Diet dan Nutrisi

Ragam Manfaat Daging Kelinci: Jaga Kesehatan Jantung hingga Turunkan Berat Badan

May 15, 2021 | Nik Nik Fadlah | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Daging kelinci memang tidak sepopuler daging ayam atau daging sapi untuk dikonsumsi. Namun jangan salah, daging kelinci juga memiliki bnyak manfaat untuk tubuh. Lantas, apa saja manfaat kesehatan dari daging kelinci?

Baca juga: 17 Makanan Penambah Darah yang Baik Dikonsumsi Pengidap Anemia

Kandungan gizi daging kelinci

Perlu diketahui bahwa daging kelinci memiliki banyak sekali kandungan nutrisi yang penting untuk tubuh. Dalam 100 gram daging kelinci mengandung sekitar:

  • Kalori: 173
  • Lemak total: 3,5 gram
  • Kolesterol: 123 mg
  • Sodium: 45 mg
  • Potasium: 343 mg
  • Protein: 33 gram
  • Kalsium: 1 persen
  • Zat besi: 27 persen
  • Vitamin B6: 15 persen
  • Magnesium: 7 persen

Jika dibandingkan dengan daging ayam ataupun daging lainnya, seperti daging sapi, daging kelinci memiliki kandungan lemak yang sangat sedikit. Tak hanya itu, kandungan protein dalam daging kelinci pun dapat dikatakan lebih banyak jika dibandingkan dengan daging ayam.

Selain itu, daging kelinci juga memiliki kandungan thiamin (vitamin B1), ribolflavin (vitamin B2), niacin (vitamin B3), vitamin B12, zinc, hingga selenium.

Manfaat daging kelinci untuk kesehatan

Memiliki kandungan nutrisi yang berlimpah menjadikan daging kelinci sebagai makanan yang penuh manfaat. Nah, berikut ini adalah berbagai manfaat daging kelinci untuk kesehatan tubuh:

1. Memiliki kandungan lemak yang lebih rendah

Seperti yang sudah disebutkan, daging kelinci merupakan makanan yang memiliki kandungan lemak lebih rendah jika dibandingkan dengan daging lainnya. Dalam per 100 gram daging kelinci mengandung sekitar 3,5 gram lemak.

Jumlah kandungan tersebut dikatakan lebih rendah dibandingkan dengan kandungan lemak dalam daging sapi yang mengandung sekitar 19,54 gram lemak dalam 100 gramnya.

2. Mengandung protein berkualitas tinggi

Kandungan protein yang terdapat di dalam daging kelinci berkualitas tinggi. Tak hanya itu, jenis protein yang terkandung di dalamnya juga mudah dicerna. Ini dapat berarti bahwa tubuh bisa mendapatkan semua manfaat protein tanpa membahayakan sistem pencernaan.

3. Menjaga kesehatan otak

Selanjutnya, manfaat daging kelinci baik untuk kesehatan otak.

Dikutip dari laman Dr.HealthBenefits.com, beberapa penelitian menemukan bahwa daging kelinci kaya akan kandungan vitamin B12, yang bukan hanya baik untuk kesehatan otak, melainkan juga membuat fungsi sistem saraf bekerja dengan optimal.

Oleh karena itu, ini juga dapat membantu mencegah beberapa kondisi degeneratif pada sel otak, seperti demensia atau penyakit Alzheimer.

Baca juga: Penting! Ini Ragam Vitamin dan Mineral untuk Memperkuat Daya Tahan Tubuh

4. Baik untuk kesehatan jantung

Jika dibandingkan dengan jenis daging putih lainnya, daging kelinci juga merupakan sumber kalium atau potasium yang sangat baik. Perlu kamu ketahui bahwa potasium bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung, dengan cara menghilangkan natrium berlebih dalam darah.

5. Menjaga berat badan tetap terkendali

Manfaat daging kelinci lainnya yang juga perlu kamu ketahui adalah dapat membantu menjaga berat badan. Daging kelinci dapat menjadi alternatif untuk menurunkan berat badan tanpa mengorbankan jumlah protein yang dikonsumsi.

Daging kelinci memang memiliki kandungan protein yang tinggi, namun mengonsumsi daging kelinci bukanlah merupakan satu-satunya alasan untuk menurunkan berat badan.

Sebab, sebuah studi yang diterbitkan dalam International Journal of Pharmacy & Biomedical Research menyatakan bahwa daging kelinci sama bergizinya dengan ikan.  

Tak hanya itu, daging kelinci bukan hanya rendah lemak saja tetapi juga rendah kalori yang mana juga dapat membantu menurunkan berat badan.

6. Tinggi kandungan kalisum

Salah satu kandungan yang juga terdapat dalam daging kelinci adalah kalisum. Hal ini membuat manfaat daging kelinci selanjutnya baik untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi.

7. Mengandung mineral penting

Jika berbicara mengenai kandungan mineral, di dalam daging kelinci bukan hanya terkandung potasium atau kalium saja, tetapi juga selenium yang dapat membantu dalam produksi sperma.

Terdapat juga serta zat besi yang dapat membantu mengoptimalkan produksi sel darah merah.

8. Kaya akan kandungan asam lemak omega 3

Asam lemak omega 3 bukan hanya dapat ditemukan dalam ikan saja, tetapi daging kelinci juga memiliki kandungan tersebut. Asam lemak omega 3 sendiri merupakan jenis lemak sehat yang baik untuk kesehaan jantung dan dapat membantu menurunkan risiko serangan jantung dan stroke.

Nah, itulah beberapa informasi mengenai manfaat daging kelinci. Jika kamu memiliki pertanyaan lebih lanjut seputar manfaat lainnya dari daging kelinci, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter, ya.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

DrHealthBenefits.com. Diakses pada 09 Mei 2021. Health Benefits of Rabbit Meat for Excellent Protein Source but Low in

Fatsecret. Diakses pada 09 Mei 2021. Daging Sapi

Livestrong.com (2019). Diakses pada 09 Mei 2021. What Are the Benefits of Eating Rabbit Meat?

Livestrong.com (2019). Diakses pada 09 Mei 2021. Is Rabbit Meat Healthy Compared to Common Meats? 

Livestrong.com (2019). Diakses pada 09 Mei 2021. What Are the Benefits of Eating Rabbit Meat? 

Research Gate (2015). Diakses pada 09 Mei 2021. Rabbit Meat has the Potential of Being a Possible Alternative to Other Meats as a Protein Source: A Brief Review 

    register-docotr