Diet dan Nutrisi

Yuk, Cari Tahu Segudang Manfaat di Balik Propolis

December 22, 2020 | Anisya Fitrianti | dr. Pitoyo Marbun
no-image

Manfaat propolis sebagai obat alami sudah diketahui sejak ratusan tahun lalu. Pada zaman dahulu, orang Yunani menggunakan propolis untuk abses, sementara orang Mesir menggunakannya untuk membalsem mumi.

Hingga saat ini propolis masih cukup populer untuk digunakan. Penelitian menunjukkan propolis memiliki banyak sifat penyembuhan, termasuk kualitas antimikroba, antijamur, dan antivirus, antiinflamasi, serta antitumor.

Nah, untuk mengenali propolis lebih jauh, yuk simak penjelasan di bawah ini.

Apa itu propolis? 

Propolis adalah produk lain yang dihasilkan lebah selain madu. (Foto:https://www.freepik.com)

Propolis adalah zat resin yang dihasilkan lebah dari kuncup pohon. Zat ini kaya akan senyawa antioksidan. Propolis memiliki tekstur yang lengket dan warnanya coklat kehijauan. Biasanya digunakan sebagai lapisan untuk membangun sarang lebah. 

Dalam penggunaannya, propolis dapat diaplikasikan langsung ke kulit. Seperti saat digunakan untuk mengobati luka, herpes genital, dan cold sore.  

Propolis juga bisa digunakan sebagai obat kumur untuk penyembuhan setelah operasi mulut. Serta untuk perawatan luka bakar ringan. Selain itu, propolis kadang-kadang ditemukan dalam semprotan hidung dan semprotan tenggorokan, serta dalam obat kumur dan pasta gigi.

Contoh produk propolis di pasaran

Saat ini ada beberapa merk dagang dari obat herbal yang mengandung propolis di pasaran. Ada yang dijual dalam bentuk pil, cairan, hingga sabun. Ini beberapa di antaranya:

1. Manfaat British Propolis

British Propolis adalah salah satu merek dagang obat herbal yang mengandung propolis. Obat berbentuk cairan ini dikemas dalam botol dengan volume 6 ml.

Khasiat British Propolis yang ditulis di laman resmi mereka di antaranya:

  • Bantu jaga stamina dan pemulihan
  • Membantu mengatasi masalah paru-paru
  • Bantu atasi maag
  • Kontrol kadar kolesterol
  • Bantu masalah diabetes
  • Membantu mengatasi asam urat

Selain manfaat dan khasiat tersebut, British Propolis mengklaim belum ada efek samping penggunaan obat herbal ini. 

2. Manfaat sabun propolis

Selain dalam bentuk cairan yakni produk British Propolis, ada juga produk sabun propolis. Tak hanya di Indonesia, di luar negeri ada pula beberapa sabun yang dibuat dengan kandungan propolis.

Berikut beberapa khasiat sabun propolis:

  • Membantu menghilangkan kotoran di kulit
  • Menjaganya tetap terhidrasi dan kencang
  • Merawat dan mencegah jerawat
  • Propolis memiliki khasiat penyembuhan luka yang terkenal dan membantu pergantian sel kulit, sangat bagus untuk anti penuaan kulit
  • Sifat antiinflamasi dan emolien juga menenangkan kulit yang gatal dan meradang dan dapat digunakan untuk menenangkan eksim dan psoriasis.

Selama menggunakan bahan alami dan digunakan dengan pengawasan ahli, sabun propolis termasuk aman untuk kulit. Jangan lupa konsultasi ke dokter kulit dulu ya, jika sebelumnya kamu punya riwayat alergi pada bahan di dalam sabun propolis.

Manfaat propolis untuk kesehatan

Beberapa penelitian telah menguji manfaat propolis untuk kesehatan. Berikut ini adalah manfaat propolis yang perlu kamu ketahui: 

1. Penyembuhan luka

Propolis memiliki senyawa khusus yang disebut pinocembrin, yakni senyawa bioaktif yang berperan sebagai antijamur. Propolis juga memiliki sifat antiinflamasi dan antimikroba sehingga sangat efektif untuk membantu penyembuhan luka. 

Sebuah penelitian menemukan bahwa propolis dapat membantu orang yang mengalami luka bakar sembuh dengan lebih cepat. Hal ini karena propolis mampu mempercepat regenerasi sel kulit. 

2. Pengobatan setelah operasi mulut

Menggunakan propolis sebagai obat kumur setelah operasi mulut dapat mempercepat kesembuhan luka di dalam mulut. Di samping itu, propolis juga akan meredakan pembengkakan dan meredakan rasa sakit pasca operasi. 

3. Gangguan pencernaan

Penelitian menunjukkan propolis dapat membantu mengobati berbagai gangguan pencernaan. Seperti peradangan usus besar, kanker lambung, hingga luka pada dinding lambung. 

Propolis terdiri dari henethyl ester asam caffeic (CAPE), artepillin C, kaempferol, dan galangin, yang telah terbukti efektif menghilangkan parasit penyebab penyakit. Namun, penelitian ini masih terbatas pada hewan dan kultur sel.

4. Nyeri pada herpes mulut dan herpes genital

Salep yang memiliki kandungan propolis 3 persen seperti herstat atau coldsore-FX, dapat membantu mempercepat waktu penyembuhan dua penyakit ini. Salep tersebut juga dapat mengurangi gejala pada herpes mulut dan luka akibat herpes genital.

