Kamus Obat

Asam Lambung Bikin Engga Nyaman? Ini Obat yang Perlu Kamu Minum

May 5, 2020 | Putri Prima Soraya | dr. Pitoyo Marbun
no-image

Mungkin kamu pernah mengalami sakit di bagian perut dan langsung mengasumsikan sedang mengalami sakit maag. Ternyata, tidak selamanya hal tersebut benar loh. Bisa saja kamu mengalami sakit asam lambung.

Asam lambung memang memiliki gejala yang sama dengan penyakit maag. Dan dapat diatasi dengan berbagai jenis obat.

Sakit asam lambung dan maag merupakan kondisi berbeda dan memerlukan penanganan yang berbeda, meskipun keduanya memiliki gejala yang sangat mirip. Sakit asam lambung secara medis dikenal dengan gastro esophageal reflux disease (GERD).

Semua orang memiliki kemungkinan terkena penyakit ini. Meskipun penyakit asam lambung bukanlah penyakit mematikan, penyakit asam lambung tetap perlu ditangani agar tidak berujung pada peradangan lambung dan usus.

Pengertian asam lambung

Asam lambung merupakan cairan yang diproduksi oleh lambung kita. Asam lambung berguna untuk mencerna makanan yang kita telan. Banyak yang belum tahu, walaupun menimbulkan rasa sakit, asam lambung sebenarnya juga memiliki manfaat untuk tubuh. 

Tanpa adanya asam lambung zat zat gizi yang terkandung dalam makanan tidak bisa kita serap. Karena itulah kita memerlukan asam lambung dalam kondisi yang seimbang.

Pengertian sakit asam lambung

Saat tubuh kita mengalami gangguan pada produksi asam lambung, tubuh akan memproduksi asam lambung secara berlebih dan cairan lambung tersebut bisa saja naik ke kerongkongan, kondisi ini lah yang dikenal dengan GERD.

Sakit asam lambung bisa terjadi karena katup antara kerongkongan dan lambung tidak berfungsi dengan baik, sehingga menyebabkan asam lambung dapat naik ke kerongkongan.

Perbedaan dasar antara sakit maag dan sakit asam lambung terletak pada bagian saluran pencernaan apa yang diserang oleh asam lambung. Namun, bisa saja, kita mengidap kedua penyakit tersebut secara bersamaan.

Gejala sakit asam lambung

Tanda dan gejala khas pada sakit lambung adalah:

  1. Rasa asam dan pahit di lidah.
  2. Heartburn atau rasa panas di ulu hati yang terasa hingga ke daerah dada.

Kedua gejala tersebut spesifik terjadi setelah makan atau saat berbaring. Selain itu, kedua gejala tersebut dapat terjadi berulang kali. Gejala ini akan sangat mengganggu kita dalam beraktivitas. 

Selain gejala-gejala di atas, biasanya ada juga gejala penyerta yang dapat dialami saat seseorang terkena sakit lambung, yaitu :

  1. Kembung.
  2. Mual.
  3. Cepat kenyang.
  4. Sering bersendawa.
  5. Hipersalivasi atau produksi liur berlebih..
  6. Sering mengalami pusing.
  7. Masalah tenggorokan, seperti nyeri, suara serak, atau radang tenggorokan.
  8. Bau mulut.
  9. Erosi pada gigi.

Penyebab sakit asam lambung

Sakit asam lambung dapat terjadi pada siapa saja, dan menyerang berbagai kelompok usia. Umumnya, sakit asam lambung diderita oleh kelompok usia 30-40 tahun. Hal ini dapat disebabkan karena seiring pertambahan usia produksi air liur pada tubuh kita akan berkurang.

Air liur sendiri dapat membantu tubuh untuk menetralkan asam lambung pada kerongkongan. Namun, setiap orang tentu saja memiliki sensitivitas asam lambung yang berbeda-beda.

