Kamus Obat

Astaxanthin

April 12, 2021 | Arin Khurota | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Astaxanthin merupakan pigmen kemerahan yang secara alami terdapat pada beberapa jenis alga, ikan salmon, lobster, udang, dan makanan laut lain. Pigmen ini termasuk xanthophyll alami dari kelompok yang disebut karotenoid.

Pernahkah kamu bertanya-tanya, mengapa udang yang berwarna abu-abu berubah menjadi kemerahan saat dimasak? Astaxanthin inilah yang menjadi alasannya dan ia diketahui memiliki beberapa manfaat yang baik untuk kesehatan. Berikut informasinya selengkapnya!

Untuk apa obat astaxanthin?

Astaxanthin adalah suplemen makanan yang digunakan untuk membantu menjaga kesehatan mata, kulit, jantung, dan imunitas tubuh. Suplemen ini juga baik untuk mencegah radikal bebas dalam tubuh dan membantu mengurangi peradangan.

Suplemen ini tersedia sebagai sediaan tablet, kapsul, dan kapsul lunak yang umumnya diminum. Astaxanthin bisa kamu dapatkan tanpa resep dokter.

Apa fungsi dan manfaat obat astaxanthin?

Astaxanthin memiliki fungsi sebagai antioksidan, antiinflamasi, dan memiliki potensi antineoplastik (kemampuan untuk menghambat pertumbuhan sel kanker).

Suplemen ini bertindak sebagai antioksidan dan mengurangi stres oksidatif sehingga mencegah oksidasi protein dan lipid serta kerusakan DNA. Astaxanthin juga dapat menghambat aktivitas cyclooxygenase-1 (COX-1) dan nitric oxide (NO) dalam tubuh sehingga mengurangi peradangan.

Astaxanthin secara khusus memiliki manfaat untuk beberapa kondisi kesehatan berikut:

Mengurangi risiko penyakit kardiovaskular

Pigmen ini berpotensi menurunkan risiko penyakit jantung dengan cara menurunkan tekanan darah. Selain itu, astaxanthin juga mendukung membran sel jantung untuk menebalkan dinding arteri.

Suplemen ini juga dapat mengurangi trigliserida dan kolesterol LDL (jahat). Di sisi lain, ia akan meningkatkan kadar kolesterol HDL (baik) untuk lebih mendukung kesehatan jantung dalam jangka panjang.

Meningkatkan kesehatan kognitif

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa astaxanthin memiliki manfaat sebagai antiinflamasi pada otak dengan aktivitas antioksidan yang dimilikinya.

Studi tersebut menunjukkan bahwa suplemen ini dapat mengurangi risiko Alzheimer. Efek perlindungannya sangat kuat karena astaxanthin dapat melewati sawar otak dan mencapai bagian otak yang paling membutuhkan efek antioksidan.

Membantu menjaga kesehatan kulit

Astaxanthin merupakan antioksidan yang bermanfaat untuk kesehatan kulit dan dapat melindungi kulit dari sengatan matahari serta sinar UV.

Suplemen ini juga memiliki efek antipenuaan yang baik karena dapat meningkatkan kelembapan kulit. Selain itu, ia dapat meningkatkan elastisitas untuk mengurangi garis-garis halus, kerutan, dan bintik-bintik penuaan.

Hal tersebut secara perlahan dapat membuat kulit tampak lebih sehat dan awet muda. Dan suplemen akan bekerja dengan baik saat diaplikasikan secara topikal.

Meningkatkan daya tahan tubuh

Suplemen ini memiliki manfaat yang cukup baik dalam membantu pemulihan otot. Dalam beberapa penelitian menunjukkan bahwa astaxanthin dapat membantu proses latihan pascaistirahat panjang. Selain itu, ia juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

Astaxanthin membantu tubuh memproses dan menggunakan asam lemak dan lipid secara lebih efektif. Dengan demikian, ia dapat meningkatkan daya tahan olahraga dan bahkan mengurangi kerusakan otot.

