Kamus Obat

Asam Lambung Bikin Enggak Nyaman? Ini Obat yang Perlu Kamu Minum

April 28, 2021 | Putri Prima Soraya | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Pastikan untuk mengecek kesehatanmu dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Konsultasi seputar gangguan metabolisme tubuh dengan mitra dokter spesialis kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Perut tidak nyaman, mulas, mual, kembung hingga rasa terbakar di dada setelah makan bisa menjadi tanda atau gejala adanya masalah asam lambung. Kamu bisa coba mengatasinya dengan obat asam lambung alami. 

Obat alami ini bisa berupa herbal atau berasal dari bahan-bahan rumahan lain yang mudah didapatkan. Berikut daftar selengkapnya!

Pengertian asam lambung

Asam lambung merupakan cairan yang diproduksi oleh lambung kita. Asam lambung berguna untuk mencerna makanan yang kita telan. Banyak yang belum tahu, walaupun menimbulkan rasa sakit jika berlebih, asam lambung sebenarnya juga memiliki manfaat untuk tubuh. 

Tanpa adanya asam lambung zat zat gizi yang terkandung dalam makanan tidak bisa kita serap. Karena itulah kita memerlukan asam lambung dalam kondisi yang seimbang.

Pengertian sakit asam lambung

Saat tubuh kita mengalami gangguan pada produksi asam lambung, tubuh akan memproduksi asam lambung secara berlebih . Cairan lambung tersebut bisa saja naik ke kerongkongan, kondisi ini yang dikenal dengan GERD.

Sakit asam lambung bisa terjadi karena katup antara kerongkongan dan lambung tidak berfungsi dengan baik, sehingga menyebabkan asam lambung dapat naik ke kerongkongan.

Gejala sakit asam lambung

Tanda dan gejala khas pada sakit lambung adalah:

  1. Rasa asam dan pahit di lidah.
  2. Heartburn atau rasa panas di ulu hati yang terasa hingga ke daerah dada.

Kedua gejala tersebut spesifik terjadi setelah makan atau saat berbaring. Selain itu, kedua gejala tersebut dapat terjadi berulang kali. Gejala ini akan sangat mengganggu kita dalam beraktivitas. 

Selain gejala-gejala di atas, biasanya ada juga gejala penyerta yang dapat dialami saat seseorang terkena sakit lambung, yaitu :

  1. Kembung.
  2. Mual.
  3. Cepat kenyang.
  4. Sering bersendawa.
  5. Hipersalivasi atau produksi liur berlebih..
  6. Sering mengalami pusing.
  7. Masalah tenggorokan, seperti nyeri, suara serak, atau radang tenggorokan.
  8. Bau mulut.
  9. Erosi pada gigi.

Penyebab sakit asam lambung

Sakit asam lambung dapat terjadi pada siapa saja, dan menyerang berbagai kelompok usia. Umumnya, sakit asam lambung diderita oleh kelompok usia 30-40 tahun. Hal ini dapat disebabkan karena seiring pertambahan usia produksi air liur pada tubuh kita akan berkurang.

Air liur sendiri dapat membantu tubuh untuk menetralkan asam lambung pada kerongkongan. Namun, setiap orang tentu saja memiliki sensitivitas asam lambung yang berbeda-beda.

Karena itulah, pola makan dan gaya hidup yang biasa kamu lakukan juga dapat mempengaruhi sensitivitas lambung untuk memproduksi asam lambung.

Pencegahan sakit asam lambung

Tanpa disadari, beberapa kebiasaan menjadi penyebab kita mengalami sakit asam lambung. Nah, agar kita tidak mengalaminya, kamu bisa mencegah dengan mengganti kebiasaan-kebiasaan yang mendorong peningkatan asam lambung. 

  • Jangan berbaring setelah makan.
  • Hindari mengangkat barang berat.
  • Hindari pakaian yang ketat, terutama di daerah pinggang.
  • Meninggikan kepala ± 15-20 cm/ menjaga kepala agar tetap elevasi saat posisi berbaring.
  • Menurunkan berat badan bila penderita mengalami obesitas.
  • Membiasakan makan malam 2-3 jam sebelum tidur.
  • Jangan makan terlalu kenyang.
  • Hindari makanan berlemak.
  • Menghindari makanan yang dapat merangsang produksi asam lambung seperti coklat, minuman mengandung kafein, alkohol, dan makanan berlemak, makanan asam dan makanan pedas.
  • Jangan merokok.

Obat asam lambung alami

Saat mengalami sakit asam lambung, kita langsung seketika tidak berdaya, karena rasa tidak nyaman yang timbul. Ternyata, ada beberapa bahan-bahan yang mudah kita dapatkan untuk mengatasi sakit lambung kita, baik itu obat tradisional maupun obat apotek. 

Beberapa bahan alami yang dapat digunakan untuk mengobati sakit asam lambung, diantaranya:

1. Kemangi

Daun kemangi bisa menjadi obat maag atau obat GERD. Pada daun kemangi terdapat antioksidan yang dapat digunakan untuk penyembuhan tukak lambung. Daun kemangi juga dapat menyerap kuman dan unsur beracun, selain itu kemangi  dapat melindungi lambung.

