Diet dan Nutrisi

Mengenal Aplikasi Noom Diet, Panduan untuk Menurunkan Berat Badan

May 11, 2021 | Richaldo Hariandja | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Banyak aplikasi pemandu gaya hidup sehat yang bisa kamu temukan di smartphone. Salah satu yang populer adalah noom. Aplikasi ini banyak diunduh dan dijadikan rujukan untuk menurunkan berat badan hingga muncul istilah noom diet.

Aplikasi tersebut menyebut pengguna yang mengikuti program mereka dan menerapkan gaya hidup yang sehat dapat menurunkan berat badan 0,5-1 Kg per minggu.

Baca juga: 8 Aplikasi Diet untuk bantu Turunkan Berat Badan, Ini Daftarnya!

Apa itu noom diet?

Kamu bisa mengunduh aplikasi noom di smartphone atau tablet. Dengan berfokus pada perubahan gaya hidup, aplikasi ini menawarkan layanan sebagai berikut:

  • Tantangan mingguan dan informasi edukatif: Topiknya seputar nutrisi, manajemen stress, penentuan tujuan gaya hidup dan informasi gaya hidup sehat
  • Alat pemantau perkembangan: Fitur ini memungkinkan kamu untuk mencatat asupan makanan, jenis olahraga dan berat badan kamu
  • Tim pemandu virtual: Spesialis hingga grup pendukung yang membantu kamu untuk tetap di dalam jalur yang kamu tuju
  • Pemantau biometric: Fitur ini membantu kamu memantau gula darah dan tekanan darah

Aplikasi ini menawarkan percobaan gratis hingga dua minggu. Setelah itu, kamu perlu membayar USD130 (Rp1.840.000) per 3 bulan jika memutuskan untuk berlangganan karena cocok dengan metodenya.

Cara kerja noom diet

Aplikasi ini bertujuan untuk membantu kamu menurunkan berat badan dengan cara menciptakan defisit kalori. Kondisi ini terjadi ketika kamu secara konsisten mengonsumsi kalori yang lebih kecil daripada yang kamu bakar tiap harinya.

Ketika awal mendaftar, noom akan menanyakan berbagai pertanyaan mulai dari jenis kelamin, usia, berat badan, tinggi badan, hingga gaya hidup yang kamu jalani. Hal ini untuk mengukur seberapa besar kalori yang kamu butuhkan tiap harinya.

Selanjutnya aplikasi ini akan menggunakan algoritmanya untuk menentukan berapa kalori yang kamu butuhkan berdasarkan tujuan dan lini masa yang kamu tetapkan di awal mendaftar. 

Selanjutnya aplikasi ini akan meminta kamu memasukkan jenis makanan yang kamu konsumsi serta timbangan harian. Kedua hal ini menjadi patokan dalam meninjau penurunan berat badan jangka panjang.

Baca juga: Berapa Jumlah Kalori yang Terbakar saat Puasa? Ini Penjelasannya!

Apakah aplikasi ini bisa menurunkan berat badan?

Setiap diet atau program yang membuat kamu mengurangi asupan kalori dapat membantu menurunkan berat badan. Meskipun demikian, konsisten pada program diet adalah hal yang menyulitkan, karena itu tidak jarang orang gagal turun berat badan.

Saat ini memang tidak ada kajian yang secara spesifik mengukur efektivitas program Noom dan membandingkannya dengan program lain. Akan tetapi, sudah ada beberapa analisis yang dilakukan, mengacu pada data yang diperoleh dari pengguna aplikasi ini.

Salah satunya yang diterbitkan dalam jurnal Scientific Reports. Kajian tersebut dilakukan terhadap 36.000 pengguna noom. 78 persennya mengalami penurunan berat badan dalam waktu rata-rata 9 bulan.

Sementara 23 persen di antaranya mengalami 10 persen penurunan berat badan dibandingkan dengan waktu pertama kali memulai program dalam aplikasi tersebut. 

Manfaat lain diet noom

Penelitian dalam Scientific Reports menyebut kalau salah satu faktor keberhasilan penurunan berat badan seperti yang dipraktikkan dalam aplikasi ini adalah pemantuan makanan dan berat badan yang dilakukan secara berkala.

Selain penurunan berat badan, diet dalam aplikasi ini juga menawarkan berbagai hal sebagai berikut:

  • Berfokus pada kepadatan kalori dan nutrisi: Aplikasi ini akan mengukur kepadatan kalori dalam makanan atau minuman berdasarkan berat dan volumenya
  • Tidak ada makanan yang dilarang: Berbeda dengan beberapa metode diet lain yang dapat melarang asupan makanan tertentu, noom tidak melarang satu jenis makanan tapi mendorong agar ada pembatasan terhadap makanan yang nutrisinya kurang dibutuhkan
  • Mendorong perubahan perilaku: Tidak hanya berfokus pada penurunan berat badan, kamu pun akan didorong untuk melakukan praktik hidup yang lebih sehat

Apakah noom diet aman?

Sampai saat ini belum ada kajian atau keluhan yang menyebut kalau noom diet berbahaya bagi tubuh. 

Demikianlah berbagai penjelasan tentang noom diet yang dapat kamu unduh di smartphone. Selalu praktikkan diet sehat yang sesuai dengan kebutuhan kamu, ya!

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Download di sini untuk berkonsultasi dengan mitra dokter kami.

register-docotr