Diet dan Nutrisi

Enak dan Bergizi, Mana yang Lebih Sehat, Salmon atau Tuna?

November 21, 2020 | Arianti Khairina | dr. Raja Friska Yulanda
no-image

Mengonsumsi makanan laut secara rutin baik untuk kesehatan karena mengandung banyak nutrisin bagi tubuh. Salah satu yang mudah diolah yaitu ikan. 

Contoh ikan laut yang banyak dikonsumsi oleh kebanyakan orang, terutama pada masyarakat Indonesia adalah tuna dan salmon. Namun, banyak orang yang mempertanyakan ikan mana yang lebih sehat untuk dikonsumsi.

Nutrisi ikan tuna dan ikan salmon

Memang disarankan untuk mengonsumsi ikan paling tidak dua kali seminggu, tujuannya untuk menjaga kesehatan jantung. Hal tersebut dapat terjadi karena kandungan lemak omega-3 saat dikonsumsi. 

Namun tahukah kamu, bahwa saat ini kebanyakan orang hanya memilih ikan tuna dan ikan salmon karena dianggap kaya akan nutrisi baik yang dibutuhkan oleh tubuh. 

Ikan tuna

Ikan jenis tuna adalah salah satu ikan besar yang kaya akan daging dengan warna merah muda hingga merah tua.

Warna pada ikan tuna ini berasal dari mioglobin, yaitu protein penyimpan oksigen yang terdapat pada otot. 

Tetapi perlu kamu ketahui bahwa daging tuna kurang berlemak, hal ini disebabkan karena protein yang lebih tinggi dan kandungan lemaknya yang rendah. Jadi, jika kamu mencari makanan yang kaya akan protein dan rendah lemak serta kalori, ikan jenis tuna adalah solusi pilihan yang baik.

Ikan salmon

Jika tuna berwarna merah muda hingga merah tua, ikan salmon memiliki warna daging dari merah muda hingga oranye kemerahan. Warna tersebut menandakan jika dagingnya kaya akan kandungan karotenoid berwarna-warni yang disebut juga astaxanthin.

Kemudian berbeda dengan ikan tuna, salmon lebih tinggi kalori dibandingkan tuna yang terdapat pada lemak dalam dagingnya. 

Walaupun begitu, lemak tersebut mengandung omega-3 yang menyehatkan. Lemak jenis ini tidak diproduksi oleh tubuh karena didapatkan dari makanan.

Kandungan lemak omega-3 ini mampu menurunkan risiko penyakit jantung karena mampu menurunkan trigliserida dan meningkatkan kadar kolesterol baik di dalam tubuh. 

Nutrisi lainnya pada ikan salmon yaitu kaya akan vitamin D yang tidak semua makanan memilikinya. Vitamin D baik untuk penyerapan kalsium dan menjaga kesehatan tulang.

Nutrisi vitamin D tersebut juga sangat baik untuk menjaga fungsi kekebalan tubuh dan kesehatan otak. Seseorang yang tubuhnya rendah akan vitamin jenis ini berisiko lebih tinggi terhadap beberapa jenis kanker, penyakit jantung, dan depresi loh. 

Baca juga: Padat Gizi, Ini 11 Manfaat Minyak Ikan untuk Kesehatan

Manfaat tuna dan salmon bagi tubuh

Selain itu, seperti dikutip dari MensHealth, berikut perbandingan manfaat antara ikan tuna dan ikan salmon adalah sebagai berikut:

Memberikan lebih banyak energi

Kandungan vitamin B6 dan B12 yang terdapat dalam 200 gram ikan salmon bermanfaat untuk membantu melepaskan asupan energi dari setiap makanan yang kamu konsumsi. 

Oleh karena itu, setelah kamu menyantap salmon atau sashimi, kamu akan dapat mendapat banyak sekali energi. 

Sementara itu ikan tuna juga bisa memberikan asupan energi yang didapat dari kalori per gram berat ikan tersebut. Namun, ikan salmon terbukti lebih banyak jumlah kalorinya, yaitu 1,4 kalori.

Manakah yang lebih baik untuk otot? 

Selama ini protein dikenal sebagai asupan yang sangat penting untuk pembentukan otot. Namun nyatanya, protein bukanlah satu-satunya asupan yang dibutuhkan untuk kesehatan otot. 

Perlu kamu ketahui bahwa para pria yang mengonsumsi kolesterol dalam jumlah sedang bisa membentuk otot lebih baik daripada pria yang mengonsumsi makanan rendah kolesterol. Jadi kesimpulannya, asupan protein juga dibutuhkan untuk kesehatan otot.

Salmon mengandung kolesterol lebih tinggi daripada ikan tuna. Namun, ikan tuna memiliki kandungan protein yang lebih banyak dibanding ikan salmon. 

Jadi jika ditanya lebih bagus mana antara salmon dan tuna? Jawabannya adalah keduanya cukup baik untuk perkembangan otot. 

Mana yang lebih efektif untuk pemulihan tubuh?

Ikan salmon memiliki kandungan omega-3 lebih besar daripada ikan tuna. Tentu saja asam lemak ini bermanfaat untuk membantu mengurangi peradangan. Hal itu membuat, mengonsumsi ikan salmon akan lebih efektif dalam membantu pemulihan otot.

Punya pertanyaan lebih lanjut seputar kesehatan? Silakan chat langsung dengan dokter kami untuk konsultasi melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. healthline.com (2020) diakses pada 20 November 2020. Tuna vs. Salmon: Is One Healthier?
  2. menshealth.com (2020) diakses pada 20 November 2020. 4 Really Good Reasons to Eat Fish for Dinner Tonight
  3. menshealth.com (2010) diakses pada 20 November 2020. Tuna vs. salmon
    Berita Terkait
    register-docotr