Diet dan Nutrisi

Selain Turunkan Kolesterol, Terong Bisa Cegah Penuaan Dini Lho! Yuk Makan

June 14, 2020 | Husni Efendi | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Terong merupakan salah satu sayuran yang cukup populer. Tidak hanya sering dijadikan sebagai bahan utama sayur,  dalam berbagai olahan masakan,  terong juga sering dijadikan cocolan sambal. Selain untuk bahan olahan tadi, ternyata manfaat terong untuk kesehatan juga ada, lho!

Simak beberapa manfaat  mengonsumsi terong untuk menjaga kesehatan tubuh kamu.

Baca Juga: Bisa Dilakukan di Rumah, Begini Cara Mengencangkan Payudara

1. Memiliki kandungan antioksidan untuk tubuh

Terong ungu ternyata memiliki zat antioksidan. Antioksidan sendiri dapat membantu melindungi tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh zat-zat berbahaya yang dikenal sebagai radikal bebas.

Studi telah menunjukkan, bahwa antioksidan dapat membantu mencegah berbagai jenis penyakit kronis.

2. Mengontrol kadar gula darah

Mengonsumsi terong ungu juga dapat membantu kadar gula darah di tubuh jadi lebih terkontrol. Manfaat terong ungu ini didapatkan dari kandungan serat yang dimilikinya, serat yang dimiliki terong ungu dapat memperlancar pencernaan dan penyerapan gula di tubuh.

Serat tersebut berfungsi membuat penyerapan yang lebih lambat di dalam tubuh, sekaligus membuat kadar gula darah di dalam tubuh juga menjadi stabil.

Polifenol, atau senyawa tumbuhan alami yang ditemukan dalam terong ungu dapat mengurangi penyerapan gula dan meningkatkan sekresi insulin, yang dapat membantu menurunkan gula darah.

3. Menurunkan berat badan

Terong ungu memiliki kandungan kalori yang rendah dan serat yang tinggi, membuat terong ungu menjadi makanan yang ideal untuk kamu yang sedang berusaha menurunkan berat badan.

Serat yang terkandung dalam terong ungu bergerak melalui saluran pencernaan secara perlahan dan dapat meningkatkan rasa kenyang dan mengurangi asupan kalori.

4. Membantu mencegah timbulnya kanker

Terong ungu mengandung polifenol yang dipercaya memiliki efek antikanker. Sementara kandungan lain dalam terong, juga dapat melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas, sehingga bisa mencegah pertumbuhan sel tumor dan penyebaran sel kanker.

5. Menjaga kesehatan mata

Zat antioksidan lutein dan zeaxanthin yang terkandung dalam terong ungu berperan penting untuk menjaga kesehatan mata.

Sekaligus dapat membantu mencegah degenerasi makula terkait fungsi mata pada usia lanjut, yang bisa menyebabkan hilangnya penglihatan pada mereka yang sudah berusia senja.

6. Mengurangi kadar kolesterol

Terong ungu juga bermanfaat menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Manfaat terong ungu yang satu ini didapatkan dari kandungan asam klorogenik yang dimilikinya. Kamu bisa mengonsumsi terong ungu dengan diblender dan dijadikan jus.

7. Menjaga kesehatan fungsi otak

Komponen antioksidan di dalam terong juga berpotensi untuk melindungi sel-sel otak dari kerusakan akibat radikal bebas. Selain itu, komponen ini juga dapat mencegah terjadinya peradangan pada sel saraf, dan membantu memperlancar aliran darah ke otak.

8. Menyehatkan kulit dan cegah penuaan dini

Terong  ungu mengandung senyawa nasunin dan flavonoid yang berperan dalam melindungi sel tubuh dari radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh.

Karena itulah, mengonsumsi terong ungu juga dapat membuat kesehatan kulit kamu terjaga. Terong juga memiliki kandungan anthocyanin dan antioksidan yang bertindak sebagai agen anti-penuaan.

Baca Juga: Penyakit Rabies Jangan Disepelekan, Yuk Simak Gejala, Penyebab dan Cara Penularannya!

Cara memilih, menyimpan dan mengolah terong ungu

  • Saat membeli terong ungu, pilihlah tekstur terong yang padat dan berat saat dipegang. Pastikan kulit terong masih halus dan berwarna ungu terang. Sebaiknya, hindari terong yang warnanya sudah memudar atau lembek.
  • Manfaat terong ungu yang disebutkan tadi bisa didapatkan dengan optimal, apabila kamu juga mengolahnya dengan benar. Sebelum memasak terong ungu, pastikan cuci bersih tiap bagiannya lalu potong kedua ujungnya.
  • Terong memiliki rasa agak pahit, untuk menghilangkannya, taburi terong dengan garam dan biarkan selama kurang lebih 30 menit. Cara ini juga akan membantu terong tidak menyerap terlalu banyak minyak saat dimasak.
  • Saat ingin memasak terong yang sudah ditaburi garam tadi, jangan lupa cuci kembali agar taburan garam bisa hilang dan tidak membuat masakan menjadi asin.
  • Lebih baik dibanding menggorengnya, memasak terong dengan memanggang, mengukus atau menumis adalah pilihan yang lebih sehat. Untuk kamu yang berselera dengan masakan pedas, sambal terong juga bisa menjadi alternatif untuk dicoba.
  • Supaya terong awet, jangan memotong terong jika kamu belum akan mengolah atau memasaknya.  Menyimpan terong mentah yang sudah dipotong di kulkas, akan membuatnya menjadi cepat busuk, terong akan lebih awet jika disimpan dalam keadaan masih utuh.

Nah sekarang sudah tahu kan apa saja manfaat terong untuk kesehatan. Yuk jangan ragu lagi apalagi gengsi untuk mengonsumsi terong demi kesehatan tubuh di masa mendatang.

Punya pertanyaan lebih lanjut seputar info sehat? Silakan chat langsung dengan dokter kami untuk konsultasi. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

-Healthline.com, Eggplant Benefit, diakses 10 Juni 2020

https://www.healthline.com/nutrition/eggplant-benefits#section5

 

– Medicalnewstoday.com, Eggplant health benefits and tasty tips, diakses 10 Juni 2020

https://www.medicalnewstoday.com/articles/279359#takeaway

 

– Webmd.com, Health Benefits of Eggplant, diakses 10 Juni 2020

https://www.webmd.com/food-recipes/eggplant-health-benefits#3

    register-docotr