Kamus Obat

Calamine

February 15, 2021 | Arin Khurota | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Calamine (kalamin) merupakan obat kombinasi dari zink oxide dan besi trioksida 5% (Fe2O3). Obat ini telah digunakan sebagai losion sejak 1500 SM.

Kini, calamine telah termasuk dalam daftar obat esensial World Health Organization (WHO). Terkadang, obat ini diproduksi dengan bahan tambahan fenol dan kalsium hidroksida.

Berikut informasi selengkapnya mengenai calamine, manfaat, dosis, cara pakai, serta risiko efek samping yang mungkin terjadi.

Untuk apa obat calamine?

Calamine adalah obat yang digunakan untuk mengobati gatal dan iritasi kulit yang disebabkan oleh cacar air, sengatan serangga, campak, eksim, sengatan matahari, dan kondisi kulit kecil lainnya.

Begitu dioleskan pada kulit, obat ini dapat menimbulkan sensasi dingin pada kulit saat menguap. Sifat inilah yang membuat calamine dapat digunakan untuk mengeringkan iritasi kulit.

Calamine telah tersedia sebagai obat generik yang sangat umum dijumpai di beberapa apotek terdekat. Obat ini hanya tersedia sebagai obat topikal baik dalam bentuk krim atau losion.

Apa fungsi dan manfaat obat calamine?

Calamine memiliki fungsi yang belum pasti diketahui dari cara kerjanya. Namun, obat ini diklaim memiliki sifat pelindung kulit dan senyawa yang efektif dalam meredakan gatal.

Calamine juga tampaknya dapat memperlambat pertumbuhan bakteri sehingga mencegah infeksi yang semakin memburuk. Kandungan bahan aktif zinc oxide juga memiliki efek menenangkan dan sifat antiseptik yang membantu mencegah infeksi akibat garukan.

Dalam dunia kesehatan, umumnya calamine dimanfaatkan untuk mengatasi beberapa masalah yang berkaitan dengan kondisi berikut:

1. Alergi kulit akibat tanaman beracun

Banyak tanaman beracun yang sangat umum dijumpai dan mungkin tidak berbahaya. Namun, beberapa tanaman beracun dapat menimbulkan efek buruk bila tertelan atau melakukan kontak dengan kulit.

Beberapa tanaman beracun dapat mengandung senyawa fenolik yang disebut urushiol (oleoresin), zat alergen yang sangat mengiritasi. Reaksi alergi terhadap tanaman racun tidak dapat disembuhkan, tetapi gejalanya dapat ditangani.

Perawatan biasanya terbatas pada pengobatan mandiri karena ruam dapat hilang dengan sendirinya dalam dua hingga tiga minggu. Untuk membantu meredakan gatal, kamu dapat mandi dengan air dingin, mengompres kulit, dan mengoleskan obat losion.

Jika ruamnya parah dan meluas atau mungkin muncul lepuh, dokter mungkin meresepkan kortikosteroid oral. Dan untuk menghilangkan sensasi gatal dan rasa ingin menggaruk, beberapa obat dapat direkomendasikan.

Calamine merupakan salah satu obat yang paling sering direkomendasikan untuk memberikan sensasi dingin pada kulit iritasi. Selain itu, pemberian obat ini juga dapat meredakan rasa ingin menggaruk kulit akibat gatal.

Calamine juga diberikan untuk menunjang pengobatan supaya dapat sembuh lebih cepat. Sifat obat ini yang dapat mengeringkan iritasi pada kulit sangat disukai sebagai terapi obat pelengkap.

2. Luka bakar ringan

Luka bakar ringan dapat terjadi setelah seseorang tanpa sengaja menyentuh kompor panas, alat pengeriting rambut, atau pelurus rambut. Jika kamu mengalami luka bakar ringan, kulit kamu mungkin menjadi merah dan nyeri, dan mungkin mengalami pembengkakan ringan.

Luka bakar ringan tidak seperti luka bakar tingkat dua atau tingkat tiga. Luka bakar ringan (tingkat satu) hanya mengenai lapisan kulit bagian atas.

Kebanyakan luka bakar ringan hanya perlu perawatan mandiri. Namun, penting untuk mengetahui apa yang harus dilakukan untuk pertolongan pertama untuk luka bakar sehingga tidak menimbulkan luka parut.

Salah satu perawatan untuk luka bakar ringan adalah dengan mengoleskan losion untuk menghilangkan sensasi perih akibat terbakar.

Namun, bahan-bahan tersebut mungkin tidak membantu kamu untuk mengeringkan luka lebih cepat. Untuk beberapa kasus, calamine lebih direkomendasikan sebagai obat pertolongan pertama.

