Diet dan Nutrisi

Cegah Kanker hingga DBD, Jangan Lewatkan Sederet Manfaat Jambu Biji

September 15, 2020 | Arianti Khairina | dr. Debby Deriyanthi
no-image

Buah jambu biji tentu sudah tidak asing di kalangan masyarakat Indonesia. Selain mudah diolah dan enak dikonsumsi, ada banyak manfaat jambu biji untuk kesehatan, lho.

Buah ini sendiri sangat mudah didapatkan karena Indonesia memiliki letak dan iklim yang cukup strategis untuk ditumbuhi oleh buah jambu biji. Walaupun sangat mudah tumbuh di Indonesia, perlu kamu ketahui bahwa tanaman buah ini ternyata berasal dari daerah Amerika Tengah.

Tak hanya dimakan mentah, buah ini juga bisa diolah menjadi berbagai sajian seperti minuman maupun makanan. Mulai dari minuman jus, smoothies, hingga salad buah.

Baca Juga: Wajib Tahu, Ini Posisi Tidur Ibu Hamil yang Baik dan Benar

Kandungan jambu biji

Banyak kandungan nutrisi dan vitamin yang bisa kamu temukan dalam jambu biji yang berguna bagi kesehatan. Dilansir Medicalnewstoday, inilah kandungan dalam 100 gram jambu biji:

  • Kalori 68
  • Karbohidrat 14,32 gram
  • Gula 8,92 gram
  • Lemak 0,95 gram
  • Serat makanan 5,4 gram 
  • Potasium 417 mg

Untuk vitamin, dalam 100 gram buah jambu biji terdapat 228,3 mg vitamin C dan 624 international units vitamin A. Kandungan vitamin C dalam jambu biji ini menjadikan buah ini sebagai sumber antioksidan yang baik.

Melihat kandungan nutrisinya yang kaya, tentu semakin terbayang manfaat dari jambu biji ini.

Baca juga: Turunkan Kolestrol hingga Berat Badan, Ini Manfaat Daun Jambu Biji

Manfaat jambu biji untuk kesehatan

Sering diolah buat beberapa makanan maupun minuman, berikut ini manfaat jambu biji dilansir dari healthline.com:

1. Manfaat jambu biji menurunkan gula darah

Beberapa bukti menunjukkan bahwa jambu biji dapat mengontrol kadar gula darah. Sebuah riset pada 19 orang mencatat bahwa minum teh daun jambu biji menurunkan kadar gula darah setelah makan.

Efeknya bertahan hingga dua jam. Studi lainnya menemukan bahwa minum teh tersebut dapat mengurangi kadar gula darah setelah makan lebih dari 10 persen.

2. Manfaat jambu biji untuk kesehatan jantung

Jambu biji juga dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung dalam beberapa cara. Buah ini sangat kaya akan antioksidan dan vitamin, tentu saja hal tersebut dapat membantu melindungi jantung dari kerusakan oleh radikal bebas.

Tingginya kadar kalium dan serat larut dalam jambu biji juga dianggap berkontribusi untuk menjaga kesehatan jantung.

3. Mencegah kanker

Selanjutnya manfaat lain dari jambu biji yaitu mampu mencegah kanker. Kandungan antioksidan jenis flavonoid dan fitonutrien sangat efektif untuk mencenga kamu terserang penyakit kanker.

Tentu tak hanya itu saja, jambu biji juga tinggi akan kandungan vitamin C-nya yang sangat bermanfaat untuk menetralkan senyawa radikal bebas. Jika senyawa tersebut menumpuk di dalam tubuh akan menjadi salah satu penyebab kanker.

4. Melancarkan pencernaan

Jambu biji adalah sumber serat makanan yang sangat baik. Ketika kamu mengonsumsi lebih banyak jambu biji, hal itu dapat membantu pergerakan usus yang sehat dan mencegah sembelit. Jambu biji dapat memberikan 12 persen dari asupan serat harian yang direkomendasikan.

Selain itu, ekstrak daun jambu biji dapat bermanfaat bagi kesehatan pencernaan. Studi menunjukkan bahwa jambu biji dapat mengurangi intensitas dan durasi diare.

Dilansir dari healthline.com, beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa ekstrak daun jambu biji bersifat antimikroba. Hal tersebut berarti dapat menetralkan mikroba berbahaya di usus yang dapat menyebabkan diare.

Baca Juga: Ketahui Lebih Awal, Ini Penyebab Keputihan Saat Hamil dan Cara Mengatasinya

5. Mengobati demam berdarah

Sudah menjadi rahasia umum bahwa jambu biji sangat ampuh untuk mencegah dan mengatasi penyakit demam berdarah.

Hal ini dikarenakan ekstrak daun jambu biji mempunyai kandungan yang mampu menghambat pertumbuhan virus dengue yaitu yang menjadi penyebab penyakit mematikan ini.

Tak hanya itu saja, daun jambu biji mampu meningkatkan kadar trombosit dalam tubuh serta dapat menurunkan risiko terjadinya perdarahan di berbagai organ vital pada penderita DBD.

Maka sangat disarankan bagi kamu yang mengalami penyakit ini agar banyak mengonsumsi jus jambu biji atau bisa juga ekstrak daun jambu biji sebagai obat alternatif lainnya.

