Diet dan Nutrisi

Manfaat Cengkeh untuk Kesehatan: Jaga Kondisi Mulut hingga Organ Hati

November 21, 2020 | Nanda Hadiyanti | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Cengkeh dapat digunakan untuk berbagai macam keperluan, termasuk dicampurkan ke dalam makanan sebagai penambah rasa atau sebagai obat herbal. Di balik itu, ada beragam manfaat cengkeh yang dipercaya baik untuk tubuh.

Ya, manfaat cengkeh sudah dipercaya sejak turun-temurun. Faktanya cengkeh memang mengandung beberapa nutrisi seperti serat, protein, karbohidrat serta kandungan lainnya.

Dari kandungan itulah cengkeh dipercaya memiliki berbagai manfaat seperti pada ulasan berikut ini.

Mengenal bunga dan daun cengkeh

Cengkeh atau syzygium aromaticum merupakan tanaman yang tumbuh di beberapa bagian Asia dan Amerika Selatan. Orang menggunakan minyak, kuncup bunga kering, daun, dan batang cengkeh untuk membuat obat.

Cengkeh kering yang kerap kita temui berasal dari bunga pohon cengkeh yang masih kuncup dan umumnya berwarna hijau dan merah muda. Selain bagian bunganya, daun pohon cengkeh juga kerap digunakan untuk berbagai ramuan herbal alami.

Daun cengkeh biasanya diekstrak menjadi essential oil atau minyak cengkeh. Produk cengkeh paling sering dioleskan langsung ke gusi untuk sakit gigi, mengatasi rasa sakit selama perawatan gigi, dan masalah terkait gigi lainnya.

Dalam makanan dan minuman, cengkeh digunakan sebagai penyedap rasa. Dalam produk sehari-hari, cengkeh sering digunakan dalam pasta gigi, sabun, kosmetik, parfum, dan rokok.

Minyak cengkeh

Minyak cengkeh adalah minyak esensial yang berasal dari pohon cengkeh dan terkenal karena kualitas terapeutiknya. Sebab, minyak cengkeh mengandung bahan kimia yang disebut eugenol yang dapat membantu mengurangi rasa sakit dan melawan infeksi.

Minyak cengkeh diproduksi dengan mengekstrak kuncup bunga kering yang dikumpulkan dari pohon cengkeh. Selain bunga, bagian lain dari pohon, seperti batang dan daun, juga dapat digunakan untuk membuat minyak cengkeh.

Ekstrak minyak cengkeh dapat berwarna kuning muda hingga transparan. Aromanya khas dan punya cita rasa kuat serta pedas. Berikut beberapa manfaat minyak cengkeh:

  • Sebagai antimikroba, untuk membantu membunuh bakteri
  • Sebagai pereda nyeri untuk kondisi seperti sakit gigi dan nyeri otot
  • Untuk gangguan pencernaan
  • Meredakan kondisi pernapasan seperti batuk dan asma

Manfaat dan khasiat cengkeh untuk kesehatan

Beberapa manfaat cengkeh ada yang dipercaya dari sisi pengobatan tradisional, ada pula yang sudah didukung dengan penelitian ilmiah. Secara umum, berikut manfaat yang perlu kamu ketahui:

1. Menjaga kesehatan mulut

Cengkeh bisa diolah menjadi minyak dan minyaknya diketahui bermanfaat untuk kesehatan mulut. Beberapa manfaatnya untuk kesehatan mulut seperti mencegah plak, mengatasi radang gusi dan juga melawan bakteri dalam mulut.

Para peneliti menemukan bahwa kumur dengan obat kumur yang mengandung cengkeh dapat menurunkan jumlah bakteri berbahaya lebih efektif, jika dibandingkan dengan obat kumur berbahan lain.

2. Khasiat cengkeh untuk diabetes

Sejauh ini penelitian masih dilakukan pada tikus. Namun, ditemukan bahwa ekstrak cengkeh dengan campuran beberapa bahan lainnya dapat bereaksi positif pada resistensi insulin dalam otot tikus.

Penelitian lainnya juga mengungkapkan bahwa kadar gula tikus yang mengonsumsi bubuk cengkeh lebih rendah dibandingkan dengan tikus yang tidak mengonsumsi bubuk cengkeh.

3. Mengandung antioksidan alami

Berbagai bahan makanan alami yang mengandung antioksidan diklaim mampu mencegah kanker, termasuk cengkeh. Antioksidan yang terkandung dalam setengah sendok teh cengkeh, disebut lebih banyak dari setengah gelas buah blueberry.

Sebuah penelitian laboratorium mengungkapkan ekstrak cengkeh dapat memperlambat pertumbuhan sel kanker pada manusia. Penelitian lain juga memperlihatkan efek minyak cengkeh pada kanker payudara.

Minyak cengkeh atau ekstrak etanol memberikan efek beracun untuk sel kanker payudara pada manusia. Maka dari itu cengkeh, dianggap berpotensi untuk dikembangkan menjadi salah satu obat yang dapat mencegah kanker melalui studi lebih lanjut.

4. Mengatasi obesitas

Penelitian sudah dilakukan pada tikus, di mana ditemukan bahwa tikus yang mengonsumsi ekstrak cengkeh memiliki berat badan lebih rendah dan memiliki lebih sedikit lemak di perut dan di hati.

