Diet dan Nutrisi

Wajib Tahu! Ini 8 Manfaat Daun Kelor untuk Wajah dan Kesehatan Tubuh

January 12, 2021 | Muhammad Hanif S. | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Sebagian masyarakat Indonesia sudah tak asing dengan daun kelor. Ya, tanaman ini dipercaya mampu mengobati berbagai penyakit. Meski nyatanya ada banyak manfaat daun kelor untuk kesehatan tubuh yang tak kalah menakjubkan.

Berbagai manfaat daun kelor tak lepas dari kandungan nutrisi yang dibawanya, seperti zat besi, senyawa antioksidan, protein, magnesium, dan lainnya.

Baca Juga: Luar Biasa, Ini 9 Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan

Kandungan nutrisi daun kelor

Daun kelor memiliki nilai gizi yang tinggi. Sebuah jurnal yang diterbitkan dalam Buletin Pertanian Perkotaan menyebut daun kelor dijuluki ‘Mother’s Best Friend dan Miracle Tree’ karena khasiat dan manfaatnya.

Dalam jurnal disebutkan daun kelor sangat kaya nutrisi, memiliki kandungan antioksidan yang tinggi serta memiliki manfaat sebagai antimikroba. Tanaman yang berbunga sepanjang tahun ini memiliki kandungan kalsium, zat besi, protein, vitamin A, vitamin B dan vitamin C.

Penulis jurnal tersebut mengutip beberapa penelitian dan menjabarkan kandungan daun kelor yang penuh nilai gizi sebagai berikut:

Kandungan daun kelor segar

Komponen gizi dalam daun kelor segar adalah sebagai berikut:

  • Kadar air: 94,01 persen
  • Protein: 22,7 persen
  • Lemak: 4,65 persen
  • Karbohidrat: 51,66 persen
  • Serat: 7,92 persen
  • Kalsium: 350-550 mg

Kandungan daun kelor kering

Pada daun kelor kering, komponen gizinya sebesar:

  • Kadar air: 4,09 persen
  • Protein: 28,44 persen
  • Lemak: 2,74 persen
  • Kadar abu: 7,95 persen
  • Karbohidrat: 57,01 persen
  • Serat: 12,93 persen
  • Kalsium: 1.600-2.200 mg
  • Energi: 307,30 Kilokalori per 100 gram

Manfaat daun kelor untuk kesehatan

Dengan melihat kandungan tersebut, kamu pasti penasaran tentang apa saja manfaat daun kelor untuk kesehatan. Karena itu, yuk, cari tahu apa saja manfaat daun kelor berikut ini.

1. Manfaat daun kelor untuk kesehatan kulit

Manfaat daun kelor yang pertama adalah untuk menjaga kesehatan kulit dan rambut. Kandungan antioksidan yang ada padanya bisa melindungi kulit dan rambut dari paparan radikal bebas.

Selain itu, vitamin C dan protein yang tinggi juga dapat mengoptimalkan proses regenerasi pada kulit. Hasilnya, tanda-tanda penuaan bisa dihindari, seperti munculnya kerutan dan garis-garis halus pada wajah.

Minyak daun kelor memiliki elemen penting yang bisa dimanfaatkan sebagai pelembap dan detoksifikasi. Hal ini berkaitan dengan proses penyembuhan infeksi atau luka yang ada pada jaringan luar kulit.

2. Mengontrol kadar gula darah

Kadar gula yang tidak terkontrol sangat membahayakan kesehatan, terutama bagi pengidap diabetes. Kadar yang terus meninggi bisa dicegah dengan konsumsi daun kelor. Kamu bisa mendapatkan olahannya dalam bentuk bubuk atau ekstrak.

Sebuah studi di Amerika Serikat memaparkan, konsumsi 1,5 sendok teh atau 7 gram bubuk daun kelor setiap hari dapat menurunkan kadar gula darah hingga 13,5 persen. Ini akan menjadi kabar baik bagi pengidap diabetes yang harus mengontrol kadar gula darahnya.

Ada dukungan dari isotiosianat, senyawa yang bisa menghambat ketidakstabilan berbagai sel yang ada di dalam tubuh. Jika diabaikan, kadar gula darah yang tak terkontrol bisa membuka peluang terjadinya masalah serius lainnya, misalnya penyakit jantung.

Baca juga: Jangan Dilanggar! Ini Sejumlah Pantangan Diabetes agar Tetap Sehat

3. Meningkatkan kekebalan tubuh

Manfaat daun kelor untuk kesehatan yang berikutnya adalah mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kesehatan imun perlu dijaga untuk menghindari berbagai ancaman penyakit.

Ada senyawa antioksidan yang berfungsi sebagai penangkal radikal bebas, bisa mencegah terjadinya stres oksidatif yang dapat memicu berbagai penyakit serius, misalnya diabetes dan gangguan jantung.

Kuersetin, senyawa antioksidan turunan pada daun kelor, dapat membantu tubuh dalam meningkatkan kekebalan dan menurunkan tekanan darah tinggi. Selain itu, kandungan beta-karoten juga membuat beberapa organ dalam bekerja secara optimal.

4. Meredakan peradangan

Peradangan adalah respons alami yang diberikan tubuh terhadap infeksi. Namun, jika dibiarkan, peradangan bisa berlanjut pada tahap kronis, bisa memicu berbagai penyakit serius lainnya, misalnya kanker dan gangguan jantung.