6. Manfaat jus jambu untuk kesehatan

Salah satu penyajian jambu biji yang paling sering ditemukan adalah dengan menjadikan buah ini sebagai jus. Ternyata sekalipun teksturnya diubah, manfaat yang dihasilkan jus jambu tidak berkurang, lho.

Sebuah penelitian yang diterbitkan Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya menemukan adanya pengaruh terapi jus jambu terhadap penurunan kadar LDL pada penderita dislipidemia. Manfaat jus jambu ini memberi peluang terapi alternatif penurunan LDL.

Selain itu, penelitian yang diterbitkan dalam Jurnal Gizi Pangan IPB mencatat adanya manfaat jus jambu terhadap kesehatan jantung. Para peneliti menggunakan sampel 40 petugas pintu tol di Semarang yang diberikan 250 ml jus jambu biji selama 21 hari.

Hasilnya, ada pengaruh jus jambu biji terhadap Atherogenic Index of Plasma (AIP) yang merupakan satu skor yang dapat dijadikan indikator untuk menduga risiko seseorang terkena penyakit jantung koroner.

7. Manfaat daun jambu biji untuk wajah

Tidak hanya pada buah, kamu pun bisa menemukan manfaat pada daun jambu biji. Salah satunya adalah dengan menjadikannya masker untuk wajah.

Penelitian yang diterbitkan dalam Jurnal Dunia Farmasi mencatat adanya manfaat daun jambu biji yang diformulasikan sebagai krim untuk wajah. Krim daun jambu biji ini memenuhi syarat uji organoleptis, homogenitas, uji pH kulit dan tidak menimbulkan iritasi pada relawan percobaan.

Sebuah skripsi yang disusun oleh Sarita Dewi Susanti mencatat manfaat masker daun jambu biji untuk kecerahan kulit wajah. Temuan tersebut dibuktikan secara uji klinis dan uji inderawi terhadap 12 mahasiswa Universitas Negeri Semarang.

8. Manfaat jambu biji untuk ibu hamil

Ada berbagai manfaat kesehatan jambu biji untuk ibu hamil. Ahli gizi di parenting.firstcry.com mencatat konsumsi jambu biji di pagi hari dapat menjadi obat morning sickness untuk ibu hamil.

Karena kandungan serat dan airnya, jambu biji disarankan untuk bisa menjadi bagian dari diet harian ibu hamil. Konsumsi jambu biji selama masa kehamilan juga bisa membantu menjaga tekanan darah dan mencegah gestational diabetes pada ibu hamil.

Beberapa manfaat lain jambu biji untuk ibu hamil adalah:

  • Menjaga level kolesterol
  • Menurunkan risiko anemia
  • Mengendurkan otot dan saraf
  • Mencegah infeksi
  • Menjaga kesehatan pencernaan
  • Membantu pertumbuhan bayi yang sehat
  • Mencegah konstipasi

Selain manfaat yang sudah dijabarkan di atas, memakan jambu biji juga bisa meningkatkan sistem imun, meningkatkan level energi, dan menurunkan hormon stres dari dalam tubuh. Kandungan antioksidannya yang kaya membuat konsumsi jambu biji baik untuk kulit ibu hamil.

Itu dia daftar panjang manfaat jambu biji mulai dari daun, buah hingga ketika sudah dijadikan jus. Karena itu, jangan ragu untuk mengonsumsi buah yang kaya antioksidan ini, ya!

Punya pertanyaan lebih lanjut seputar kesehatan? Silakan chat langsung dengan dokter kami untuk konsultasi. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. healthline.com (2018) diakses 9 Juni 2020. 8 Health Benefits of Guava Fruit and Leaves 
  2. medicalnewstoday.com (2019) diakses 9 Juni 2020. What are the health benefits of guava? 
  3. food.ndtv.com (2018) diakses 9 Juni 2020. 15 Amazing Guava Benefits: Heart Healthy, Weight Loss Friendly and More 
  4. stylecraze.com (2020) diakses 9 Juni 2020. 15 Important Benefits Of Guava Fruit + Guava Nutrition Facts 
  5. Medicalnewstoday.com (2019) diakses 15 September 2020. What are the health benefits of guava?
  6. Parenting.firstcry.com (2019) diakses 15 September 2020. Eating Guavas During Pregnancy – Is It Safe?
  7. Media.neliti.com (2013) diakses 15 September 2020. EFEK JUS BUAH JAMBU BIJI (Psidium guajava L.) PADA PENDERITA DISLIPIDEMIA
  8. Ejournal.helvetia.ac.id (2017) diakses 15 September 2020. FORMULASI SEDIAAN MASKER KRIM EKSTRAK DAUN JAMBU BIJI (PSIDIUM GAUJAVA. L)
  9. Lib.unnes.ac.id (2016) diakses 15 September 2020. PERBEDAAN HASIL PEMAKAIAN MASKER JAMBU BIJI MERAH UNTUK KECERAHAN KULIT WAJAH
  10. Journal.ipb.ac.id (2017) diakses 15 September 2020. JUS BUAH JAMBU BIJI MERAH (Psidium guajava L.) DAPAT MENURUNKAN SKOR ATHEROGENIC INDEX OF PLASMA
    Berita Terkait
    register-docotr