2. Kunyit

Kunyit dipercaya sejak dahulu kala memiliki khasiat untuk menyembuhkan luka. Rempah ini bisa digunakan sebagai obat GERD atau obat asam lambung karena dapat menghambat tukak lambung dengan mekanisme kerja yang sama dengan obat reseptor-blocker histamin H2.

3. Pisang

Siapa sangka ternyata buah berkulit kuning ini bisa dipakai sebagai obat asam lambung. Ternyata, sudah sejak lama pisang menjadi pengobatan tradisional di India untuk mengobati penderita maag disertai tukak lambung. Caranya dengan membuat pisang menjadi bubuk. 

Pisang dapat membentuk penghalang kuat antara lambung dan asam. Hal ini disebabkan, karena pisang memiliki pH  yang rendah sehingga dapat menetralisir asam di lambung dan membantu meringankan gejala.

4. Minyak peppermint

Secara tradisional minyak peppermint dapat dijadikan obat asam lambung alami, karena dipercaya bisa meringankan berbagai gejala seperti mual, gangguan pencernaan dan masalah perut.

Beberapa penelitian menyebutkan minyak peppermint dapat digunakan pada penderita penyakit asam lambung untuk meringankan gejalanya.

Namun, yang perlu kita ingat adalah jangan menggunakan antasida dan minyak peppermint secara bersamaan karena dapat meningkat risiko heartburn.

5. Lidah buaya

Tidak cuma baik untuk rambut, ternyata lidah buaya juga bisa digunakan sebagai obat GERD atau obat maag, lho.

Penelitian seputar kemampuan gel lidah buaya telah banyak yang membuktikan bahwa gel lidah buaya mampu menyembuhkan luka, ulkus dan luka bakar.

Kandungan utama dalam lidah buaya adalah glukomanan dan acemannan. Glukomanan berperan menggantikan jaringan kulit serta mengurangi nyeri akibat luka. Acemannan mampu mempercepat penyembuhan luka.

Selain itu, kandungan air pada gel lidah buaya mampu meningkatkan membantu penyembuhan luka termasuk luka pada lambung yang menyebabkan kenaikan asam lambung.

Obat GERD dan obat maag di apotek

Menurut Medical News Today, GERD dan maag bisa diatasi dengan obat yang relatif sama. Selain menggunakan bahan alami, kamu juga bisa membeli obat maag atau obat GERD yang dijual di apotek, di antaranya:

1. PPI

PPI mengurangi asam lambung dan lebih kuat dari antagonis reseptor H-2. Contohnya adalah Aciphex, Nexium, Prevacid, Prilosec, Protonix, dan Zegerid.

2. Antagonis H2

Antagonis H2 merupakan obat yang bekerja menghambat pembentukan asam lambung, sehingga dapat meredakan rasa nyeri pada pasien penyakit asam lambung. 

3. Obat prokinetik

Selain kedua golongan obat PPI dan histamine 2 blocker, penderita sakit asam lambung juga dapat diberikan suatu obat prokinetik.

Obat ini merupakan golongan obat yang dapat berfungsi mempercepat proses pengosongan perut, sehingga mengurangi produksi asam lambung dan asam lambung tidak bisa naik ke kerongkongan.

Obat yang termasuk ke dalam golongan prokinetik adalah metoklopramid.

4. Perawatan dengan obat antasida

Obat ini dapat digunakan jika kamu menderita sakit asam lambung namun masih dalam kategori ringan. Selain itu, dapat pula dikombinasikan dengan obat yang berasal dari golongan PPI untuk terapi perawatan.

Ingatlah, untuk selalu membaca informasi mengenai obat yang kita minum secara teliti. Bacalah informasi mengenai dosis, cara pakai dan interaksi yang mungkin terjadi pada bagian label informasi obat.

Makanan yang sebaiknya dihindari

Mengonsumsi obat maag atau obat GERD saja belum cukup untuk mengatasi asam lambung yang naik. Kamu juga sebaiknya menghindari beberapa makanan dan minuman yang bisa memperburuk gejala heartburn. Daftar makanan dan minuman tersebut meliputi:

  • Cokelat
  • Buah dan jus jeruk
  • Alkohol
  • Kafein
  • Minuman berkarbonasi
  • Tomat dan semua makanan yang berbahan dasar tomat
  • Bawang putih
  • Makanan pedas
  • Makanan yang digoreng
  • Makanan berlemak

Beberapa makanan tersebut dapat meningkatkan tingkat keasaman lambung dan mengiritasi kerongkongan.

Itulah hal hal terkait penyakit asam lambung yang perlu kita ketahui.  Meskipun tidak tergolong penyakit mematikan, namun kamu tidak boleh meremehkannya karena dapat menimbulkan komplikasi.

Cek kesehatan lambungmu di Klinik Maag bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini ya!

register-docotr