Diet dan Nutrisi

Cegah Penuaan Dini hingga Turunkan Risiko Penyakit Jantung, Ini Segudang Manfaat Sehat Minyak Kelapa!

June 26, 2020 | Dhiamara Arradea | dr. Debby Deriyanthi
no-image

Minyak kelapa biasa digunakan untuk merawat kesehatan kulit bagi sebagian orang. Namun, tahukah kamu apa sih sebenarnya minyak kelapa? Dan apa saja ya manfaat dari minyak kelapa?

Dilansir dari medicalnewstoday, pada Juli 2016 hasil survey di Amerika Serikat menunjukkan bahwa 72 persen orang percaya bahwa minyak kelapa itu menyehatkan, tetapi hanya 37 persen ahli gizi yang setuju.

Baca Juga: Gejala Sinusitis yang Harus Kamu Waspadai Sebelum Makin Parah!

Minyak kelapa tidak mengandung kolesterol

Minyak kelapa merupakan minyak yang berasal dari kacang (buah kelapa). Dilansir dari hsph.harvard.edu, minyak kelapa terdiri dari 100 persen lemak dan 80-90 persen diantaranya lemak jenuh.

Minyak kelapa tidak mengandung kolesterol, tidak ada serat, dan hanya jejak vitamin, mineral, dan setrol tumbuhan. Sterol tumbuhan memiliki struktur kimia yang meniru kolesterol darah, dan dapat membantu menghambat penyerapan kolesterol dalam tubuh.

Tidak adanya kandungan kolesterol, serat, serta adanya jejak vitamin, mineral dan setrol tumbuhan inilah yang menjadikan minyak kelapa kaya akan manfaat.

Manfaat minyak kelapa untuk kesehatan

Dilansir dari well-beingsecrets.com, minyak kelapa memiliki banyak manfaat untuk tubuh kamu, baik di dalam maupun bagian luar tubuh.

Nah, berikut manfaat yang diberikan minyak kelapa untuk kesehatan tubuh kamu:

Melembapkan kulit

Seperti yang banyak orang ketahui, minyak kelapa sangat berguna sebagai pelembap topikal karena memiliki kemampuan untuk menghidrasi.

Selain melawan kekeringan yang terjadi pada kulit, minyak kelapa juga dapat digunakan dalam mengobati infeksi pada kulit.

Mengobati kerusakan otak

Minyak kelapa memiliki sejumlah besar kandungan asam lemak rantai menengah (MCFA), mudah diserap oleh hati dan dimetabolisme, kemudian dikonversi menjadi keton.

Keton digunakan oleh otak sebagai sumber energi dan terbukti memiliki efek terapi untuk seseorang yang menderita penyakit hilang memori atau ingatan.

Membantu memerangi infeksi

Asam lemak yang memiliki 50 persen kandungan lemak kelapa disebut asam laurat dapat menghilangkan sejumlah bakteri.

Minyak kelapa dan asam laurat yang kuat dapat membantu menghancurkan bakteri yang menyebabkan tukak lambung, gigi berlubang, dan keracunan makanan.

Menurunkan risiko penyakit jantung

Kadar kolesterol yang tinggi menjadi salah satu faktor penyebab bagi seseorang dalam mengalami penyakit jantung koroner.

Tidak adanya kandungan kolesterol dalam minyak kelapa inilah yang dipercaya mampu mencegah atau menurunkan risiko penyakit jantung koroner.

Meningkatkan metabolisme tubuh

Selain itu minyak kelapa juga dapat mempercepat metabolisme kamu dalam membakar lebih banyak lemak dan kalori.

Melindungi rambut dari kerusakan

Tidak hanya memberikan manfaat untuk dalam tubuh, minyak kelapa juga dapat memberikan manfaat untuk bagian luar tubuh. Seperti melindungi kerusakan pada rambut.

Mencegah penyakit gusi dan kerusakan gigi

Minyak kelapa sangat efektif dalam menjaga kesehatan mulut. Manfaat minyak kelapa mampu mencegah kerusakan gigi, perdarahan pada gusi dan secara umum dapat memperkuat gigi, gusi serta rahang.

Melindungi ginjal dan hati

Kerusakan parah yang terjadi pada ginjal memiliki kemungkinan yang tinggi untuk menyebabkan kegagalan organ dan dalam beberapa kasus menyebabkan kematian.

Minyak kelapa juga telah terbukti sebagai pengobatan dan pencegahan yang sangat efektif untuk kedua organ vital ini.

Mengobati batu ginjal dan kandung kemih

Minyak kelapa dapat membantu pencegahan dalam pembentukan batu empedu apabila mengonsumsinya setiap hari.

Pencegahan dan perawatan kanker

Adanya keton yang terkandung dalam minyak kelapa membantu mencegah dan mengobati pertumbuhan kanker. Sel-sel tumor membutuhkan glukosa untuk berkembang biak dan hidup, dan tidak dapat mengakses energi dalam keton.

Fungsi keton di sini bertindak sebagai penghalang terhadap pertumbuhan tumor.

Baca Juga: Si Kecil Manis, Ini 7 Manfaat Anggur untuk Kesehatan Tubuh

Meningkatkan fungsi pencernaan

Pencernaan yang lebih baik berarti penyerapan mineral, nutrisi, dan vitamin yang lebih baik.

Dengan membantu tubuh menyerap vitamin yang larut dalam lemak seperti magnesium dan kalsium, minyak kelapa berkontribusi pada peningkatan kemampuan tubuh dalam mengambil nutrisi baik.

Kurangi gejala penyakit kandung empedu dan pankreatitis

Minyak kelapa tidak hanya dapat membantu melarutkan batu kandung empedu. Tetapi juga dapat meringankan beberapa gejala yang tidak nyaman dari penyakit kandung empedu dan pankreatitis karena betapa mudahnya dicerna.

Mencegah osteoporosis

Minyak kelapa sangat bermanfaat untuk membantu menyerap nutrisi dalam tubuh. Minyak kelapa memungkinkan lebih banyak kalsium untuk diambil oleh tubuh, yang membantu mengurangi efek osteoporosis pada tulang.

Anti-penuaan dini

Asam lemak khusus dalam minyak kelapa secara alami menyeimbangkan kadar asam lemak tak jenuh di kulit. Pada akhirnya membuat kulit dapat memperbaiki dirinya dalam mencegah keriput dan kerusakan akibat sinar matahari.

Minyak kelapa juga merangsang produksi dan penggantian kolagen.

Mendukung fungsi tiroid

Tujuan umum tiroid adalah untuk mengatur fungsi tubuh termasuk pernapasan, detak jantung, dan, yang paling penting, produksi berbagai hormon.

Dua hormon spesifik yang diproduksi oleh kelenjar tiroid memainkan peran penting dalam mengatur kecepatan metabolisme kamu.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. Hsph.harvard.edu. diakses 22 Juni 2020. The Nutrition Coconut Oil
  2. Webmd.com (2018) diakses 22 Juni 2020. Coconut Oil
  3. Well-beingsecrets.com (2019) diakses 22 Juni 2020. 28 Evidence Based Health Benefits of Coconut Oil
  4. Medicalnewstoday.com (2019) diakses 22 Juni 2020. what needs to be known about coconut oil/ Coconut Oil
    Berita Terkait
    register-docotr