Ketika dioleskan pada luka bakar ringan, losion calamine dapat membantu meredakan sensasi perih akibat terbakar. Selain itu, obat ini juga dapat mempercepat penyembuhan dengan sifat astringennya.

3. Kudis

Kudis merupakan jenis penyakit kulit yang disebabkan oleh tungau Sarcoptes scabiei. Penyakit ini jika tidak ditangani, maka tungau dan telurnya dapat hidup di kulit dan berkembang biak selama berbulan-bulan.

Gejala utama infeksi kudis adalah kemerahan dan rasa gatal pada kulit dan biasanya terlihat di pergelangan tangan, siku, ketiak, puting susu, alat kelamin, dan area di antara jari.

Infeksi kudis muncul sebagai respons dari gigitan tungau sehingga menimbulkan rasa gatal atau benjolan pada kulit. Calamine dapat diberikan untuk membantu mengobati kudis. Namun, obat ini bukanlah sebagai obat lini pertama.

4. Herpes zoster

Herpes zoster merupakan infeksi virus yang disebabkan oleh virus cacar air yang aktif kembali. Virus ini dikenal sebagai virus varicella-zoster.

Penyakit ini lebih parah daripada cacar air dan dapat menyebabkan lepuh dan ruam yang menyakitkan. Pengobatan utama untuk penyakit ini dengan pemberian obat-obatan antivirus, seperti asiklovir dan valasiklovir.

Untuk mengurangi rasa gatal dan lecet yang disebabkan oleh herpes zoster dapat diberikan losion calamine. Tindakan antiseptik ringan oleh calamine dapat mencegah penyebaran infeksi karena menggaruk kulit yang terinfeksi.

Namun, harus diingat bahwa losion kalamin hanya membantu meredakan gejala dan tidak memiliki tindakan antivirus yang dapat mengobati akar penyebab infeksi.

5. Insect Bite

Insect bite adalah gigitan serangga, dapat menyebabkan iritasi parah dan kemerahan pada kulit. Gigitan serangga juga dapat menyebabkan sensasi perih dan gatal atau bahkan menyebabkan bengkak.

Mengoleskan losion kalamin secara topikal pada area yang digigit dapat membantu meredakan sensasi perih. Sifat antiseptik obat ini akan mempercepat penyembuhan dan mengurangi pembengkakan dengan cepat.

6. Acne Vulgaris

Losion calamine bila dioleskan secara topikal dapat digunakan sebagai pengobatan acne vulgaris atau jerawat. Efek astringen obat ini dapat mengontrol minyak kulit tetap terkendali.

Meskipun calamine tidak mengobati penyebab jerawat, obat ini dapat membantu mempercepat penyembuhannya. Calamine juga dapat mengurangi peradangan kulit akibat jerawat dan pustula dengan mengeringkannya secara efektif.

Jika kamu memiliki kulit berminyak dan mudah berjerawat, penggunaan rutin obat ini dapat mengurangi produksi minyak berlebih di kulit. Selain itu, calamine juga dapat mencegah pembentukan jerawat lebih lanjut.

Namun, perlu kamu perhatikan bahwa jerawat yang terlalu kering dapat menjadi lebih parah dengan menyebabkan iritasi. Jadi, gunakan losion dalam jumlah kecil dan diikuti dengan pelembap yang cocok.

Merek dan harga obat calamine

Calamine diedarkan secara luas dan telah mendapatkan izin penggunaan medis di Indonesia melalui Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Beberapa merek obat yang telah terdaftar secara resmi, antara lain:

  • Alegra
  • Calarex
  • Baby Powder
  • Herocyn
  • Caladine
  • Mami Calacyn Lotion
  • Caladryl

Obat ini termasuk dalam obat bebas sehingga kamu bisa mendapatkannya di beberapa apotek tanpa resep dokter. Informasi mengenai harga dari beberapa merek obat calamine bisa kamu baca berikut ini:

  • Purekids Itchy cr 10gr. Sediaan krim mengandung cajuput oil, calamine, chamomile, dan oat kernel. Obat ini bisa kamu dapatkan dengan harga Rp28.042/tube.
  • Caladine powder 100gr. Sediaan bedak tabur mengandung calamine, zinc oxide, champora, mentol, dan parfum. Obat ini bisa kamu dapatkan dengan harga Rp18.545/pcs.
  • Bedak biang keringat Konicare. Sediaan bedak tabur terutama untuk bayi yang mengandung kalamin, zinc oxide, allatoin, vitamin E, dan beberapa komposisi lain. Obat ini bisa kamu dapatkan dengan harga Rp16.131/botol.
  • Calamed lotion 100mL. Sediaan losion mengandung diphenhydramine, calamine, camphora, dan alkohol. Obat ini bisa kamu dapatkan dengan harga Rp21.924/pcs.

Bagaimana cara pakai obat calamine?