Mengurangi nyeri sendi

Astaxanthin memiliki sifat antiinflamasi yang cukup kuat sehingga merupakan pilihan suplemen alami yang baik untuk mengurangi nyeri sendi. Namun, fungsi untuk tujuan ini masih dalam tahap penelitian.

Studi penelitian menunjukkan bahwa potensi antioksidan astaxanthin dapat mengurangi rasa sakit dan kekakuan sendi, serta kondisi peradangan lainnya seperti sindrom lorong karpal.

Membantu meningkatkan kesuburan pria

Mungkin beberapa orang tidak memercayai bahwa antioksidan ini dapat mengurangi ketidaksuburan pada pria.

Dalam studi penelitian double-blind, para peneliti menemukan bahwa efek astaxanthin pada pria dapat meningkatkan jumlah sperma serta motilitas sperma yang lebih baik.

Bagaimana cara minum obat astaxanthin?

Kamu bisa meminum obat ini sesuai kebutuhan. Biasanya kamu cukup meminumnya sekali atau dua kali sehari. Jika ada hal yang belum kamu pahami mengenai cara minum obat, tanyakan kembali pada dokter atau apoteker.

Kamu bisa meminum obat setelah makan. Namun, beberapa merek obat ada yang disarankan untuk diminum bersama dengan makanan. Baca aturan pakai serta dosis minum yang tertera di label kemasan obat.

Sebaiknya suplemen diminum dalam bentuk kapsul atau tablet utuh dengan segelas air putih. Jangan dikunyah, dihancurkan, atau dilarutkan kecuali ada arahan dari dokter.

Kamu bisa menyimpan suplemen pada suhu kamar, terhindar dari kelembapan dan paparan sinar matahari setelah digunakan.

Berapa dosis obat astaxanthin?

Dosis dewasa

Saat ini belum ada ketentuan khusus mengenai dosis pasti dari astaxanthin. Dosis astaxanthin yang tepat bergantung pada beberapa faktor seperti usia pengguna, kesehatan, dan beberapa kondisi lainnya.

Apakah astaxanthin aman untuk ibu hamil dan menyusui?

Saat ini belum ada penelitian ilmiah mengenai risiko penggunaan suplemen pada ibu hamil. Sebaiknya jangan mengonsumsi suplemen ini tanpa rekomendasi dari dokter.

Suplemen ini juga belum diketahui apakah dapat terserap dalam ASI sehingga tidak diketahui mengenai keamanan penggunaan pada ibu menyusui.

Apa efek samping obat astaxanthin yang mungkin terjadi?

Suplemen ini umumnya tidak menimbulkan efek samping apabila dikonsumsi dalam dosis dan durasi pengobatan yang direkomendasikan.

Peringatan dan perhatian

Jangan mengonsumsi astaxanthin apabila kamu pernah mengalami gejala alergi dengan suplemen ini, seperti sesak napas, ruam kemerahan pada kulit, serta gatal-gatal.

Kamu mungkin juga tidak dapat mengonsumsi astaxanthin apabila kamu memiliki riwayat alergi terhadap bahan makanan yang mengandung pigmen ini.

Konsultasikan dengan dokter sebelum mengonsumsi suplemen ini.

Konsultasikan lebih dahulu sebelum menggunakan suplemen astaxanthin apabila kamu sedang hamil atau menyusui bayi.

Beritahu dokter mengenai obat-obatan lain yang kamu sedang gunakan, termasuk obat resep atau obat suplemen vitamin lain.

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Download di sini untuk berkonsultasi dengan mitra dokter kami.

Reference

WebMD, diakses pada 22 Maret 2021, ASTAXANTHIN: Overview, Uses, Side Effects, Precautions

Science Direct, diakses pada 22 Maret 2021, Astaxanthin – an overview

National Center for Biotechnology Information (NCBI), diakses pada 22 Maret 2021, Astaxanthin | C40H52O4 – PubChem

 

    register-docotr