Kulit & Perawatan Tubuh

Yuk, Kencangkan Payudara Kamu dengan 8 Langkah Berikut Ini

June 14, 2020 | Putri Prima Soraya | dr. Debby Deriyanthi
no-image

Payudara kencang dan indah adalah impian semua wanita. Beberapa wanita bahkan rela untuk melakukan cara mengencangkan payudara dengan cara apapun, mulai dari operasi hingga melakukan gerakan tertentu.

Nah, jika kamu salah satu wanita yang menginginkan payudara kencang, berikut adalah penjelesan selengkapnya.

Payudara

Bentuk payudara sendiri sebenarnya bervariasi di tiap-tiap orang. Seiring berjalannya waktu dan pertambahan usia, payudara akan terus berubah dan berkembang.

Jaringan payudara sebagian besar terdiri dari sel-sel lemak, jaringan kelenjar, dan ligamen yang memanjang dari tulang selangka ke ketiak dan melintasi bagian tengah dada.

Penyebab payudara kendur

Sebelum membahas mengenai cara mengencangkan payudara, ada baiknya kamu mengetahui terlebih dahulu beberapa faktor yang dapat menyebabkan payudara menjadi kendur.

Menurut dr. Roseman dalam Piedmont.org menyebutkan beberapa faktor yang dapat menjadi penyebab payudara kendur adalah:

  1. Penuaan.
  2. Gaya gravitasi.
  3. Mengenakan bra yang tidak sesuai.
  4. Merokok.
  5. Terbakar sinar matahari.
  6. Berat badan bertambah.

Cara mengencangkan payudara

Jika kamu mulai mengalami payudara kendur, berikut adalah beberapa cara untuk mengencangkan payudara yang bisa kamu coba dan rutin lakukan, di antaranya adalah:

1. Tidur telentang

Jika kamu selama ini lebih menyukai tidur menghadap satu sisi, kamu sebaiknya mengubah kebiasan tersebut karena dapat menyebabkan payudara tidak simetris dan melorot.

Kamu dapat memulai kebiasaan tidur dengan posisi telentang. Hal tersebut dapat menjaga kedua payudaramu lebih kencang.

2. Mandi air dingin

Air dingin atau bahkan es dapat membantu meningkatkan elastisitas kulit di sekitar payudara. Jika kamu lebih senang menggunakan air panas untuk mandi kamu dapat membilas payudaramu dengan air dingin setelahnya.

3. Lakukan pijat payudara

Pijat payudara. Foto www.istock.com

Memijat payudara dapat membantu meningkatkan aliran darah dan memperkuat jaringan payudara. Pijat payudara dapat dilakukan dengan gerakan ke atas setiap hari selama 10-15 menit.

Kamu juga dapat menggunakan minyak yang berbeda tergantung pada kondisi kulitmu. Misalnya saja, minyak zaitun yang merupakan sumber antioksidan sehingga dapat membantu meningkatkan tekstur dan elastisitas kulit.

4. Kenakan bra yang tepat

Setiap hari tentu saja kamu harus menggunakan bra, karena itulah pemilihan bra menjadi hal penting yang harus diperhatikan agar bentuk payudaramu tetap terjaga. Pilihlah bra yang tepat, yang tidak terlalu sesak dan tidak terlalu longgar.

Penggunaan bra yang tepat dapat mencegah kerusakan ligamen, sehingga payudara tidak akan terlihat kendur. Pemilihan bra juga harus sesuai dengan fungsinya, misalnya saja bra untuk olahraga. Pastikan kamu menggunakan bra yang tepat saat kamu berolahraga.

5. Berhenti merokok dan hindari terpapar asap rokok

Merokok dapat menyebabkan terjadinya proses penuaan yang mengakibatkan jaringan menjadi kurang kuat dan elastis. Merokok juga telah dikaitkan dengan penghancuran elastin dan kolagen yang bertanggung jawab atas kecantikan kulit.

Merokok juga memperburuk aliran darah dan memperlambat pengiriman oksigen dan nutrisi ke sel-sel di tubuhmu, hal ini dapat menyebabkan terjadinya keriput dini termasuk di kulit payudara.

6. Hindari paparan sinar UV pada daerah dada

Hindari paparan sinar matahari pada daerah dada untuk waktu lama. Kegiatan tanning tanpa atasan, terutama tanpa menggunakan tabir surya, dapat mengeringkan jaringan di sekitar payudara dan menyebabkan payudara kehilangan elastisitasnya.

Sebaiknya hindari kegiatan tersebut secara berlebihan dan jangan lupa untuk gunakan tabir surya jika kamu mengenakan pakaian terbuka pada bagian dada.

7. Hindari kehilangan berat badan berlebih secara tiba-tiba

Menurunkan berat badan secara berlebihan dalam waktu singkat dapat menyebabkan terjadinya stretch mark dan kulit menjadi tidak elastis. Saat kamu kehilangan berat badan berlebih secara tiba-tiba, payudaramu mungkin terlihat lebih kendur karena kulit meregang.

Seiring waktu, perubahan berat badan terus menerus akan menyebabkan kulit kehilangan elastisitasnya. Sebaiknya kamu menurunkan berat badan secara perlahan-lahan untuk mencegah hal tesebut.

8. Perhatikan postur

Postur tubuh yang buruk, disebabkan kebiasaan membungkuk dapat menyebabkan payudara mengendur. Hal ini karena kamu memberikan lebih banyak tekanan dan ketegangan pada jaringan payudara.

Oleh sebab itu, pastikan kamu menjaga postur tubuh, dengan menjaga punggung lurus dan bahu kamu ke belakang, postur yang baik berfungsi untuk mendistribusikan berat badan secara merata.

Itulah hal-hal mengenai cara mengencangkan payudara yang dapat kamu coba. Selain cara yang telah disebutkan di atas kamu juga bisa mencoba operasi plastik untuk memperbaiki bentuk payudaramu. Tentu saja hal tersebut perlu dikonsultasikan terlebih dahulu ke dokter.

Punya pertanyaan lebih lanjut seputar info sehat lainnya? Silakan chat langsung dengan dokter kami untuk konsultasi. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Piedmont Healthcare. Diakses pada 09/06/20. The Six Common Causes Of Breast Sagging

Makeupandbeauty (2017). Diakses pada 09/06/20. 8 Ways to Tighten Sagging Breasts

Healthline (2018). Diakses pada 09/06/20.  Natural and Home Remedies for Sagging Breasts

BrightSide. Diakses pada 09/06/20. 7 Sure Ways to Firm Up Your Breasts After Losing Weight

    Berita Terkait
    register-docotr