Karena itulah, pola makan dan gaya hidup yang biasa kamu lakukan juga dapat mempengaruhi sensitivitas lambung untuk memproduksi asam lambung.

Pencegahan sakit asam lambung

Tanpa disadari, beberapa kebiasaan menjadi penyebab kita mengalami sakit asam lambung. Nah, agar kita tidak mengalaminya, kamu bisa mencegah dengan mengganti kebiasaan-kebiasaan yang mendorong asam lambung. 

  • Jangan berbaring setelah makan.
  • Hindari mengangkat barang berat.
  • Hindari pakaian yang ketat, terutama di daerah pinggang.
  • Meninggikan kepala ± 15-20 cm/ menjaga kepala agar tetap elevasi saat posisi berbaring.
  • Menurunkan berat badan bila penderita mengalami obesitas.
  • Membiasakan makan malam 2-3 jam sebelum tidur.
  • Jangan makan terlalu kenyang.
  • Hindari makanan berlemak.
  • Menghindari makanan yang dapat merangsang produksi asam lambung seperti coklat, minuman mengandung kafein, alkohol, dan makanan berlemak, makanan asam dan makanan pedas.
  • Jangan merokok.

Berbagai obat untuk mengatasi ganguan asam lambung

Saat mengalami sakit asam lambung, kita langsung seketika tidak berdaya, karena rasa tidak nyaman yang timbul. Ternyata, ada beberapa bahan-bahan yang mudah kita dapatkan untuk mengatasi sakit lambung kita, baik itu obat tradisional maupun obat apotik. 

Beberapa bahan alami yang dapat digunakan untuk mengobati sakit asam lambung, diantaranya:

1. Kemangi

Pada daun kemangi terdapat antioksidan yang dapat digunakan untuk penyembuhan tukak lambung. Daun kemangi juga dapat menyerap kuman dan unsur beracun, selain itu kemangi  dapat melindungi lambung dari rangsangan.

2. Kunyit

Kunyit dipercaya sejak dahulu kala memiliki khasiat untuk menyembuhkan luka. kunyit dapat menghambat tukak lambung dengan mekanisme kerja yang sama dengan obat reseptor-blocker histamin H2.

3. Pisang

Siapa sangka ternyata buah berkulit kuning ini bisa menyembuhkan asam lambung. Ternyata, sudah sejak lama pisang menjadi pengobatan tradisional di India untuk mengobati penderita maag disertai tukak lambung. Caranya dengan membuat pisang menjadi bubuk. 

Pisang dapat membentuk penghalang kuat antara lambung dan asam. Hal ini disebabkan, karena pisang memiliki pH  yang rendah sehingga dapat menetralisir asam di lambung dan membantu meringankan gejala.

4. Minyak peppermint

Secara tradisional minyak peppermint dipercaya dapat meringankan berbagai gejala seperti mual, gangguan pencernaan dan masalah perut.

Beberapa penelitian menyebutkan minyak peppermint dapat digunakan pada penderita penyakit asam lambung untuk meringankan gejalanya.

Namun, yang perlu kita ingat adalah jangan menggunakan antasida dan minyak peppermint secara bersamaan karena dapat meningkat risiko heartburn.

5. Lidah buaya

Tidak cuma baik untuk rambut, ternyata lidah buaya juga punya khasiat untuk mengobati asam lambung.

Penelitian seputar kemampuan gel lidah buaya telah banyak yang membuktikan bahwa gel lidah buaya mampu menyembuhkan luka, ulkus dan luka bakar.

Kandungan utama dalam lidah buaya adalah glukomanan dan acemannan. Glukomanan berperan menggantikan jaringan kulit serta mengurangi nyeri akibat luka. Acemannan mampu mempercepat penyembuhan luka.

Serta, kandungan air pada gel lidah buaya mampu meningkatkan membantu penyembuhan luka termasuk luka pada lambung yang menyebabkan kenaikan asam lambung.

