Diet dan Nutrisi

Diet Enak Plus Turunkan Berat Badan dengan DEBM, Seperti Apa Metodenya?

August 17, 2020 | Dhiamara Arradea | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Diet rendah karbohidrat memang sudah banyak menjadi pilihan seseorang yang ingin mempunyai berat badan yang ideal. Ada banyak pilihan yang bisa diambil, salah satunya adalah diet DEBM. Namun, sudahkah kamu mengenal metode DEBM?

Baca Juga: Diet Tetap Makan Enak dengan Resep Menu ala DEBM Ini

Apa itu diet DEBM?

Diet Enak Bahagia Menyenangkan (DEBM) merupakan diet yang rendah karbohidrat dan membatasi asupan karbo seperti makanan bergula, pasta, roti, dan nasi.

Diet ini dikatakan menyenangkan, “Karena diet ini diciptakan khusus untuk mereka yang hobi makan dan malas berolahraga, tapi ingin langsing,” ucap penulis buku DEBM, Robert Hendrik Liembono, dikutip dari gaya.tempo.co.

Mirip dengan diet keto,  DEBM tidak diharuskan untuk sama sekali tidak mengonsumsi karbo, hanya jumlahnya saja yang dikurangi. “Kami sama sekali enggak anti-karbo, tapi jumlahnya diminimalkan,” sambung Robert.

Makanan yang harus dihindari

DEBM ini merupakan diet yang rendah karbohidrat. Untuk menjalani diet ini, beberapa makanan harus kamu hindari agar bisa mencapai berat badan yang diinginkan. Makanan-makanan tersebut meliputi:

  • Gula. Minuman kemasan, jus buah, permen, es krim
  • Lemak trans. Minyak terhidrognasi
  • Makanan rendah lemak. Produk susu, sereal, snack yang mengurangi lemak tetapi mengandung tambahan gula
  • Makanan instan. Semua jenis makanan yang melalui proses pabrik
  • Makanan bertepung. Batasi makanan bertepung, termasuk sayuran yang diolah menggunakan tepung.

Makanan yang dianjurkan dikonsumsi pada diet rendah karbohidrat :

Agar mendapatkan hasil yang sesuai dengan keinginan kamu, beberapa makanan ini bisa kamu konsumsi selama menjalani diet rendah karbohidrat, makanan-makanan tersebut meliputi:

  • Daging. Daging sapi, domba, ayam. Memakan daging hewan yang menjadikan rumput sebagai pangan mereka, adalah pilihan yang terbaik
  • Ikan. Seperti, salmon, tuna
  • Telur. Telur yang diperkaya atau digembalakan dengan omega-3 adalah pilihan yang tepat untuk dikonsumsi
  • Sayuran. Seperti, bayam, brokoli, kembang kol, wortel merupakan sayuran yang bisa dimakan saat menjalani DEBM
  • Buah. Seperti, apel, jeruk, pir, blueberry, dan stroberi
  • Kacang dan biji-bijian. Seperti, almond, kenari biji bunga matahari
  • Produk susu tinggi lemak. Seperti, keju, mentega, yoghurt
  • Lemak dan minyak. Seperti, minyak kelapa, mentega, minyak zaitun, dan minyak ikan.

Adakah efek sampingnya?

Selain menurunkan berat badan, diet rendah karbohidrat juga memiliki efek samping yang harus diwaspadai loh! Hal ini karena tubuh mulai menggunakan simpanan glukosa dan glikogen (dari hati dan otot) untuk menggantikan karbohidrat yang tidak didapat dari makanan.

Efek jangka pendeknya, beberapa orang juga mungkin akan mengalami masalah dengan diet rendah karbohidrat, termasuk:

  • Mual
  • Pusing
  • Sembelit
  • Merasa lesu
  • Dehidrasi
  • Bau mulut
  • Kehilangan selera makan.

Adapun efek jangka panjang yang mungkin dirasakan pada saat melakukan diet rendah karbohidrat meliputi:

  • Penambahan berat badan. Ketika diet normal dilanjutkan, beberapa jaringan otot dibangun kembali, dan berat badan akan bertambah dengan waktu yang cepat.
  • Masalah usus. Asupan antioksidan dan serat yang terbatas dari buah dan sayuran dapat meningkatkan risiko sembelit.
  • Kolesterol tinggi dan obesitas. Diet yang tinggi protein dan lemak secara berlebihan akan menyebabkan beberapa penyakit seperti penyakit jantung, diabetes dan kanker.
  • Masalah ginjal. Dapat terjadi pada orang dengan gangguan fungsi ginjal atau diabetes.
  • Osteoporosis, disebabkan oleh hilangnya kalsium dari tulang.

Baca Juga: Diet Ekstrem Artis Korea IU: Kenali Efek Sampingnya sebelum Kamu Memulai

Hal yang harus diperhatikan sebelum menerapkan DEBM

Karbohidrat sangat penting untuk tubuh yang sehat, maka sebaiknya jangan disingkirkan dari makanan. Diet rendah karbohidrat yang dikombinasikan dengan asupan protein yang sangat tinggi juga tidak dianjurkan.

Diet sangat rendah karbohidrat cenderung tidak menyebabkan penurunan berat badan dalam jangka panjang.

Untuk itu baiknya sebelum manjalani diet konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter ya.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. Healthline.com (2018). Diakses pada 14 Agustus 2020. A Low-Carb Meal Plan and Menu to Improve Your Health
  2. Betterhealth.vic.gov.au (2014). Diakses pada 14 Agustus 2020. Weight loss and carbohydrates
  3. Gaya.tempo.co (2018). Diakses pada 14 Agustus 2020. Diet Enak Bahagia Menyenangkan Sedang Populer, Bagaimana Caranya?
    register-docotr