Kamus Obat

Wajib Tahu! Saat Biduran Menyerang, Ini Beragam Obat Medis dan Alami yang Bisa Kamu Pilih

June 26, 2020 | Felicia Elfriestha | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Biduran merupakan kondisi gatal-gatal dan ruam kemerahan pada kulit. Penyebab biduran juga bermacam-macam. Sementara untuk mengatasinya, ada sejumlah obat biduran yang bisa kamu temukan di apotek. Bahkan sejumlah bahan alami pun bisa digunakan untuk mengobati biduran.

Baca Juga: Sedikit Repot, Tapi Segudang Manfaat Sehat dengan Memelihara Hewan di Rumah

Apa itu biduran?

Biduran atau urtikaria adalah kondisi saat kulit mengalami ruam menonjol berwarna merah pucat seperti bentol pada kulit yang muncul secara tiba-tiba. Penyebabnya karena reaksi alergi, bahan kimia dalam makanan, sengatan serangga, hingga paparan sinar matahari.

Selain itu, obat-obatan tertentu bisa membuat tubuh melepaskan zat kimia yang disebut histamin. Histamin terkadang membuat plasma darah keluar dari pembuluh darah kecil di kulit dan bisa menyebabkan biduran.

Obat biduran alami

Untuk mengatasi kondisi kulit seperti biduran, sejumlah obat alami yang bisa menjadi pilihan kamu, antara lain:

Ketika kamu menunggu biduran untuk hilang, kamu bisa melakukan ini:

  1. Gunakan pakaian yang longgar
  2. Bekerja dan tidur di ruangan yang dingin
  3. Gunakan kompres dingin di bagian yang terkena

Selain hal diatas, kamu juga perlu untuk menghindari penggunaan sabun yang membuat iritasi kulit, hindari menggaruk kulit, hindari konsumsi alkohol dan hindari stress.

Baca Juga: Informasi Obat Clobazam: Digunakan Saat Epilepsi dan Kejang Kambuh

Obat medis biduran

Bukan hanya obat alami, inilah beberapa obat-obatan biduran seperti antihistamin, kalamin dan steroid dipakai untuk mengobati biduran dengan efektif:

Antihistamin

Antihistamin adalah obat-obatan yang dikonsumsi untuk mengatasi reaksi alergi, seperti biduran. Beberapa obat-obatan antihistamin yang dapat dibeli di apotek misalnya fexofenadine atau cetirizine.

Steroid

Biasanya dokter akan merekomendasikan obat kortikosteroid. Saat biduran sudah membaik, biasanya dokter akan menurunkan dosis steroidnya, sampai akhirnya dihentikan.

Namun, steroid biasanya hanya digunakan sebagai pengobatan medis biduran untuk sementara waktu. Sebab, jika dikonsumsi dalam jangka panjang, efek samping berbahaya bisa muncul.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. webmd.com diakses 23 Juni 2020. Hives and Your Skin. 23 Juni 2020 pukul 19.00.
  2. medicalneestoday.com (2017) diakses 23 Juni 2020. What are hives (urticaria)?. 23 Juni 2020 pukul 20.00.
    register-docotr