7. Marshmallow

Bagian akar marshmallow memiliki sifat anti peradangan. Kandungan dari marshmallow adalah 10-30% air dan lendir, karena kandungan ini lah marshmallow dapat melapisi kerongkongan dari asam lambung. Selain melapisi marshmallow pun mampu menenangkan iritasi yang terjadi akibat asam lambung.

8. Baking soda

Baking soda yang sering kita digunakan sebagai bahan dasar pembuatan kue memiliki khasiat untuk menetralkan asam lambung. Baking soda dapat mengurangi rasa terbakar yang muncul saat kita mengalami kenaikan asam lambung.

Cara pengolahan baking soda sebagai obat untuk penyakit asam lambung adalah dengan mencampurkan satu sendok teh dengan delapan ons air kemudian diminum.

Tapi, yang perlu kita perhatikan adalah sebaiknya tidak mengonsumsi ramuan ini selama lebih dari tujuh hari, karena kandungan garam yang terdapat pada baking soda dapat menyebabkan pembengkakan dan mual.

9. Teh chamomile

teh chamomile-obat asam lambung
Teh chamomile. Sumber gambar pixabay

Teh chamomile dapat berguna untuk menyeimbangkan tingkat keasaman di perut. Disarankan bagi kalian yang memiliki penyakit asam lambung untuk meminum secangkir teh chamomile 30 menit atau satu jam sebelum tidur.

Kamu bisa juga menyeduh teh chamomile instan yang sudah banyak tersedia di pasaran,

Kamu dapat menikmati teh chamomile yang sudah tersedia dalam bentuk instan atau juga mengolahnya sendiri dengan merebus air kemudian masukan  kelopak chamomile dan biarkan mendidih selama sekitar 45 detik.

Kemudian saring dan tuangkan teh ke dalam cangkir, tambahkan madu atau lemon sesuai keinginan.

10. Permen karet

Jika kamu mengalami asam lambung, cobalah untuk mengunyah permen karet, karena permen karet dapat mengurangi keluhan dan gejalanya. Pilihlah permen karet bebas gula dan kunyah selama 30 menit setelah mereka makan.

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Journal of Dental Research. Mengunyah permen karet merangsang kelenjar air liur, yang meningkatkan air liur. Air liur dapat membantu tubuh kita untuk menetralkan asam lambung pada kerongkongan.

Selain itu, ada juga obat medis yang dapat dengan mudah kita jumpai di apotik untuk sakit lambung. Tujuan utama dari pengobatan medis pada pasien sakit lambung adalah untuk mempercepat pengosongan lambung.

Selain itu, dapat melindungi permukaan lapisan lambung dan menetralisasi atau menekan pembentukan asam lambung.

Jenis obat-obat an yang bisa kita beli di apotek atau kita dapatkan dari dokter, diantaranya:

1. PPI

PPI merupakan salah satu obat untuk terapi GERD yang memiliki keefektifan serupa dengan terapi pembedahan. Jika dibandingkan dengan obat lain, PPI terbukti paling efektif mengatasi gejala serta menyembuhkan sakit lambung.

Yang termasuk obat-obat golongan PPI adalah omeprazole 20 mg, pantoprazole 40 mg, lansoprazole 30 mg, esomeprazole 40 mg dan rabeprazole 20 mg.

PPI dapat diberikan secara dosis tunggal maupun dosis ganda. Untuk dosis tunggal umumnya diberikan pada pagi hari sebelum makan pagi. Sedangkan dosis ganda diberikan pagi hari sebelum makan pagi dan malam hari sebelum makan malam.

2. Antagonis H2

Antagonis H2 merupakan obat yang bekerja menghambat pembentukan asam lambung, sehingga dapat meredakan rasa nyeri pada pasien penyakit asam lambung. 

Contoh obat yang termasuk dalam golongan antagonis H2 diantaranya adalah simetidin, ranitidin, famotidin, dan nizatidin.

3. Obat prokinetik

Selain kedua golongan obat PPI dan histamine 2 blocker, penderita sakit asam lambung juga dapat diberikan suatu obat prokinetik.