Beberapa hal lain yang bisa kamu pertimbangkan saat menggunakan calamine, antara lain:

  • Gunakan obat sesuai dosis yang tertera di label kemasan obat atau seperti yang ditentukan oleh dokter. Jangan gunakan dalam jumlah yang lebih besar atau lebih kecil atau lebih lama dari yang direkomendasikan.
  • Sebelum mengoleskan losion atau krim calamine, bersihkan kulit dengan air hangat atau bisa kamu lakukan perawatan setelah mandi. Kemudian keringkan kulit dengan handuk.
  • Kocok losion calamine sebelum digunakan.
  • Oleskan losion pada kulit dan gosok dengan lembut.
  • Losion calamine dapat meninggalkan lapisan tipis pada kulit saat mengering. Kamu dapat menutupi area tersebut dengan pakaian longgar, tetapi mungkin dapat menodai pakaian yang menutupinya.
  • Jika kamu ingin menggunakannya sebagai pengobatan topikal, celupkan bola kapas dalam losion. Oleskan obat pada area yang terkena dan biarkan mengering. Lakukan pengobatan secara teratur hingga efek terapi yang diinginkan muncul.
  • Untuk menghilangkan losion dari kulit, rendam kain bersih dengan air hangat dan seka kulit dengan lembut. Losion yang mengering dapat mudah dihilangkan.
  • Cuci tangan dengan sabun dan air setelah mengoleskan obat.
  • Hubungi dokter apabila gejala tidak membaik setelah 7 hari pengobatan, atau mungkin gejala hilang dan kemudian kembali lagi.
  • Simpan obat calamine pada suhu kamar jauh dari kelembapan dan panas matahari. Losion atau krim obat jangan dibekukan atau didinginkan.

Berapa dosis obat obat calamine?

Dosis dewasa

  • Dosis lazim: oleskan ke area yang ingin diobati 1-4 kali sehari
  • Obat dapat dioleskan setelah mandi

Dosis anak

Dosis lazim: oleskan 3 sampai 4 kali sehari dalam lapisan tipis pada kulit yang ingin diobati atau sesuai kebutuhan

Apakah calamine aman untuk ibu hamil dan menyusui?

Sampai saat ini, belum tersedia informasi mengenai keamanan obat calamine untuk ibu hamil dan menyusui. Beberapa ahli medis menyatakan bahwa obat ini aman digunakan.

Tanyakan lebih lanjut dengan dokter atau apoteker untuk memastikan keamanan obat sebelum menggunakan obat ini.

Apa efek samping obat calamine yang mungkin terjadi?

Beberapa efek samping dari penggunaan calamine biasanya hanya memengaruhi area topikal. Hentikan pengobatan dan hubungi dokter apabila terjadi reaksi efek samping berikut:

  • Tanda-tanda reaksi alergi terhadap calamine, seperti gatal-gatal, sulit bernapas, pembengkakan wajah, bibir, lidah, atau tenggorokan.
  • Kulit kemerahan, ruam, nanah, atau muncul tanda infeksi lainnya.

Peringatan dan perhatian

Kamu tidak boleh menggunakan topikal calamine, zinc oxide, atau bagian lain dari obat ini apabila kamu memiliki riwayat alergi sebelumnya.

Tanyakan kepada dokter atau apoteker apakah aman untuk menggunakan calamine jika kamu memiliki kondisi medis lain, terutama alergi.

Tidak diketahui apakah topikal calamine akan membahayakan bayi yang belum lahir atau bayi yang menyusui. Jangan gunakan obat ini tanpa berkonsultasi dengan dokter saat kamu sedang hamil atau menyusui.

Obat ini tidak untuk diminum. Obat calamine hanya digunakan pada kulit. Jika obat masuk ke dalam mata, hidung, mulut, rektum, atau vagina, segera bilas dengan air.

Hindari menggunakan obat lain di area yang kamu rawat dengan calamine kecuali jika dokter menyuruh kamu melakukannya.

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Download di sini untuk berkonsultasi dengan mitra dokter kami.

Reference

Healthline Media, Inc, diakses pada 1 Februari 2021, Calamine Lotion Uses: Benefits, Application & Potential

Medicinenet, diakses pada 1 Februari 2021, Calamine Lotion for Sunburn, Poison Ivy, & Shingles Relief

Netdoctor UK, diakses pada 1 Februari 2021, Calamine cream and lotion – Netdoctor

The Monthly Index of Medical Specialities (MIMS), diakses pada 1 Februari 2021, Calamine – MIMS.com

Pusat Informasi Obat Nasional (Pionas), diakses pada 1 Februari 2021, KALAMIN | PIO Nas

National Center for Biotechnology Information (NCBI), diakses pada 1 Februari 2021, Calamine | Fe2O4Zn – PubChem

    register-docotr