yogurt. Yogurt adalah sumber bakteri baik yang enak dan bergizi. Selain bermanfaat bagi sistem kekebalan tubuh, yogurt merupakan camilan sehat yang mengandung banyak protein juga kalsium.

7. Air garam

Berkumur dengan air garam juga merupakan obat flu alami yang mudah untuk kamu coba. Air garam dapat membantu tubuh dalam mencegah infeksi saluran pernapasan atas dan mengurangi gejala pilek.

Berkumur dengan air garam dapat mengurangi dan melepaskan lendir yang mengandung bakteri. Hal ini membantumu meringankan sakit tenggorokan dan hidung tersumbat.

Caranya, larutkan 1 sendok teh garam dalam satu gelas penuh air. Kocok atau kumur-kumur di sekitar mulut dan tenggorokan, lalu ludahkan. Lakukan 1-2 kali sehari.

8. Mandi air hangat

Mandi air hangat terkadang dapat mengurangi demam pada anak. Mandi air hangat juga dapat mengurangi gejala flu pada orang dewasa. Menambahkan garam epsom dan baking soda ke dalam air juga dapat mengurangi sakit pada tubuh.

Selain garam epsom, kamu juga bisa coba tambahkan beberapa tetes minyak esensial, seperti rosemary, jeruk, lavender, atau eucalyptus. Penambahan minyak esensial ini memiliki efek menenangkan bagi tubuh.

Itu dia beberapa pilihan obat flu alami yang bisa kamu coba. Namun bila gejala tak kunjung hilang seperti mengalami kesulitan bernapas, hidung tetap tersumbat, atau jantung berdetak cepat segeralah hubungi dokter.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
    register-docotr