Para peneliti menemukan krim propolis tidak hanya mengurangi jumlah virus herpes yang ada dalam tubuh seseorang, tetapi juga melindungi tubuh dari serangan cold sore di masa mendatang.

5. Gigi berlubang 

Penelitian dari Biological & Pharmaceutical Bulletin menyebutkan propolis diketahui dapat membantu melawan gigi berlubang. 

Senyawa yang ditemukan dalam propolis membantu menghambat pertumbuhan streptococcus mutans, yakni bakteri oral yang diketahui berkontribusi pada perkembangan gigi berlubang.

Penelitian ini juga menunjukkan bahwa propolis dapat membantu menghentikan streptococcus mutans menempel pada gigi.

6. Manajemen diabetes

Berdasarkan penelitian yang berbasis hewan, propolis telah menunjukkan kemampuannya dalam membantu pengobatan diabetes.

Pada tes yang dilakukan terhadap tikus diabetes, pengobatan dengan propolis terbukti membantu menurunkan kadar gula darah dan mengurangi kolesterol. Namun, belum ada penelitian lebih lanjut pada manusia mengenai efek yang satu ini. 

7. Manfaat propolis untuk kanker 

Propolis telah disarankan untuk mengobati beberapa jenis kanker. Namun untuk mengobati kanker, propolis disarankan untuk digunakan sebagai cara pengobatan tambahan, bukan pengobatan utama. 

Berdasarkan sebuah penelitian  propolis dapat mengobati kanker dengan cara berikut:

  • Menjaga sel kanker agar tidak bertambah banyak.
  • Mengurangi kemungkinan sel akan menjadi kanker.
  • Memblokir jalur yang mencegah sel kanker saling memberi sinyal.

Baca juga: Ladies, Ini Berbagai Manfaat Madu untuk Kesehatan dan Kecantikan Wajah

8. Manfaat propolis untuk wajah

Selain madu, propolis juga jadi salah satu produk yang punya segudang manfaat untuk kecantikan kulit wajah lho.

Propolis disukai karena kemampuan penyembuhan alaminya, serta sifat antioksidan yang dapat membantu menenangkan dan menghaluskan kulit yang rusak.

Oleh karena itu, propolis sering digunakan dalam produk perawatan kulit anti penuaan yang aman untuk orang-orang dengan kulit merah, sensitif,  rusak, meradang dan berjerawat.

Intinya, propolis membantu meningkatkan siklus regenerasi alami kulit untuk meninggalkan penampilan yang lebih halus dan kenyal. Berikut adalah beberapa manfaat propolis untuk wajah dan kesehatan kulit kamu:

  • Meredakan kemerahan, peradangan dan luka bakar atau sunburn
  • Meremajakan kulit sehingga tampak lebih halus dan lebih muda
  • Berperan sebagai mikroba pencegah jerawat dan bakteri

9. Manfaat propolis mata

Melansir Optometry Times, sebuah penelitian yang dilakukan pada hewan menunjukkan hasil bahwa propolis mungkin dapat membawa manfaat untuk kesehatan mata.

Dr. Michael Cooper meneliti bagaimana propolis, zat resin seperti lilin alami yang ditemukan di sarang lebah, dapat membantu mengobati penyakit mata.

Satu studi berhipotesis bahwa sifat antiproliferatif propolis dari asam caffeic phenethyl ester (CAPE) dan flavonoid mungkin menghambat jalur siklooksigenase dan lipooksigenase yang mengarah ke neovaskularisasi kornea.

Dalam studi ini peneliti membandingkan ekstrak air propolis (WEP) 1 persen dengan deksametason 0,1% dan garam untuk menentukan apakah itu efektif dalam mengendalikan neovaskularisasi kornea (CNV) pada kelinci. 

Peneliti menyimpulkan bahwa aktivitas anti-inflamasi propolis mungkin terkait dengan efeknya pada berbagai mediator inflamasi seperti prostaglandin, leukotrien, dan histamin. Namun, perlu dilakukan penelitian lebih lanjut pada manusia untuk memastikan manfaat propolis untuk mata.

10. Propolis untuk asam lambung

Asam lambung atau gastroesophageal reflux disease (GERD) adalah infeksi mukosa yang disebabkan oleh isi refluks lambung yang abnormal ke kerongkongan bahkan paru-paru. 

Melansir sebuah studi yang dipublikasikan melalui NCBI, propolis memang punya beberapa manfaat untuk kesehatan pencernaan termasuk lambung.

Dalam studi ini tidak disebut apakah propolis bisa menyembuhkan asam lambung. Namun, sebuah studi eksperimental menunjukkan bahwa propolis memiliki antihistaminergik, anti inflamasi, anti asam, dan anti-H. pylori yang dapat digunakan untuk mengobati tukak lambung.

Dosis penggunaan

Propolis tersedia dalam berbagai bentuk, termasuk tablet, kapsul, bubuk, ekstrak, dan permen. Propolis juga bisa ditemukan dalam salep, krim, lotion, dan produk perawatan pribadi lainnya.

Untuk dosis penggunaan, hingga saat ini belum ada penelitian yang cukup untuk menentukan berapa banyak propolis yang harus digunakan untuk mendukung kondisi kesehatan.

Peringatan penggunaan

Jangan gunakan propolis jika kamu menderita asma atau alergi terhadap madu. Propolis juga dapat memperlambat pembekuan darah dan meningkatkan risiko perdarahan pada orang dengan gangguan pendarahan atau selama operasi.

Jaga kesehatan kamu dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference
    Berita Terkait
    register-docotr