4. Manfaat cengkeh dalam menangkal bakteri

Cengkeh terbukti secara ilmiah memiliki sifat antimikroba. Artinya mengonsumsi cengkeh dapat menghentikan pertumbuhan mikroorganisme yang merugikan bagi tubuh.

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa minyak esensial cengkeh dapat membunuh beberapa jenis bakteri, termasuk Escherichia coli (E. Coli). Bakteri ini diketahui dapat menyebabkan keracunan makanan.

5. Khasiat cengkeh untuk kesehatan organ hati

Senyawa eugenol yang terdapat pada cengkeh bermanfaat bagi kesehatan hati. Namun, sayangnya masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui efektivitasnya pada manusia. Sementara ini penelitian baru dilakukan pada tikus.

Dengan hasil, tikus dengan penyakit hati yang diberi makanan mengandung cengkeh terlihat mengalami peningkatan fungsi hati. Selain itu juga, dari penelitian yang sama terbukti jika terjadi pengurangan peradangan dan mengurangi stres oksidatif.

6. Khasiat cengkeh untuk kesehatan tulang

Berat tulang yang tak ideal dapat menyebabkan osteoporosis, yang dapat meningkatkan risiko retak atau patah tulang. Beberapa kandungan dalam cengkeh terbukti mampu membantu menjaga massa tulang.

Namun, penelitian ini baru dilakukan pada hewan. Di mana ekstrak cengkeh yang mengandung eugenol terbukti dapat meningkatkan kepadatan dan kekuatan tulang.

Selain itu, cengkeh juga mengandung mangan. Mangan merupakan mineral yang berperan dalam kesehatan tulang. Penelitian pada hewan membuktikan mengonsumsi suplemen mangan selama 12 minggu meningkatkan kepadatan mineral tulang.

7. Mengurangi risiko masalah perut

Salah satu manfaat cengkeh untuk kesehatan adalah dapat mengurangi masalah perut. Lebih spesifiknya untuk mengatasi tukak lambung. Tukak lambung adalah terkikisnya lapisan lambung yang menyebabkan luka.

Biasanya tukak lambung terjadi karena stres, infeksi dan faktor genetik. Cengkeh terbukti mengatasi masalah ini pada hewan. Penelitian membuktikan hewan yang mengonsumsi minyak cengkeh dapat memproduksi lapisan lambung lebih banyak.

Penelitian lain juga menunjukkan jika mengonsumsi ekstrak cengkeh memberikan efek yang sama dengan beberapa obat tukak lambung pada umumnya. Meski begitu, masih dibutuhkan penelitian lanjutan untuk melihat hasilnya pada manusia.

8. Manfaat cengkeh untuk gigi

Cengkeh memang dikenal sebagai salah satu herbal yang punya banyak manfaat untuk mengatasi masalah dan menjaga kesehatan gigi. Minyak cengkeh mungkin paling dikenal sebagai obat sakit gigi.

Dalam studi tahun 2006 terhadap 73 orang dewasa, misalnya, para peneliti menemukan bahwa gel berbahan dasar cengkeh sebanding dengan benzocaine (anestesi lokal) dalam kemampuannya meredakan nyeri akibat suntikan di mulut.

Selain itu, cengkeh juga kerap digunakan di pengobatan ala India bernama Ayurveda. Pengobatan Ayurveda memanfaatkan cengkeh untuk kerusakan gigi, halitosis, serta bau mulut. Dalam pengobatan Tiongkok, cengkeh dianggap memiliki kualitas afrodisiak.

9. Manfaat cengkeh untuk kulit

Pada tahun 2017, peneliti menguji minyak cengkeh untuk melihat apakah, jika dioleskan pada kulit, memiliki efek pada gatal kronis. Studi tersebut menemukan bahwa, dibandingkan dengan minyak bumi, minyak cengkeh dapat mengurangi rasa gatal secara signifikan.

Saat dioleskan ke kulit, minyak cengkeh mungkin memiliki manfaat untuk meredakan gatal dan mempercepat penyembuhan secara efektif. Selain itu, cengkeh juga punya manfaat untuk kamu yang punya kulit berjerawat.

Melansir Very Well Health, sebuah penelitian pada 2017 menemukan bahwa ekstrak cengkeh yang mengandung eugenol menekan aktivitas P. acnes dan mengurangi respons inflamasi terkait pada tikus. 

Hal ini menunjukkan kegunaan dalam penelitian lebih lanjut tentang apakah minyak cengkeh dapat menjadi pengobatan yang efektif untuk jerawat, dengan cara mengurangi respons peradangan yang terkait dengan bakteri P. acnes.

Demikian informasi tentang manfaat sehat cengkeh bagi tubuh. Gunakan tanaman herbal ini sesuai kebutuhan, ya.

Punya pertanyaan lebih lanjut seputar info sehat lainnya? Silakan chat langsung dengan dokter kami untuk konsultasi. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. Healthline diakses 9 Juni 2020 8 Surprising Health Benefits of Cloves 
  2. Medicalnewstoday diakses 9 Juni Cloves: Nutritional facts and health benefits 
  3. Verywell Health. Diakses pada 21 November 2020. The Health Benefits of Cloves
  4. Health Benefits. Diakses pada 21 November 2020. Health benefits of Cloves
  5. Healthline. Diakses pada 21 November 2020. What You Need to Know About Clove Essential Oil
    register-docotr