Para ilmuwan percaya, senyawa anti-inflamasi yang terkandung dalam daun kelor bisa mengurangi atau bahkan mencegah terjadinya peradangan pada tubuh manusia. Ini sudah dibuktikan oleh sebuah penelitian di University of Hawaii, Amerika Serikat.

Sifat anti-inflamasi dibawa oleh isotiosianat, senyawa penghambat enzim yang bisa meningkatkan peradangan, seperti siklooksigenase2. Meski, saat ini tingkat efektivitasnya masih terus dikaji.

5. Jaga kesehatan tulang

Semakin bertambahnya usia, organ manusia akan berangsur kehilangan fungsi terbaiknya, termasuk tulang. Kasus pengeroposan tulang misalnya, lebih sering terjadi pada orang-orang yang memasuki usia senja.

Salah satu penyebab terjadinya pengapuran pada tulang adalah kurangnya zat kalsium dan fosfor. Ini bisa dicegah dengan memperbanyak asupan ekstrak daun kelor. Kalsium dan fosfor tidak hanya berfungsi menjaga kepadatan tulang, tapi juga kekuatannya.

Selain itu, senyawa anti-inflamasi pada daun kelor bisa meredakan rasa nyeri yang diakibatkan oleh radang sendi. Radang sendi umum terjadi pada sambungan tulang yang mengalami penurunan fungsi.

Baca juga: Pahami Penyakit Osteoporosis: Kondisi Saat Kepadatan Tulang Menurun

6. Manfaat daun kelor untuk kesehatan jantung

Ada satu lagi manfaat daun kelor untuk kesehatan yang tak boleh disepelekan, yakni untuk membantu organ jantung tetap berfungsi secara optimal. Ada banyak nutrisi pada daun kelor yang bisa mencegah terjadinya kerusakan jantung.

Meski tidak secara langsung memberikan dampak pada jantung, daun kelor bisa membantu melancarkan sirkulasi darah, mengurangi risiko penebalan pada pembuluh darah, dan mencegah terjadinya peradangan pada arteri.

Jika aspek-aspek yang berhubungan dengan darah terganggu, otomatis jantung akan bekerja dengan porsi yang lebih dari biasanya. Pembiaran terhadap hal ini bisa memicu berbagai penyakit kardiovaskular.

7. Manfaat daun kelor untuk wajah

Ada potensi manfaat daun kelor untuk wajah dengan menjadikannya sebagai masker. Potensi ini cukup tinggi mengingat kandungan antioksidan dan antimikroba dalam daun kelor juga tidak bisa dikesampingkan.

Sebuah penelitian di Universitas Sebelas Maret, Surakarta, menyarankan agar manfaat daun kelor untuk wajah dioptimalkan dalam bentuk masker. Selain karena bermanfaat dari kandungan antioksidannya, masker daun kelor juga cenderung lebih ekonomis.

Sementara dalam sebuah skripsi yang diterbitkan di UIN Jakarta, disebutkan bahwa masker daun kelor mengandung senyawa antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas. 

Penulis menyebut semakin banyak kandungan daun kelor, maka kandungan antioksidan masker pun semakin tinggi. Selain itu juga terdapat aktivitas antibakteri ekstrak metanol dalam masker daun kelor yang dapat menghambat bakteri S. aureus.

8. Manfaat daun kelor untuk mata

Siapa sangka, ternyata daun kelor juga punya manfaat untuk kesehatan mata kita lho. Kelor mengandung khasiat peningkat penglihatan berkat tingkat antioksidannya yang tinggi.

Daun kelor dapat menghentikan pelebaran pembuluh retina, mencegah penebalan membran kapiler, dan menghambat disfungsi retina.

Selain itu, sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Ocular Pharmacology and Therapeutics pada tahun 2010 menunjukkan “aktivitas luar biasa” dari flavonoids dalam daun kelor dalam mencegah dan menghentikan perkembangan katarak.

Baca Juga : Waspada! Ternyata Daun Kelor Memiliki Efek Samping Berbahaya

Cara mengolah daun kelor menjadi masker

Untuk membuat masker organik daun kelor, kamu cukup menyediakan daun kelor saja sebagai bahan utamanya. Setelah itu, daun kelor ini harus dikeringkan supaya kandungan air di dalam daun menjadi terserap.

Selanjutnya, tumbuk daun kelor yang sudah dikeringkan ini hingga menjadi halus dan saring serbuk tersebut dengan ayakan agar menghasilkan serbuk yang lebih lembut. Bagian yang kasar yang dipisahkan tidak diperlukan dalam masker daun kelor.

Nah, serbuk halus ini lah yang merupakan masker daun kelor yang siap digunakan. Untuk menggunakannya pun tergolong mudah karena kamu cukup menambahkannya dengan air untuk membuatnya larut.

Baca Juga : 5 Cara Mengolah Daun Kelor agar Manfaatnya Optimal untuk Kesehatan

Komposisi serbuk dan air dalam masker daun kelor

Setidaknya diperlukan 1 sendok makan serbuk daun kelor yang sudah halus yang dicampurkan dengan tiga sendok makan air, kemudian larutkan. Setelah itu, masker siap dioleskan di wajah.

Itulah tujuh manfaat daun kelor untuk kesehatan yang perlu kamu tahu. Yuk, tetap jaga kesehatan agar terhindar dari berbagai penyakit. Salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi daun kelor!

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Download di sini untuk berkonsultasi dengan mitra dokter kami.

register-docotr