Diet dan Nutrisi

Tips Memilih Dressing Salad yang Sehat untuk Diet

June 10, 2021 | Fitri Chaeroni | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Salad merupakan salah satu opsi makanan sehat yang bisa kamu konsumsi untuk membantu program diet penurunan berat badan.

Hidangan salad biasanya dinikmati dengan berbagai jenis saus atau dressing. Tapi, pemilihan dressing salad yang tepat itu penting lho, terutama untuk kamu yang sedang diet.

Salah memilih dressing justru bisa menambah kalori pada salad yang kamu makan, dan justru membuat diet kamu tak efektif. Intip trik memilih dressing salad untuk diet berikut yuk!

Tips memilih salad dressing untuk diet

Saat ingin membeli dressing salad instan yang ada di pasaran, berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan:

1. Baca label nutrisi

Cara pertama sebelum membeli dressing salad adalah membaca label nutrisi yang ada di dalam kemasan. Menemukan dressing yang sehat untuk salad kamu sebenarnya tidaklah sulit.

Dressing sehat cenderung memiliki komposisi yang sangat mendasar dan bergantung pada beberapa bahan mulai dari minyak berkualitas tinggi, cuka beraroma, rempah-rempah, dan herbal. 

Pilihlah dressing yang tidak mengandung lebih dari 45 kalori per sendok makan. Kamu harus mewaspadai kandungan gula tambahan pada produk.

Banyak produsen menambahkannya untuk membuat saus lebih manis, kamu harus menjaga jangan sampai mengonsumsinya lebih dari 5 gram gula per porsi .

2. Perhatikan 3 bahan utamanya

Tiga bahan pertama harus minyak, air dan beberapa jenis cuka. Ini adalah dasar untuk dressing salad yang baik dan kombinasi inilah yang akan menjaga salad tetap sehat.

Cuka dan air bebas kalori, sementara minyak menambahkan lemak baik dan nutrisi yang kita butuhkan. Pastikan ada kurang dari 0,5 gram lemak jenuh per porsi. Idealnya sisa bahan dalam saus harus semuanya alami.

3. Hindari dressing “bebas lemak”

Tak selamanya lemak itu buruk, karena ada juga lemak baik. Lemak membantu tubuh menyerap vitamin larut lemak yang ditemukan dalam sayuran tertentu.

Selain itu lemak juga memperlambat proses pencernaan sehingga membantu kamu merasa kenyang lebih lama. Lemak sehat seperti yang berasal dari minyak dapat meningkatkan kesehatan jantung. 

Pilih dressing yang berbahan dasar minyak. Dressing salad biasanya menggunakan lemak, tetapi mereka menggunakan lemak tak jenuh yang menyehatkan jantung.

4. Perhatikan porsi kamu

Meskipun kamu sudah memilih salad tersehat sekalipun, kalau porsinya tidak dibatasi, hasilnya akan sama buruknya. 

Sebaiknya kamu membeli alat pengukur dan menyendok dua sendok makan sebelum menambahkannya ke salad. Ingat, apapun yang berlebihan akan tidak baik!

5. Buat salad sendiri di rumah

Cara terbaik untuk memastikan dressing yang kamu konsumsi memiliki kandungan yang sehat adalah dengan membuatnya sendiri di rumah.

Ada berbagai menu dressing salad rumahan yang sederhana dan bisa kamu coba sendiri di rumah lho. 

Jenis salad dressing yang cocok untuk diet

Berikut beberapa jenis dressing salad sederhana yang bisa kamu buat sendiri di rumah:

1. Lemon dan minyak zaitun

Kombinasi antara air perasan lemon dan olive oil atau minyak zaitun ini merupakan salah satu jenis dressing yang sangat dasar atau basic.

Oleh karenanya, dressing ini juga cocok untuk berbagai jenis salad. Lemon dan minyak zaitun keduanya sempurna untuk meningkatkan rasa salad, tanpa menambah beban kalori. 

Yang perlu kamu perhatikan adalah untuk tidak menambahkan minyak zaitun secara berlebihan.

2. Yogurt 

Kamu dapat menggunakan greek yogurt sebagai dressing salad yang sehat. Yogurt ini punya tekstur yang kental dan lembut.

Yogurt Yunani kaya akan nutrisi dan dapat dengan mudah dikonsumsi dalam bentuk saus salad, tanpa perlu mengkhawatirkan kandungan lemaknya.

3. Balsamic vinegar

Cuka balsamik ini sangat rendah akan kalori jadi cocok sebagai dressing salad bagi diet kamu. Dressing ini memiliki rasa manis namun gurih yang bekerja dengan baik di hampir semua salad.

Selain itu, cuka ini juga dapat meningkatkan citarasa salad. Selain sebagai dressing salad, kamu dapat menggunakan balsamic vinegar sebagai bumbu rendaman untuk ayam, daging, tahu, dll.

Punya pertanyaan lebih lanjut seputar kesehatan? Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Everyday Health. Diakses pada 9 Juni 2021. 8 Healthiest Salad Dressings for Weight Loss

Healthline. Diakses pada 9 Juni 2021. 8 Simple and Healthy Salad Dressings

    register-docotr