Diet dan Nutrisi

Cek Kalori Seporsi BTS Meal, dan Tips Tetap Sehat Setelah Menyantapnya

June 10, 2021 | Dewi Nurfitriyana | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Pada 9 Juni 2021 kemarin, gerai makanan cepat saji McDonalds mengeluarkan menu makanan terbaru mereka yang bekerja sama dengan grup boyband asal Korea Selatan, BTS.

Terlepas dari viralnya menu makanan yang diberi nama BTS Meal tersebut. Apa kamu pernah membayangkan berapa banyak kalori yang ada di dalam seporsi paket fast food tersebut?

Ketahui jawabannya sekaligus tips tetap sehat meski telah menyantap junk food tersebut lewat ulasan berikut.

Baca juga: Catat Moms, Ini Daftar Makanan Tidak Sehat untuk Anak

Apa itu junk food?

Definisi junk food bagi setiap orang mungkin berbeda, tapi kebanyakan pasti setuju bahwa ini bukan makanan yang paling sehat untuk dikonsumsi.

Junk food adalah makanan olahan yang mengandung banyak kalori, terutama dalam bentuk lemak dan gula. Umumnya ini hanya mengandung sedikit atau bahkan tanpa vitamin, mineral, maupun serat.

Tak heran jika junk food tidak direkomendasikan sebagai makanan yang sehat untuk dikonsumsi setiap hari. Beberapa contoh junk food di antaranya adalah soda, keripik, nugget, permen, kue, donat, dan kue.

Selain itu ada banyak juga makanan yang dianggap sehat sebenarnya adalah junk food yang terselubung. Misalnya, minuman buah yang diklaim menyediakan vitamin dan mineral, tetapi mungkin juga memiliki jumlah gula dan kalori yang sama dengan soda.

Menghitung kalori dalam seporsi paket BTS Meal

Paket makanan ini dibanderol dengan harga Rp 40.909. Isinya terdiri dari 9 buah nugget ayam, 1 kentang goreng berukuran medium, 1 gelas soda Coca Cola ukuran medium, dan dua bungkus saus yang terdiri dari saus cajun dan sweet chili.

Berikut adalah perkiraan jumlah kalori yang terdapat dalam seporsi paket makanan cepat saji tersebut, mengacu pada fakta nutrisi yang dilansir dari McDonalds.

  1. 9 buah nugget ayam mengandung sekitar 378 kalori dan 25 gram lemak
  2. 1 bungkus kentang goreng ukuran medium mengandung sebanyak 380 kalori dan 19 gram lemak
  3. 1 gelas soda Coca Cola berukuran medium mengandung 210 kalori
  4. 1 bungkus saus cajun mengandung sekitar 60 kalori (mengacu pada honey mustard sauce)
  5. 1 bungkus saus sweet chilli mengandung 50 kalori.

Bisa dikatakan satu porsi paket BTS Meal mengandung sebanyak 1078 kalori dan 44 gram lemak. Wah, ternyata banyak juga ya, mengingat batas asupan kalori yang disarankan per hari bagi orang dewasa menurut NHS.uk adalah sebanyak 2000 untuk wanita, dan 2500 untuk pria.

Tips tetap sehat setelah menyantap junk food

Junk food adalah makanan tinggi kalori, gula, dan lemak, tetapi sangat kurang akan nutrisi penting seperti serat, vitamin, dan mineral. Makanan ini dianggap sebagai komponen kunci dalam menyebabkan obesitas dan terjadinya beberapa penyakit kronis tertentu.

Agar tetap sehat meski telah mengonsumsinya, kamu bisa mencoba melakukan beberapa tips berikut:

1. Jalan-jalan

Berjalan-jalan tepat setelah kamu makan junk food dapat membantu membuat tubuh terasa lebih baik.

Berjalan telah terbukti membantu mempercepat pengosongan perut, yang dapat meredakan perasaan tidak nyaman saat kenyang atau kembung yang disebabkan oleh makan berlebihan.

Ini juga dapat membantu membakar beberapa kalori ekstra yang mungkin kamu konsumsi selama makan junk food.

2. Sarapan sehat esok harinya

Memulai hari dengan makanan sehat sebenarnya dapat membantu kamu kembali ke jalur makan yang benar.

Tidak hanya dapat membuat kamu merasa lebih segar setelah tidur nyenyak, tetapi juga dapat membantu kamu kembali ke rutinitas dan membuat pilihan yang lebih sehat sepanjang hari.

3. Tetap Terhidrasi

Tidak hanya minum cukup air yang penting untuk kesehatan secara keseluruhan. Hal itu juga kunci untuk memaksimalkan penurunan berat badan dan menjaga nafsu makan agar tetap terkendali.

Meningkatkan asupan air juga dapat membantu meningkatkan metabolisme sementara untuk membakar kalori ekstra.

4. Makan sayuran

Sayuran kaya akan banyak nutrisi bermanfaat yang dibutuhkan tubuh, termasuk berbagai vitamin, mineral, dan antioksidan penting.

Mengonsumsi sayuran setelah makan junk food adalah strategi lain yang efektif untuk membantu tubuh tetap sehat. Sayuran kaya serat, yang bergerak perlahan melalui saluran pencernaan yang tidak tercerna, membantu meningkatkan perasaan kenyang.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

NHS.uk diakses pada 10 Juni 2021

Popsci diakses pada 10 Juni 2021

Healthline diakses pada 10 Juni 2021

McDonalds diakses pada 10 Juni 2021

Healthline diakses pada 10 Juni 2021

    register-docotr