Diet dan Nutrisi

Murah Meriah Bergizi! Ini 6 Manfaat Makan Ikan Lele bagi Kesehatan

January 7, 2021 | Muhammad Hanif S. | dr. Pitoyo Marbun
no-image

Lele merupakan salah satu ikan yang sering dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Bahkan, belakangan ini budidaya lele semakin menjamur di beberapa daerah. Ini karena semakin banyak orang yang sadar tentang manfaat makan ikan lele untuk kesehatan.

Nah, untuk mengetahui lebih lanjut tentang apa saja manfaat ikan lele bagi kesehatan, simak ulasan lengkapnya berikut ini, yuk!

Baca juga: Enak dan Bergizi, Mana yang Lebih Sehat, Salmon atau Tuna?

Ragam manfaat makan ikan lele

Ada banyak manfaat dari makan ikan lele yang bisa kamu dapatkan, seperti mendukung program menurunkan berat badan, hingga membantu menjaga kesehatan jantung.

Berikut beberapa dampak positif untuk kesehatan yang bisa didapat dari makan ikan lele:

1. Sumber protein

Lele adalah salah satu makanan yang kaya protein. Mengutip dari Healthline, ikan lele seberat 3,5 ons mengandung protein sekitar 32-39 persen dari total kebutuhan harian. Jumlah tersebut bahkan lebih tinggi dari protein yang ada pada salmon.

Protein merupakan sumber energi utama yang dibutuhkan setiap manusia. Nutrisi tersebut bertanggung jawab untuk memperbaiki jaringan dan otot, serta berfungsi sebagai bahan penyusun banyak hormon, enzim, dan mokelul lainnya.

2. Bantu turunkan berat badan

Salah satu manfaat makan ikan lele yang jarang diketahui adalah bisa membantu menurunkan berat badan. Satu porsi ikan lele seberat 100 gram hanya mengandung 105 kalori.

Jumlah tersebut lebih rendah jika dibandingkan kalori pada salmon yang mencapai 208 kkal dengan takaran yang sama.

Seperti diketahui, kalori sangat berpengaruh pada berat badan seseorang. Proses pembakaran yang tidak optimal bisa menyebabkan penumpukan, yang pada akhirnya memicu kenaikan berat badan bahkan obesitas.

Protein yang terdapat pada ikan lele juga bisa memperlambat proses pencernaan. Ini sangat baik untuk kamu yang sedang diet, karena dapat memberi rasa kenyang lebih lama.

3. Baik untuk kesehatan jantung

Manfaat makan ikan lele berikutnya adalah bisa membantu menjaga kesehatan jantung. Ini tak lepas dari kandungan omega-3 yang dimilikinya. Ikan lele seberat 3,5 ons mengandung sekitar 237 mg omega-3.

Sebuah studi yang terbit pada American Heart Association Journal mengungkapkan, asam lemak omega-3 dapat menurunkan kadar trigliserida dan meningkatkan lipoprotein densitas tinggi (kolesterol baik) di dalam darah.

Seperti diketahui, kolesterol dan lemak darah yang tinggi bisa memicu pembentukan plak. Plak tersebut bisa menutup sebagian rongga pembuluh darah dan mengganggu sirkulasi di dalamnya. Akibatnya, jantung dipacu bekerja lebih keras untuk memompa darah.

4. Menjaga kesehatan mental

Selain baik untuk jantung, kandungan omega-3 pada lele juga dapat membantu menjaga kesehatan mental, lho.

Menurut sebuah riset yang terbit pada Global Health Journal, kekurangan omega-3 dikaitkan dengan risiko gangguan kejiwaan, seperti depresi, bipolar, skizofrenia, dan demensia.

Pada anak-anak, kondisinya bisa lebih parah. Anak dengan defisiensi omega-3 rentan mengalami autisme dan hiperaktivitas. Itulah alasan mengapa pemenuhan omega-3 sangat penting bagi anak-anak.

5. Mencegah dan mengatasi anemia

Manfaat makan ikan lele selanjutnya adalah mampu membantu mencegah dan mengatasi anemia, yaitu kondisi ketika tubuh kekurangan sel darah merah. Khasiat ini tak lepas dari kandungan vitamin B12 yang dimilikinya.

Mengutip dari Healthline, 3,5 ons ikan lele memiliki kandungan vitamin B12 yang setara dengan 121 persen dari total kebutuhan harian. Vitamin tersebut bisa memacu sumsum tulang untuk lebih banyak memproduksi sel darah merah.

Sel darah merah atau eritrosit sendiri adalah komponen darah yang mempunyai tugas penting membawa oksigen ke seluruh tubuh. Jika kadarnya berkurang, maka ini akan sangat berbahaya. Tanpa oksigen yang cukup, sel, jaringan, dan organ tidak bisa menjalankan fungsi terbaiknya.

6. Rendah merkuri

Lele adalah ikan yang masuk dalam golongan rendah merkuri. Sebab, lele hidup di air tawar, bukan di lautan lepas. Bahkan, di Indonesia sendiri, lele adalah salah satu ikan yang banyak dibudidayakan.

Menurut US Environmental Protection Agency (EPA), merkuri adalah senyawa kimia yang secara alami ditemukan pada batuan di kerak bumi. Paparan pada tubuh manusia dapat membahayakan otak, jantung, ginjal, paru-paru, dan sistem kekebalan.

Food and Drug Administration (FDA) bahkan memasukkan lele salah satu best choice atau pilihan ikan terbaik untuk dikonsumsi.

Nah, itulah berbagai manfaat makan ikan lele yang perlu kamu tahu. Untuk mendapatkan manfaat terbaiknya, imbangi juga dengan olahraga seimbang dan terapkan pola hidup sehat, ya!

Konsultasikan masalah kesehatan kamu dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

  1. Healthline, diakses 22 Desember 2020, Is Catfish Healthy? Nutrients, Benefits, and More.
  2. Science Direct, diakses 22 Desember 2020, Omega-3 fatty acids and mental health.
  3. Food and Drug Admitistration (FDA), diakses 22 Desember 2020, Advice about Eating Fish.
  4. US Environmental Protection Agency (EPA), diakses 22 Desember 2020, Basic Information about Mercury.
  5. American Heart Association Journal, diakses 22 Desember 2020, Omega-3 Fatty Acids and Heart Health.
  6. Health Benefits Times, diakses 22 Desember 2020, Health Benefits and facts of Catfish.

    Berita Terkait
    register-docotr