Obat ini merupakan golongan obat yang dapat berfungsi mempercepat proses pengosongan perut, sehingga mengurangi produksi asam lambung dan asam lambung tidak bisa naik ke kerongkongan.

Obat yang termasuk ke dalam golongan prokinetik adalah domperidon dan metoklopramid.

4. Perawatan dengan obat antasida

Obat ini dapat digunakan jika kamu menderita sakit asam lambung namun masih dalam kategori ringan. Selain itu, dapat pula dikombinasikan dengan obat yang berasal dari golongan PPI untuk terapi perawatan.

Ingatlah, untuk selalu membaca informasi mengenai obat yang kita minum secara teliti. Bacalah informasi mengenai dosis, cara pakai dan interaksi yang mungkin terjadi pada bagian label informasi obat.

Jika penggunaan obat-obatan yang diberikan oleh dokter belum dapat mengatasi penyakit asam lambung yang diderita, pasien dapat menjalani operasi bedah antirefluks untuk mengurangi atau menyembuhkan sakit asam lambung.

Itulah hal hal terkait penyakit asam lambung yang perlu kita ketahui.  Meskipun tidak tergolong penyakit mematikan, namun kamu tidak boleh meremehkannya karena dapat menimbulkan komplikasi.

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Download di sini untuk berkonsultasi dengan mitra dokter kami.

Reference

Universitas Sumatra Utara (2011). Diakses pada 02 Mei 2020. Jannah, M., 2011. Perancangan Sistem Pakar Untuk Mendiagnosa Penyakit Lambung Dengan Metode Dempster Shafer.  

Kalbemed (2017). Diakses pada 02 Mei 2020. Saputera, M.D. and Budianto, W., Diagnosis dan Tatalaksana Gastroesophageal Re ux Disease (GERD) di Pusat Pelayanan Kesehatan Primer. 

Univesitas Surabaya (2013). Diakses pada 02 Mei 2020. Irawati, S., 2013. Penatalaksanaan Gastroesophageal Reflux Disease (GERD). Rasional, 11(1). 

Jurnal Farmasi Higea (2017). Diakses pada 02 Mei 2020. Oktavia, S., Arifin, H. and Irawati, R., 2017. Pengaruh Ekstrak Etanol Daun Kemangi (Ocimum sanctum L.) Terhadap pH dan Tukak Lambung Pada Tikus Putih Jantan. Jurnal Farmasi Higea, 7(2), pp.139-151. 

As- syifaa Jurnal Farmasi (2014).Diakses pada 02 Mei.  Nurlina, N., Tomagola, M.I., Hasyim, N. and Rahman, F., 2014. Formulasi suspensi kering kombinasi ekstrak etanol kunyit (Curcuma longa L.) dan serbuk daging buah pisang kepok (Musa balbisiana Colla.) dengan variasi bahan pensuspensi. As-Syifaa Jurnal Farmasi, 6(2), pp.166-177. 

Jurnal Kesehatan Andalas (2018). Diakses pada 02 Mei.  Mustaqim, A., Asri, A. and Almurdi, A., 2018. Pengaruh Pemberian Gel Lidah Buaya (Aloe vera) Terhadap Gambaran Histopatologi Gaster Tikus Wistar yang Diinduksi Indometasin. Jurnal Kesehatan Andalas, 6(3), pp.641-646. 

Website

Healthline (2016). Diakses pada 02 Mei 2020. Herbs and Supplements for Acid Reflux (GERD)

Research gate (2010). Diakses pada 02 Mei 2020. Herbs for Gastroesophageal Reflux Disease

annmariegianni (2015). Diakses pada 02 Mei 2020. WHY ANTACIDS DON’T WORK (USE THIS HERB TO EASE ACID REFLUX, INSTEAD)

Fisher (2017). Diakses pada 02 Mei 2020. 7 Natural GERD Home Remedy Solutions

    Berita Terkait
    register-docotr